PENDAMPINGAN USAHA DAN ANALISIS SENSITIFITAS USAHA KECIL MENENGAH (UKM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SENTRA KERUPUK IKAN DESA PANGKAHKULON, GRESIK

Mochamad Arif Zainul Fuad, Feni Iranawati, Hartati Kartikaningsih

Abstrak


Artikel ini membahas pendampingan bisnis dan analisis sensitivitas UKM Kerupuk Ikan Khasanah Jaya terhadap Pandemi Covid-19. Kegiatan yang telah dilakukan adalah sosialisasi kegiatan, pendampingan kepada mitra dalam proses produksi dan pemasaran. Analisis kelayakan usaha menggunakan beberapa pendekatan yaitu Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), Profitabilitas (R), Benefit-Cost Ratio (Net B/C Ratio), NPV (14%), Payback Period (PP). Sedangkan analisis sensitivitas bisnis menggunakan analisis switching value. Ada 5 skenario yang digunakan dalam analisis sensitivitas yaitu kondisi Pra pandemi, kondisi awal pandemi Covid-19 dengan permintaan pasar kerupuk ikan turun 30% dan bahan baku turun 10%. Kondisi saat ini ditandai dengan peningkatan permintaan pasar sebesar 20% sedangkan bahan baku juga meningkat sebesar 10%. Selain itu, proyeksi ke depan dengan menggunakan Skenario Pesimis juga dilakukan; dengan kondisi bahan baku diproyeksikan naik 10% sedangkan permintaan turun 30% dan Skenario Optimis dengan asumsi bahan baku tetap dan permintaan kerupuk ikan turun 10%. Hasil analisis kelayakan dan sensitivitas usaha kerupuk ikan menunjukkan bahwa usaha yang dijalankan oleh mitra sangat layak untuk dijalankan baik pada masa sebelum pandemi maupun hingga saat ini dimana pandemi masih berlangsung. Analisis sensitivitas berdasarkan 5 skenario perubahan biaya produksi dan perubahan volume penjualan menunjukkan bahwa UKM kerupuk ikan Khasanah Jaya selama ini kurang sensitif terhadap pandemi Covid 19 yang dibuktikan dengan nilai indikator kelayakan yang tetap di atas nilai rujukan

Kata Kunci


Kerupuk Ikan; Pandemi Covid-19; Kelayakan usaha; Sensitivitas Usaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, T., & Saputro, D. D. (2018). Pengolahan Kerupuk Kulit Ikan Di Kelurahan Bulu Lor Kota Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 16(1), 113–118.

Aisyah, S., & Fachrizal, M. H. (2020). Analisis Finansial Dan Sensitivitas Usaha Penggilingan Padi. Paradigma Agribisnis, 3(1), 50–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i1.4101

Aliviyanti, D., Semedi, B., Yona, D., Asadi, M. A., Kasitowati, R. D., Dewi, C. S. U., … Isdianto, A. (2021). Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia. Abdi Geomedisains, 59–67.

Erlina, S., Ifada, I., & Supianor, S. (2016). Prospek Usaha Pembuatan Kerupuk Ikan Gabus. Ziraa’ah Majalah Ilmiah Pertanian, 41(2), 237–242. https://doi.org/10.31602/zmip.v41i2.426

Fakhrida, A., Mahreda, E. S., & Mustika, R. (2016). Analisis Usaha Pengolahan Kerupuk Ikan Tenggiri (Scomberomorus commersoni) Skala Rumah Tangga di Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. EnviroScienteae, 12(2), 63. https://doi.org/10.20527/es.v12i2.1682

Fuad, M. A. Z., Iranawati, F., & Kartikaningsih, H. (2020). Laporan Akhir Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) : Pengembangan Desa Sentra Kerupuk Ikan Pangkahkulon Di Kecamatan Ujungpangkah - Gresik. Malang.

Gittinger, J. P. (1982). Economic analysis of agricultural projects. John Hopkins University Press.

Hopkinson, M. (2016). The case for project net present value (NPV) and NPV risk models. PM World Journal, V(VI).

Ikhwan, M., Agusliani, E., & Sofia, L. A. (2019). Diversification Of Processed Fish Product : Financial Feasibility Crackers Processing Of Snakehead ( Channa Striata ). IOSR Journal of Environmental Science, Toxicology and Food Technology (IOSR-JESTFT), 13(2), 25–29. https://doi.org/10.9790/2402-1302022529

Irawan, D., Triana, N., Suwarni, L., & Selviana, S. (2020). Edukasi protokol kesehatan dan strategi pemasaran online melalui program kemitraan masyarakat di era pandemi COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 655–662.

Kaewmanee, T., Karrila, T. T., & Benjakul, S. (2015). Effects of fish species on the characteristics of fish cracker. International Food Research Journal, 22(5).

Mardiah, A. (2019). Analisis perilaku konsumtif masyarakat muslim menjelang Idul Fitri di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 13(2), 93–103.

Nadya, Y., & Yusnawati. (2018). Analisa Kelayakan Usaha Kerupuk Ikan Kota Langsa. Jurnal Teknik Industri, 21(01), 1–10.

