PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN SOAL MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DAN KAHOOT SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN MASA PANDEMI

R. A. Rica Wijayanti, Didik Hermanto, Anindita Trinura Novitasari, Mety Liesdiani

Abstrak


Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak perubahan yang sangat besar termasuk di dalamnya adalah perubahan proses pembelajaran yang awalnya secara luring berubah menjadi pembelajaran daring. Proses pembelajaran daring membutuhksn ketrampilan dan fasilitas yang mendukung baik dari pendidik maupun peserta didik. Kesulitan pendidik masa pandemi bukan hanya pada saat mengajar saja, namun juga dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai solusi dari permasalahan yang dialami pendidik di sekolah, kami melakukan kegiatan pelatihan kepada pendidik tentang cara pembuatan soal tes menggunakan aplikasi quizizz dan kahoot sebagai bentuk evaluasi pembelajaran masa pandemi. Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu pendidik mencarikan solusi bagaimana cara melakukan evaluasi pembelajaran kepada peserta didik dengan mudah dan efektif. Metode yang digunakan yaitu dengan cara pemberian materi  secara langsung, pendampingan secara berkala sehingga pendidik dapat membuat sendiri soal tes pada aplikasi quiziz dan kahoot, serta pemberian angket respon kepada pendidik dan peserta didik. Hasil kegiatan pengabdian ini menujukkan (1) pendidik yang dilatih dapat membuat evaluasi pembelajaran masa pandemi untuk peserta didik menggunakan aplikasi quizizz dan kahoot; (2) Peserta didik dapat dengan mudah dan  termotivasi saat mengerjakan soal tes. Implikasi dari kegiatan ini adalah keterbatasan masa pandemi khususnya pada bidang pendidikan masih bisa disiasati dengan ketrampilan pendidik dalam memanfaatkan teknologi secara maksimal menyesuaikan perkembangan zaman.


Kata Kunci


Pelatihan dan Pendampingan; Aplikasi Quizizz; Aplikasi Kahoot

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2019). PELATIHAN INTERNET DAN PROGRAM MICROSOFT OFFICE UNTUK MEMBANTU ADMINISTRASI DI KELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129–144. https://doi.org/DOI:http://10.24198/kumawula.v1i3.23473

Fatimah, F. M. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembukuan Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Pada UMKM Bangun Jiwo Mantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kumawula, 256-262.

Irwan, L. d. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning . Jurnal PendidikanPedagogia, 1-8.

Rofiyarti, Fitri A. Y. (2017). TIK Untuk PAUD: Penggunaan Platform “KAHOOT!” Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak . Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Pedagogi, 164-172.

Salsabila, Unik Hanifah I. S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran . Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi , 163-172.

Yuliawati, Susi D. S. (2020). Penyuluhan Literasi Digital Bagi Pendidik-Pendidik Di SMP Kota Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kumawula, 477-483.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)