PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE DALAM RANGKA PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL MARKETING DAN TATA KELOLA DAYA TARIK WISATA DI DUSUN KREATIF INDONESIA

Bastanta Eka Putra Kembaren, Liyushiana Liyushiana, Dewi Yanti, Christina Indriani Sianipar, Nurhafihah Khairi

Abstrak


Pariwisata merupakan salah satu industri yang potensial untuk dikembangkan pada masa modern sekarang. Namun tidak semua objek wisata dapat berkembang dengan baik karena beberapa faktor, misalnya masih digunakannya media tradisional dalam pelaksanaan promosi. Pemanfaatan media promosi digital yang memanfaatkan akses internet (termasuk website) dirasakan lebih cepat dan mudah bagi semua kalangan pasar yang akan dituju. Pelatihan pengelolaan website dalam rangka peningkatan promosi diharapkan mampu memberikan wawasan bagi para pelaku wisata di dusun kreatif Indonesia dalam meningkatan promosi dusun kreatif Indonesia dan mencapai target kunjungan yang maksimal. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat berupa pelatihan Classroom method, pelatihan ini digunakan untuk memperkenalkan teori media digital dan pengelolaan website. Dalam pelatihan ini dilakukan berkesinambungan dengan tetap melalukan evaluasi dan monitoring sehingga dapat mencapai target pelatihan pengelolaan website di dusun kreatif Indonesia.

Kata Kunci


Tourism; Training; Digital media; Website

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dalimunthe, F. I., Masatip, A., Liyushiana, & Rosari, D. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Keramik Belawan sebagai Daya Tarik Wisata Belanja di Kota Medan. Tourism Scientific Journal, 5(2), 172–182.

Denny, A., Liyushiana, Sinaga, J. F. A., Jekson, & Wulandani, I. (2021). PELATIHAN TATA KELOLA PARIWISATA DENGAN PENDEKATAN CHSE BAGI PELAKU PERHOTELAN DI KOTA MEDAN. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 292–299. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32624

Liyushiana, & Sianipar, C. (2017). Pengelolaan Koridor Jalan Ahmad Yani Sebagai Daya Tarik Wisata Pusaka. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(2), 45–59.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Yanti, D. (2018). Perencanaan Prototipe Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Di Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(2). https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.4782

Yanti, D. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Industri Perhotelan di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung, 6(2). https://doi.org/10.51827/jiaa.v6i2.37

Yunita, D., & Sekarningrum, B. (2020). INTEGRASI POTENSI WIRAUSAHA DALAM MEWUJUDKAN CITAMAN SEBAGAI DESA WISATA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 389–397. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.27149




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36094

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)