PELATIHAN LITERACYCLOUD.ORG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PARA GURU SD DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Arum Nisma Wulanjani, Gilang Fadhilia Arvianti, Sukma Shinta Yunianti

Abstrak


Keterampilan literasi digital di era pembelajaran abad 21 memegang peranan penting sebagai salah satu indikator penentu keberhasilan terutama dalam pembelajaran daring. Kemampuan literasi digital seorang guru merupakan salah satu kunci dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Untuk mendukung kemampuan literasi digital perlu melibatkan peran aktif dari berbagai pihak secara bersama-sama khususnya di lingkungan sekolah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru-guru SDN Kedungsari 1 dan 5 di Magelang Selatan agar para guru memiliki keterampilan literasi digital, terutama dalam memanfaatkan media ajar berbasis digital literacycloud.org untuk mengakses berbagi media pembelajaran digital serta pemanfaatan sumber informasi secara efektif,  tepat, dan terpercaya. Dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan tiga metode pendekatan yaitu wawancara, workshop dan praktik terbimbing, dan evaluasi. Sebanyak 25 guru SD dari kedua sekolah mitra berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian ini. Pelatihan ini mendapat respon yang sangat positif dari para guru. Hasil dari pelatihan ini dapat mereka manfaatkan sebagai bahan dan media ajar pembelajaran daring di kelas mereka masing-masing. Pelatihan ini memiliki implikasi positif untuk mendukung peningkatan kemampuan literasi digital guru SD yang sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran daring di era pandemic COVID 19 ini.


Kata Kunci


Pelatihan; Literasi Digital; Sumber Digital; Literacycloud.org

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bozkurt, A., Akgun-Ozbek, E., Yilmazel, S., Erdogdu, E., Ucar, H., Guler, E., Sezgin, S., Karadeniz, A., Sen-Ersoy, N., Goksel-Canbek, N., Dincer, G. D., Ari, S., & Aydin, C. H. (2015). Trends in distance education research: A content analysis of journals 2009-2013. International Review of Research in Open and Distance Learning, 16(1), 330–363. https://doi.org/10.19173/irrodl.v16i1.19

Buselic, M. (2012). Distance Learning – concepts and contributions. Oeconomica Jadertina, 1, 23–34.

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Dek Ngurah Laba Laksana. (2020). Implementation of Online Learning in The Pandemic Covid-19: Student Perception in Areas with Minimum Internet Access. Journal of Education Technology, 4(4), 502–509.

Griffiths, B. (2016). A Faculty’s Approach to Distance Learning Standardization. Teaching and Learning in Nursing, 11(4), 157–162. https://doi.org/10.1016/j.teln.2016.04.004

Istanto, D., Apsari, N. C., & Gutama, A. S. (2021). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEGIATAN BANK SAMPAH (Studi Kasus Pada Kelompok Masyarakat Pengelola dan Nasabah Bank Sampah Wargi Manglayang RW.06 Kecamatan Cibiru, Kota Bandung). Share: Social Work Jurnal, 11(1), 41–50.

Linjawi, A. I., & Alfadda, L. S. (2018). Students’ perception, attitudes, and readiness toward online learning in dental education in Saudi Arabia: a cohort study. Advances in Medical Education and Practice, Volume 9, 855–863. https://doi.org/10.2147/amep.s175395

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Setyawan, A., Nur, S., 1, A., Surtikanti, M. W., & Quinones, C. A. (2020). Students’ Perception of Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Case Study on the English Students of STKIP Pamane Talino Article Info. Journal of Social Sciences and Humanities, 10(2), 225–235. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/1316

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sujendra Diputra, K., Ketut Desia Tristiantari, N., Nyoman Laba Jayanta, I., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Pendidikan Ganesha, U. (2020). GERAKAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR. 3(1), 118–128. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1483

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills, Enhanced Edition: Learning for Life in Our Times. 244.

Yuliawati, S., Suganda, D., & Darmayanti, N. (2020). PENYULUHAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU-GURU SMP DI KOTA SUKABUMI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 477 – 483. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29604

Yulita, I. N., & Rizka, Y. (2021). PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 494–499.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.37444

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)