WORKSHOP OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK PELAKU UMKM PADA LAPAK BERKAH PKK, DI DESA TOYOMARTO SINGOSARI, KABUPATEN MALANG
Abstrak
Digital marketing (pemasaran digital) menjadi hal yang diperlukan untuk sebuah usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Terlebih lagi di masa pandemi, penggunaan media digital dalam memasarkan produk penting untuk mempertahankan penjualan yang mulai beralih ke sistem daring. Kelompok UMKM di Lapak Berkah PKK Desa Toyomarto merupakan salah satu dari pelaku UMKM yang tergolong belum maksimal dalam pemanfaatan media internet sebagai sarana promosi dan pemasaran produknya. Padahal tantangan terbesar yang dihadapi oleh UMKM adalah terkait dengan inovasi produk dan cara pemasaran yang efektif. Workshop optimalisasi digital marketing disampaikan ke mitra dengan materi copywriting dan pembuatan desain pemasaran produk. Copywriting merupakan keterampilan menulis naskah iklan untuk menarik minat konsumen terhadap suatu produk. Kemampuan copywriting dalam pemasaran digital juga menjadi satu aspek penunjang yang sangat penting. Selain itu pembuatan desain pemasaran produk akan menambah daya tarik produk untuk memperoleh lebih banyak konsumen. Diharapkan kelompok UMKM di Lapak Berkah PKK Desa Toyomarto mendapatkan manfaat dari meningkatnya kualitas pengetahuan dan penguasaan sumber daya manusia dalam penggunaan teknologi informasi dalam mengoptimalkan pemasaran digital.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Geovanne, F., Thamrin, & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto, Padang. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.1007/10.2403/sb.0310
Herdiansah, A. G. (2020). PENGEMBANGAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DENGAN PRINSIP PENTA HELIX DI DESA MARGAMEKAR KABUPATEN SUMEDANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 539–547. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.31078
Hereyah, Y. (2014). Iklan Mobil di Media Cetak, Analisis Elemen Copywriting dan Visualisasi di Majalah SWA. Jurnal Visi Komunikasi, 13(2), 169–184.
Jatmiko, L. (2020). APJII: 196,7 Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet.
Nainggolan, E. U. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terjungkit.
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36115
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















