PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI

Intan Nurma Yulita, Yeni Rizka

Abstrak


Adanya pandemi COVID-19 membuat berbagai sektor kehidupan manusia bertransformasi ke bentuk baru. Salah satu sektor yang bertransformasi ialah bidang pendidikan. Para pengajar dan murid mesti beradaptasi terhadap pemakaian teknologi daring untuk menunjang proses belajar mengajar. Guna mengenalkan dan membiasakan penggunaan teknologi, tim PPM UNPAD mengadakan pelatihan yang membahas penggunaan aplikasi-aplikasi daring yang dapat menunjang proses belajar dan mengajar yaitu aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, Skype, Moodle, dan Google Classroom. Pelatihan ini diselenggarakan pada bulan  Januari 2021 melalui platform Zoom Meeting yang dihadiri 8 mitra dan kurang lebih 267 peserta. Setelah pelatihan ini, persentase peningkatan pemahaman peserta terhadap platform Zoom Meeting sebesar 6,64%, Google Meet sebesar 11,14%, Skype sebesar 25%, Moodle 31,08% dan Google Classroom 9,83%. Berdasarkan evaluasi, kegiatan yang diberikan mampu meningkatkan kemampuan para pengajar. Jika kegiatan ini semakin diperbanyak maka kesiapan para pengajar dalam masa pandemi menjadi semakin matang.


Kata Kunci


Pelatihan Guru; Media Pembelajaran Daring; Skype; Moodle

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana, F. (2020). Pelatihan pembelajaran jarak jauh di era pandemi COVID-19. Anoa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosial, Politik, Budaya, Hukum, Ekonomi, 1(3), 220-226.

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-learning pada pendidikan jarak jauh: konsep yang mengubah metode pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(2), 99-113.

Khasanah, D. R., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi COVID-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Muis, A. R. (2020). Transparansi Kebijakan Publik sebagai Strategi Nasional dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I (Salam) 7(5), 439-454.

Pakaya, R., Ramadhani, F., Hanapi, S., Badu, F. D., & Iyou, I. (2021). Penerapan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan Dan Menjaga Jarak) Dalam Upaya Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (COVID-19) di Desa Mohiyolo Kec. Asparaga Kabupaten Gorontalo. Insan Cita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Park, Y., Huh, I. S., Lee, J. L., Ryok Kang, C., Cho, S.-i. C., Ham, H. J., . . . Lee, J. Y. (2020). Application of testing-tracing-treatment strategy in response to the COVID-19 outbreak in Seoul, Korea. . Journal of Korean Medical Science, 35(45).

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20(2), 705-709.

Rosidin, U., Sumarna, U., Eriyani, T., & Noor, R. M. (2021). EDUKASI DARING TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 PADA TOKOH MASYARAKAT DESA HAURPANGGUNG KABUPATEN GARUT. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 137–144. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32528

Sari, I. P., & Sriwidodo, S. (2020). Perkembangan Teknologi Terkini dalam Mempercepat Produksi Vaksin COVID-19. Majalah Farmasetika, 5(5), 204-217.

Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana 52(1), 84-89.

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1-14.

Sonia, G., & Darwis, R. S. (2020). DINAMIKA LEMBAGA PELAYANAN SOSIAL DALAM MEMBERIKAN LAYANAN DI TENGAH PANDEMI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 457–464. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.28348




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.34451

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)