PENGUATAN EKONOMI UMKM PEPES IKAN NILA DESA KLUWEH, KABUPATEN SLEMAN MENUJU UMKM GO-DIGITAL
Abstrak
Penulisan hasil pengabdian mengenai Penguatan Usaha Pepes Ikan Nila di Desa Kluweh melalui media online bertujuan untuk membangkitkan kembali peran UMKM sebagai alternative dalam mengurangi tingkat pengangguran dan pengentasan kemiskinan. UMKM menjadi tindakan solutif dalam penyerapan tenaga kerja dengan inovasi keterampilan yang disalurkan untuk mencapai perolehan pendapatan. Akan tetapi kehadiran Covid-19 memberikan keterpurukan stabilitas ekonomi UMKM. Untuk itu terdapat upaya pelaksanaan pengabdian yang dilakukan dengan mengadakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diawali dengan identifikasi masalah kelompok sasaran untuk menyelaraskan pelaksanaan pengabdian. Adapun pelaksanaan pengabdian yang menjadi upaya penangan solutif yakni 1) Sosialisasi pentingnya pemahaman system pemasaran online. 2) Pelatihan mengoperasionalkan Sosial Media. 3) Pendampingan pengemasan produk. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini sebagai pembaharuan strategi pemasaran UMKM dalam menghadapi gelombang Covid-19, oleh karenanya, program pengabdian ini menjadi penting dilaksanakan karena memberikan skema dalam pemulihan ekonomi UMKM.
The writing of the results of the service regarding the Strengthening of Tilapia Pepes Business in Kluweh Village through online media aims to revive the role of MSMEs as an alternative in reducing unemployment and poverty alleviation. MSMEs are a solution for absorbing labor with skill innovations that are channeled to achieve income generation. However, the presence of Covid-19 has caused a slump in the economic stability of MSMEs. For this reason, there are efforts to implement service which are carried out by planning, implementing, and evaluating which begins with identifying the problem of the target group to harmonize the implementation of service. As for the implementation of service which is an effort to handle solutions, namely 1) Socialization of the importance of understanding the online marketing system. 2) Training to operate Social Media. 3) Assistance in product packaging. The purpose of the implementation of this service is to renew the the marketing strategy of MSMEs in the face of the Covid-19 wave, therefore, this service program is important to implement because it provides a scheme for the economic recovery of MSMEs.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, Wawan. 2011. Teknologi Pengemasan, Desain, dan Pelabelan Kemasan Produk Makanan. Subang : LIPI Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, and Jl KS Tubun.
Angipora, Marinus. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
anjaŕnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., ... & Hasyim, H. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
BPS. 2021. Presentase Kemiskinan 2020. November Kamis. Accessed Juli Senin, 2022. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen.html#:~:text=Tingkahttps://www.bps.go.id/pressrelease/2020/11/05/1673/agustus-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-7-07-pe.
Darmansah, and Ni Wayan Wardani. 2021. "Analisis Pesebaran Penularan Virus Corona di Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Metode K-Means Clustering." Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.
Gregorius, Fandy Tjiptono dan. n.d. "Pemasaran Strategik Mengupas Pemasaran Startegik, Branding Starategy, Cusoemer Satisfaction, Stategi." 541-543.
Jamanie, Farhanuddin. 2017. "PARTISIPASI MASYARAKAT DESA DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DI DESA BINUANG KECAMATAN SEPAKU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA." Jurnal Paradigma.
Jerzyk, E. 2016. " Design and communication of ecological content on sustainable packaging in young consumers’ opinions. Journal of Food Products Marketing." Journal of Food Products Marketing 707-716.
Khabib Alia Akhmad. 2015. "Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta)." Dutacom 9.1 (Dutacom 9.1 ).
Kurniawanto, Hadi, Hafidz Hanafiah, and Ardi Hidayat. 2020. "PENGEMBANGAN UMKM BONTOT SALMINAH SEBAGAI KULINER KHAS KOTA SERANG MENUJU ERA INDUSTRI 5.0." Jurnal Bina Bangsa (Jurnal Abdimas Bina Bangsa).
Kusuma, Dewanti & Asri. 2020. "Darurat PHK di Tengah Corona." Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik.
Marinus, Angipora. 2002. DasarDasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muslim, Moh. 2020. "PHK Pada Masa Pandemi Covid-19." ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis .
Nindatu, Peinina Ireine. 2019. "Komunikasi Pembangunan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengentasan Kemiskinan." Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis .
Normina. 2016. "Partisipasi masyarakat dalam pendidikan." Ittihad.
Nurkholis. 2020. "Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah." Jurnal PGSD.
Rachmawan Budiarto, Susetyo Hario Putero, Hempri Suyatna, Puji Astuti, Harwin Saptoadi, M. Munif Ridwan, Bambang Susilo D. 2015. Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Retno Karunia Putri, Wahyuningsih, R., Meikhati, E., & Aji, A. W. 2021. "Efek pandemi Covid 19: Dampak lonjakan angka PHK terhadap penurunan perekonomian di Indonesia." Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi (BISMAK).
Supriyanto. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. "PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN." FISE Universitas Negeri Yogyakarta.
Swastha, Basu. 1984. Azas-Azas Marketin. Yogyakarta: Liberty.
Syadzali, Maulana Mahrus. 2020. "Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi pada UKM Pembuat Kopi Muria)." Syntax.
Tarigan, Ridwan Sanjaya dan Josua. 2009. Creative digital marketing,. Jakarta: Elex Media Kompitundo.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.40735
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: