DISEMINASI TEKNOLOGI PENGOLAHAN ABON IKAN DAN PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT SORONG PROVINSI PAPUA BARAT

Marcelinus Petrus Saptono, Herryanus Widjasena, Alimuddin Alimuddin, Ery Murniyasih

Abstrak


Pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui Program Produk Teknologi Yang didiseminasikan ke Masyarakat (PTDM) bertujuan memberdayakan potensi UKM Utama Krida dan Miareto di Kota Sorong Provinsi Papua Barat dengan usaha produksi Abon Ikan Tuna. Permasalahan utama kedua mitra adalah berkaitan dengan teknik produksi dengan manual, teknik pengemasan, dan pemasaran produk kurang efektif dan efesian. Target program ini adalah kedua mitra dapat meningkatkan jumlah produksi abon ikan dengan cara menggunakan teknologi menghasilkan abon ikan yang lebih berkualitas, higienis dan tahan lama dengan model kemasan baru, cara pemasaran melalui media sosial dan web e-commerce. Pelatihan, pendapingan diberikan mulai dari teknik produksi, teknik pengemasan, dan pemasaran. Metode dengan menerapkan kombinasi dari beberapa pendekatan, yaitu melalui penyuluhan, pelatihan, pendampingan, serta pemberian bantuan peralatan produksi. Hasil yang dicapai adalah kelompok UKM Utama Krida dan UKM Miareto telah memahami dan memiliki keterampilan wirausaha, pengelolaan usaha yang lebih terstruktur, penambahan tiga varian baru yaitu varian rasa rasa original, rasa pedas dan rasa manis dengan pengemasan produk yang lebih marketable menggunakan jenis kemasan standing pouch

Kata Kunci


Abon; Ikan Tuna; Produk Teknologi Didiseminasikan ke Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, Hendra, Herpandi Herpandi, and Susi Lestari. 2016. “Karakteristik Fisik, Kimia Dan Sensoris Abon Ikan Dari Berbagai Ikan Ekonomis Rendah.” Fishtech 5 (1): 61–72._____________ https://doi.org/10.36706/fishtech.v5i1.3519.

Aliyah, Rizkia, Iwang Gumilar, and Ine Maulina. 2015. “Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon Di Kota Bandung).” Jurnal Perikanan Dan Kelautan Unpad 6 (2): 78–84.

KKP. 2015. “Keputusan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 107/Kepmen_Kp/2015 Tentang Rencana Pengelolaan Perikanan Tuna, Cakalang Dan Tongkol.”

Mukhtar, Sukrianti, and Muhammad Nurif. 2015. “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen.” Jurnal Sosial Humaniora 8 (2): 181.__________________________ https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251.

Qonita, Rr Aulia, Isti Khomah, Erlyna Wida Riptanti, and Nuning Setyowati. 2021. “SAING PRODUK UKM MURNI SNACK” 4 (2).

Resnawaty, R, D Hasanah, and ... 2021. “Peningkatan Kapasitas Pemasaran Berbasis Media Sosial Bagi Usaha Mikro Dalam Menghadapi Era New Normal.” Kumawula: Jurnal … 4 (2): 263–69. http://journal.unpad.ac.id/kumawula/article/view/32765.

Supriatna, Ateng, Budi Hascaryo, Sugeng Hari Wisudo, Mulyono Baskoro, and Victor PH Nikijuluw. 2014. “Model Rantai Nilai Pengembangan Perikanan Tuna, Tongkol, Dan Cakalang Di Indonesia.” Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia 17 (2): 144–55. https://core.ac.uk/download/pdf/194416300.pdf.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36032

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)