OPTIMALISASI PEMASARAN UMKM MELALUI E-MARKETING MENGGUNAKAN MODEL AIDA PADA MISS MOJITO LAMPUNG

Muhtad Fadly, Suaidah Suaidah, Debby Alita

Abstrak


Miss Mojito merupakan kelompok usaha UMKM, Miss Mojito mempunyai usaha dalam bidang minuman : soda, kopi, teh, susu dan makanan :kentang goreng,mie, dan ayam geprek.Tujuan pengabdian ini adalah agar Miss Mojito terus berkembang pesat menjadi usahaekonomiproduktif menggunakan aplikasie-marketing. Pembuatan aplikasi menggunakan model AIDA.Attention yaitu memberikan perhatian kepada konsumen dengan cara menampilkan produk dengan kemasan terbaru, menarik perhatian dengan memasarkan produk dengan tampilan yang menarik melalui aplikasi. Interest yaitu dengan aplikasipihak Miss Mojito dapat memberikan infomengenai produknya di aplikasi tersebut.Desireyaitu dengan lebih menyakinkan konsumen untuk membeli produk Miss Mojito, mitra menampilkan promosi di aplikasi dengan cara memberikan diskon dan giveaway. Action yaitu agar konsumen melakukan tindakan pembelian produk Miss Mojito, mitra sudah memberikan pelayanan dalam pemesanan produk melalui jasa GoFood, pembayaran bisa langsung ataupun melalui aplikasi. Aplikasi dapat mereport laporan transaksi penjualan, membuat inovasi baru dengan memberikan kemasan terbaru sehingga konsumen tertarik dan adanya peningkatan penjualan. Aplikasi yang sudah diterapkan pada mitra kami Miss Mojito dan dari segi pemasaran produk sudah cukup banyak dilihat oleh pelanggan dan terjadinya transaksi penjualan.

Kata Kunci


E-marketing; Model AIDA; Media online

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budi, H. S., Pujiasmoro, W., Wijaya, H., & Yuliyanti, Y. (2013). Analisis dan Perancangan Sistem E-Marketing pada PT. Nordic Lift Truck. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(1), 76. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i1.2685

Hassan, S., Nadzim, S. Z. A., & Shiratuddin, N. (2015). Strategic Use of Social Media for Small Business Based on the AIDA Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 262–269. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.363

Kusuma, D. A. (2020). Peningkatan Penjualan Dandang Menggunakan Metode Viral Marketing di Desa Cileunyi Kulon. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197.______________ https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.26267

Muzdalifah, L. (2018). E-Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Rumah Penganti Sidoarjo. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(2), 125–131. https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.344

Peter Tannunggal, Yulia, I. G. (2014). Peter Tannunggal, Yulia, bnu Gunawan. Analisis Dan Perancangan E-Marketing Pada Pb.Sami Jaya, 1–6.

Santoso. (2015). E-Marketing Pada Ukm Sepatu Bunut Abang Adik Kisaran. Jurteksi, 2(179), 87–91.

Setiawati, I., Novandalinda, A., & Retno, P. (2017). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran. 13(1), 1–12.

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, (20), 1–5.

Susanti, N. (2018). Perancangan E-Marketing Umkm Kerajinan Tas. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 717–722. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2042

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261._______ https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Syastra, M. T., & Adam, S. (2017). Penggunaan Media Sosial dengan Pendekatan Model AIDA bagi Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 7(2), 114. https://doi.org/10.21456/vol7iss2pp114-119

UU No. 20 Tahun 2008. (2008). UU No. 20 Tahun 2008. UU No. 20 Tahun 2008, (1), 1–31.

Virgioni, D. (2020). Analisis Pengaruh Konsep Aida ( Attention , Efektifitas Periklanan ; Studi Kasus Pada Pt . 7(2), 83–92.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.34934

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)