Octavia, A., Sriayudha, Y., Widiastuti, F., & Siregar, A. P. (2019). Pendampingan Manajemen Usaha dan Penggunaan Mesin Pengering Kerupuk di UKM Pelayangan Kota Jambi. Jurnal Inovasi, Teknologi Dan Dharma Bagi Masyarakat, 1(1), 1–8.

Primyastanto, M. (2011). Feasibility Study Usaha Perikanan. Universitas BrawijayaPress. Malang. Xvi, 218.

Purnengsih, I., Pratama, D., Amzy, N., & Pramudita, P. (2021). Model Desain Kemasan Untuk Pelaku Usaha Kerupuk Mie Karadenan Bogor di Era New Normal. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 64–73.

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2).

Retnaningsih, C., & Ruenda, O. (2020). Adaptasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bandeng Presto Selama Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Kota Semarang. Seminar Nasional Lahan Suboptimal, (1).

Riyadi, N., & Mujanah, S. (2021). Strategi Pemasaran dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Usaha Kecil Kerupuk di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1).

Rosyad, S., & Priambodo, W. (2020). Pengembangan Sentra Industri UKM Krupuk Terasi Dalam Menghadapi Era New Normal: Studi Ukm Budi Jaya Makmur Di Desa Buden-Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 284–287. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10537

Safi’i, I., Widodo, S. R., & Pangastuti, R. L. (2020). Analisis Risiko pada UKM Tahu Takwa Kediri terhadap Dampak Pandemi COVID-19. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 107–114.

Sofia, L. A. (2011). Analisis Prospek Industri Pengolahan Kerupuk Ikan Patin ”Intan Sari” Di Martapura, Kabupaten Banjar. Fish Scientiae, 1(2), 146–160.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181

Sukanta, T. (2020). Analisis Strategi Bersaing dan Strategi Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Panganan Keripik Kemasan di Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat Tahun 2020 Ditengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi COVID-19. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1), 37–53.

Sukrie, A., & Nadia, L. (2010). Meningkatkan Daya Terima, Preferensi dan Keterpilihan Produk Krupuk Ikan dan Kerupuk Udang Sesuai Segmentasi Pasar. Prosiding Seminar Nasional Pangan Fungsional, 190–198. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryani, E. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap UMKM (studi kasus home industri klepon di Kota Baru Driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1591–1596. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.272

Susanti, A., Istiyanto, B., & Jalari, M. (2020). Strategi UKM pada Masa Pandemi Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/kangmas.v1i2.50

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Susilowati, E., & Kurniati, H. (2018). Analisis Kelayakan dan Sensitivitas: Studi Kasus Industri Kecil Tempe Kopti Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 102. https://doi.org/10.26740/bisma.v10n2.p102-116

Suwarni, L., Sarwono, E., Suryadi, E., & Selviana, S. (2020). Sosialisasi Strategi dan Web Pemasaran Online (PPDM di Desa Rasau Jaya Satu). International Journal of Community Service Learning, 4(4), 274–281. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29246

Wahdah, W., Mahreda, E. S., & Lilimantik, E. (2016). Kajian Kelayakan Usaha Pengolahan Kerupuk Ikan Pipih Di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. EnviroScienteae, 12(2), 113. https://doi.org/10.20527/es.v12i2.1689

Wahida, A. M., Primyastanto, M., & Utami, T. N. (2015). Pengembangan Usaha Kerupuk Ikan Payus (Elops hawaiensis) Pada UD. Sumber Rezeki Kelurahan Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur. ECSOFiM, 3(1), 39–47.

Wahyuni, T., Nurliza, N., & Kurniati, D. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kerupuk Ikan Di Kota Sintang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 6(1), 101. https://doi.org/10.26418/j.sea.v6i1.21592

Winarti, L., Herlina, S., & Permadi, R. (2018). Analisis Kelayakan Dan Model Pengembangan Usaha Kerupuk Ikan Dengan Pendekatan Entreprenuerial Marketing. Jurnal Agribest, 2(2), 92. https://doi.org/10.32528/agribest.v2i2.1622

Yanfika, H., Mutolib, A., Viantimala, B., & Susanti, O. (2021). Pengelolaan Usaha dan Branding Produk Perikanan Bernilai Ekonomis di Kecamatan Pagelaran ,. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 405–415. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202162.766

Yu, S. Y., & Low, S. L. (1992). Utilization of pre‐gelatinized tapioca starch in the manufacture of a snackfood, fish cracker (‘keropok’). International Journal of Food Science & Technology, 27(5), 593–596.

Yuningsih, S., Yanti, W., & Kamila, A. N. (2021). Pendampingan Pemasararan Produk Makanan Kerupuk Ikan Asli “Cempaka” di Desa Jongkong Kiri Tengah, Kapuas Hulu. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Zaman, W., Yusoff, M. M., & Yang, T. A. (2017). Preparation and properties of fish cracker from different freshwater fish species. International Food Research Journal, 24(5).




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.34195

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)