PENINGKATAN KEMAMPUAN MASYARAKAT DALAM MENDETEKSI INFORMASI HOAKS DI MEDIA SOSIAL DI ERA PENDEMI COVID-19

Rendra Widyatama, Vani Dias Adiprabowo, Fitrinanda An Nur, Zeni Putri Pinasti, Kharisma Alfi

Abstrak


Infodemi adalah kabar bohong terkait pandemi Covid-19. Informasi berbahaya ini menyebar cepat melebihi penyebaran virus Covid-19 dan mengganggu dalam penanganan pandemi. Infodemi Covid-19 menyebar melalui internet dan media sosial ke seluruh pelosok Indonesia termasuk wilayah Pedukuhan Gondanglegi, Yogyakarta melalui internet dan media sosial. Di pedukuhan ini, masyarakat menggunakan infodemi sebagai percakapan dalam media sosial WhatsApp. Pelibatan hoaks tersebut disebabkan karena kemampuan mendeteksi hoaks masyarakat di Pedukuhan Gondanglegi masih rendah. Berdasar masalah pokok tersebut, penulis menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan dan pendampingan masyarakat guna meningkatkan kemampuan masyarakat mendeteksi hoaks. Semua kegiatan berbasis online, mengikuti peraturan pemerintah, menghindari penghentian penyebaran Covid-19. Peserta penyuluhan ini berasal dari masyarakat Pedukuhan Gondanglegi. Sebelum kegiatan dimulai, peserta mengisi pre-test dilanjutkan dengan post-test setelah program selesai. Uji statistik menggunakan paired sample T-test setelah uji normalitas Shapiro Wilk menghasilkan nilai signifikansi 0,00. Angka ini menunjukkan bahwa literasi digital mempengaruhi kemampuan mendeteksi hoaks secara signifikan pada peserta pengabdian pada masyarakat. Aktivis literasi digital dapat menduplikasi metode pelatihan dalam literasi digital ini di daerah lain.

Kata Kunci


Infodemi; Deteksi Hoaks; Media Sosial; Dusun Gondanglegi; COVID-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2019). Pelatihan Internet Dan Program Microsoft Office Untuk Membantu Administrasi Di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129._____________ https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i2.23473

APJII. (2020). Laporan survei internet APJII 2019 – 2020 (Q2) (Vol. 2020). Jakarta.

Balitbang Kominfo. (2017). SURVEY. Jakarta.

Chen, Y. Y., Yong, S., & Ishak, A. (2014). Email Hoax Detection System Using Levenshtein Distance Method. Journal of Computers, 9(2), 441–446._________ https://doi.org/10.4304/jcp.9.2.441-446

Emmawita. (2018). Penggunaan metode pemberian contoh untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora, 4(1), 137–158.

Gumgum, G., Justito, A., & Nunik, M. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40. https://doi.org/1410 - 5675

Hidayati, P. I. (2014). Penyuluhan dan komunikasi. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Ishak, A., Chen, Y. Y., & Yong, S. (2012). Distance-based Hoax Detection System. 2012 International Conference on Computer & Information Science (ICCIS), 215–220.

Istihapsari, V., & Hendroanto, A. (2020). Pendampingan Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik dan High Order Thinking Skills. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 291–296.

Juditha, C. (2018). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation. Jurnal Perkommas, 3(1), 31–44.

Juditha, C. (2019). Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan di Komunitas Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 77–90.

Juditha, C. (2020). Perilaku Masyarakat Terkait Penyebaran Hoaks Covid-19. Pekommas, 5(2), 105–116.____________________ https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050201

Kirana, D. H., Rafiah, K. K., & Sari, R. P. (2019). Pelatihan Mobile Apps Digital Marketing Untuk Umkm di Jatinangor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2), 98.________________________ https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i2.13123

Mubarok, M. S. (2020). Management of Guidance and Counseling on Learning Discipline. International Journal of Islamic Khazanah, 10(2), 60–74. https://doi.org/10.15575/ijik.v10i2.8993

Oxford. (2020). Dictionary. Retrieved February 5, 2021, from Dictionary website: https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/

Putra, F. D. (2017). Psikologi Cyber Media Seni Komunikasi Propaganda Menggunakan Media Sosial dalam Kaitannya dengan Isyu SARA di Indonesia. Channel, 5(2), 91–108.

Rahaded, U., Puspitasari, E., & Hidayati, D. (2020). The Impact of WhatsApp Toward UAD Undergraduate Students’ Behaviour in Learning Process. International Journal on Education, Management and Innovation (IJEMI), 1(1), 55–68.

Rasywir, E., & Purwarianti, A. (2015). Eksperimen pada Sistem Klasifikasi Berita Hoax Berbahasa Indonesia Berbasis Pembelajaran Mesin. Jurnal Cybermatika, 3(2), 1–8.

Salman, Al. (2021). Knowledge, Curiosity, Communication Channels and Panic during COVID-19 Movement Control Order. International Journal of Media and Communication Research, 2(1), 01–11. https://doi.org/10.25299/ijmcr.v2i1.6205

Sapanti, I. R. (2019). Efektivitas Komunikasi Massa Pasangan Jokowi-Ahok Sebelum dan Sesudah Pilkada DKI Jakarta Tahun 2012. Channel Jurnal Komunikasi, 7(1), 43–48.

Shu, K., Sliva, A., Wang, S., Tang, J., & Liu, H. (2017). Fake News Detection on Social Media : A Data Mining Perspective. Computer Science Social and Information Networks, 1(i).

Soliman, A. M. (1991). The role of counseling in developing countries. International Journal for the Advancement of Counselling, 14(1), 3–14.__________ https://doi.org/10.1007/BF00116712

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Penanan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula, 3(2), 298–309.

Susanto, E. H. (2019). Social Media , Hoax , and Threats against Diversity in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(12), 328–344.

Vosoughi, S., Roy, D., & Aral, S. (2018). The spread of true and false news online. Research Report, 359(March), 1146–1151.

Wenerda, I. (2020). Proses Komunikasi pada Pengguna Aplikasi WhatsApp yang Menonaktifkan Fitur Read Receipts. Channel Jurnal Komunikasi, 8(1), 9–16.

WHO. (2020a). Director General’s remarks at the media briefing on 2019 novel coronavirus on 8th of February 2020. Retrieved from World Heath Organization website:______________ https://www.who.int/dg/speeches/detail/director-general-s-remarks-at-the-media-briefing-on-2019-novel-coronavirus---8-february-2020

WHO. (2020b). Novel Coronavirus (2019-nCoV) Situation Report. Retrieved from https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200202-sitrep-13-ncov-v3.pdf

Wibowo, A. (2020). Kominfo: Penyebar Hoaks COVID-19 Diancam Sanksi Kurungan dan Denda 1 Miliar. Retrieved February 5, 2021, from Kominfo website: https://kominfo.go.id/content/detail/25923/kominfo-penyebar-hoaks-Covid-19-diancam-sanksi-kurungan-dan-denda-1-miliar/0/virus_corona

Yuliawati, S., Suganda, D., & Darmayanti, N. (2021). Penyuluhan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Smp Di Kota Sukabumi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 477.___________ https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29604




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35457

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)