PENINGKATAN LITERASI KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 BAGI GURU-GURU SDN DI KOTA SUKABUMI

Susi Yuliawati, Dadang Suganda, Nani Darmayanti

Abstrak


Litearsi kesehatan adalah kemampuan untuk mencari, memahami, dan mengevaluasi informasi tentang kesehatan sehingga dapat membuat keputusan yang tepat untuk menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan kualitas hidup. Derasnya arus informasi selama masa pandemi COVID-19 perlu diantisipasi dengan tingkat literasi kesehatan yang tinggi. Tingkat literasi kesehatan yang rendah berkorelasi dengan tingkat kesehatan yang buruk dan angka kematian yang tinggi. Terkait dengan hal itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini ditujukan untuk meningkatkan literasi kesehatan di kalangan guru SD Negeri di Kota Sukabumi. Penyuluhan tentang literasi kesehatan ini diberikan kepada dua puluh guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjaskes) dari sembilan belas SD Negeri di Kota Sukabumi. Materi difokuskan pada informasi tentang tindakan pencegahan dan penanggulangan COVID-19. Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan sebelum dan setelah mengikuti kegiatan penyuluhan, diketahui bahwa pengetahuan dan pemahaman para peserta tentang COVID-19 mengalami peningkatan. Penyuluhan ini diharapkan ini tidak hanya untuk menanggulangi misinformasi dan disinformasi yang marak di masa pandemi COVID-19 sehingga berpotensi besar menghambat upaya penanganan penyebaran COVID-19. Penyuluhan ini diharapkan juga dapat diterapkan oleh para pendidik dan disebarluaskan kepada peserta didik mereka, terutama dalam mendukung persiapan pelaksanaan pembelajaran luring di tingkat SD di Kota Sukabumi.


Kata Kunci


COVID-19; guru sekolah dasar; literasi kesehatan; pandemi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ad Hoc Committee on Health Literacy for the Council on Scientific Affairs, American Medical Association. 1999. Health literacy: report of the Council on Scientific Affairs. Journal of the American Medical Association, 281, 552-557.

Asmoro, B. T., Sari, D. K., & Asmoro, Bramantyo Tri ; Sari, D. K. (2020). MENINGKATKAN LITERASI SISWA DESA SUKODONO, KECAMATAN DAMPIT, KABUPATEN MALANG MELALUI REVITALISASI PERPUSTAKAAN DESA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280–288.

Damian, A. J., & Gallo, J. J. (2020). Promoting health literacy during the COVID-19 pandemic: A call to action for healthcare professionals. Harvard Kennedy School (HKS) Misinformation Review, 1(3), 1-8.

Kompas. (2021) Hoaks Covid-19 yang Mematikan... https://www.kompas.id/baca/polhuk/2021/07/21/hoaks-covid-19-yang-mematikan/

Republika (2021) Pandemi tak halangi….

https://www.republika.co.id/berita/qji382396/pandemi-tak-halangani-sukabumi-gencarkan-gerakan-literasi

Nutbeam, D. (2000). Health literacy as a public health goal: a challenge for contemporary health education and communication strategies into the 21st century. Health promotion international, 15(3), 259-267.

Scheufele, D. A., & Krause, N. M. (2019). Science audiences, misinformation, and fake news. PNAS, 116(16), 7662-7669. https://doi.org/10.1073/pnas.1805871115

Smith, J.A. & Ireland, S. (2020). Towards equity and health literacy. Health Promotion Journal of Australia, 31(1), 3-4. https://doi.org/10.1002/hpja.317

Uscinski, J. E., Klofstad, C., Atkinson, M. D. (2016). What drives conspiratorial beliefs? The role of information cues and predisposition. Political Research Quarterly, 69(1), 57-71._________ https://doi.org/10.1177/1065912915621621

Yuliawati, S., Suganda, D., & Darmayanti, N. (2020). Penyuluhan literasi digital bagi guru-guru SMP di Kota Sukabumi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 477-483.________ https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29604




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35467

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)