PELATIHAN SOCIAL MEDIA MARKETING BAGI PENGURUS KOPERASI-KOPERASI DI KECAMATAN PANYILEUKAN KOTA BANDUNG

Sam'un Jaja Raharja, Herwan Abdul Muhyi, Arianis Chan, Ratih Purbasari

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan, ketrampilan dan penggunaan Social Media Marketing pada koperasi-koperasi di Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Hal ini didasarkan atas fakta bawah salah satu masalah yang dihadapi koperasi pada umumnya, dan koperasi-koperasi di Kecamatan Panyileukan Kota Bandung pada khususnya berkaitan dengan pemasaran produk atau jasa. Selama ini kegiatan pemasaran dilakukan secara konvensional, bahkan terbatas pada anggotanya.  Sementara dengan semakin berkembangnya teknologi internet, ada alternatif pemasaran secara online. Untuk dapat melakukan pemasaran secara online   dibutuhkan pengetahuan media sosial. Berdasarkan hasil indentifikasi masalah dibutuhkan upaya pelatihan Social Media Marketing bagi Para Pengurus Koperasi di Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Tujuan pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam penggunaan media sosial dalam kegiatan usaha koperasi. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap analisa awal, dimana dilakukan survei, observasi dan pelibatan pihak terkait lainnya. Tahap kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan melibatkan narasumber internal dan narasumber eksternal. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kepemilikan marketplace, pengetahuan umum media sosial dan pengetahuan teknis media sosial pemasaran peserta.  Disarankan adanya bimbingan teknis lebih lanjut agar pasar peserta dapat mengimplementasikan social media marketing dalam pemasaran produk dan jasa pada koperasinya


Kata Kunci


pemasaran-media sosial; koperasi; Kecamatan Panyileukan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bretos, I., Díaz-Foncea, M., & Marcuello, C. (2018). Cooperatives and internationalization: An analysis of the 300 largest cooperatives in the world. CIRIEC-Espana Revista de Economia Publica, Social y Cooperativa, 92, 5–37. https://doi.org/10.7203/CIRIECE.92.11480

Castilla-Polo, F., & Sánchez-Hernández, M. I. (2020). Cooperatives and sustainable development: A multilevel approach based on intangible assets. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/su12104099

Chaffey, Dave & Chadwick, F. (2016). Digital Marketing (Strategy, Implementation, Practice.

Cooper, R. N., & Porter, M. E. (2002). The Global Competitiveness Report 2001-2002. Foreign Affairs. https://doi.org/10.2307/20033186

Davis, F.D. (1986) Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End- User Information System Theory and Results, Dissertation, Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Demirkan, H., Spohrer, J. C., and Welser, J. J. 2016. "Digital innovation and strategic transformation," IT Professional (18:6), pp. 14-18.

Fishbein, M. and Ajzen, I. (1975) Beliefs, Attitudes, Intention and Behaviour: An Introduction to Theory and Research, Addison-Wesley, Reading, MA.

Gefen, D., Karahanna, E. and Straub, D.W. (2003) ‘Trust and TAM in online shopping: an integrated model’, MIS Quarterly, Vol. 27, No. 1, pp.51–90.

Grandon, E.E., Pearson, J.M., (2004). Electronic commerce adoption: an empirical study of small and medium US businesses. Information & Management 42.

Igbaria, M., Zinatelli, N., Cragg, P. and Cavaye, A.L.M. (1997) ‘Personal computing acceptance factors in small firms: a structural equation model’, MIS Quarterly, Vol. 21, No. 3, pp.279–302

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Kapurubandara, M., dan Lawson, R. (2006). Barriers to Adopting ICT and e-commerce with SMEs in Developing Countries: An Exploratory study in Sri Lanka.

Kusuma, D. A. (2020). Peningkatan Penjualan Dandang Menggunakan Metode Viral Marketing di Desa Cileunyi Kulon. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.26267

Shaharudin, M.Z., Omar, M.W., Elias, S.J., Ismail, M., Ali, S.M. and Fadzil, M.I. (2012) ‘Determinant of electronic commerce adoption in Malaysian SMEs’ furniture industry’, African Journal of Business Management, Vol. 6, No. 10, pp.3648–3661.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Tola, M., Ationg, R., & Mansur, K. (2021). Gerakan Koperasi di Sabah (1960an hingga 1980an): Peranan dan Cabaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(1), 214–225.

Wahid, F. dan Iswari, L (2007) Adopsi Teknologi Informasi oleh Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007) ISSN: 1907-5022. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36042

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)