IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PEMASARAN DIGITAL DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK-PRODUK KELOMPOK DISABILITAS DI KOTA BENGKULU

Herry Novrianda, Aan Shar, Marsellina Fitri, Faisal Muttaqin

Abstrak


Pemberdayaan ekonomi bagi kaum difabel di Kota Bengkulu sangat penting sebagai upaya untuk memberikan kemampuan kepada mereka sehingga dapat menjalankan aktifitas ekonominya sebagaimana layaknya orang dengan keadaan fisik yang sempurna. Salah satu organisasi yang memberdayakan kelompok difabel di Kota Bengkulu yaitu Mitra Masyarakat Inklusif (MMI). Keberadaan MMI sangat membantu kelompok masyarakat penyandang disabilitas sehingga masyarakat tersebut mampu menjadi pelaku UMKM yang mandiri dan memiliki daya saing serta tentunya dapat meningkatkan perekonomian. Unit usaha yang dimiliki MMI dalam memberdayakan kelompok disabilitas yaitu sektor jasa dan perdagangan seperti percetakan printing, konveksi, pembuatan kain basurek, laundy serta produk makanan dan minuman. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk-produk kelompok disabilitas di Kota Bengkulu melalui penerapan teknologi pemasaran digital. Metode pelaksanaan digunakan yaitu lesson study dengan tahapan persiapan pelatihan digital marketing, pelaksanaan pelatihan meliputi pelatihan pemanfaatan sosial media untuk mempromosikan produk dan pelatihan pembuatan konten iklan produk, serta monitoring praktik pemasaran dengan menerapkan teknologi digital oleh mitra dan evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu mitra memiliki skills dalam memanfatkan teknologi digital marketing berupa penggunaan market place melalui aplikasi Tokopedia dan Google Bisnisku sebagai tempat transaksi jual beli, penggunaan media sosial Facebook Ads dan Instagram Ads untuk mempromosikan produk-produknya, serta mengetahui cara pembuatan konten iklan dan pengemasan/packaging produk yang menarik bagi konsumen.

 

Economic empowerment for people with disabilities in Bengkulu City is very important as an effort to give them ability so that they can carry out their economic activities like people with perfect physical conditions. One of the organizations that empowers disabled groups in Bengkulu City is Inclusive Community Partners (ICP). The existence of ICP is very helpful for groups of people with disabilities so that the community is able to become independent and competitive MSMEs actors and course can improve the economy. The business units owned by ICP in empowering disability groups are the service and trade sectors such as printing, convection, manufacture of basurek cloth, laundry and food and beverage products. This service aims to increase sales of disability group products in Bengkulu City through the application of digital marketing technology. The implementation method used is lesson study with the stages of preparation for digital marketing training, the implementation of the training includes training on the use of social media to promote products and training in product advertising content creation, well as monitoring marketing practices by applying digital technology by partners and evaluation. The results of this service activity are partners have skills in utilizing digital marketing technology in the form of using market places through Tokopedia application and Google My Business as a place for buying and selling transactions, using social media Facebook Ads and Instagram Ads to promotion their products, and knowing how to create content advertising and packaging of products that are attractive to customer.


Kata Kunci


Disability Group; Digital Marketing Technology; MSMEs

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdi, R., Esterilita, M., Rochman, U. H., & Mintarja, E. (2020). Pengembangan Ekonomi Produktif Penyandang Disabilitas Daksa Di Kota Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, 1(1), 11–18.

Azaria, P. A. (2014). Pengaruh Internet Marketing Terhadap Pembentukan Word Of Mouth Dan Efektivitas Iklan Dalam Meningkatkan Brand (Studi pada Follower Akun Twitter Pocari Sweat di Jejaring Sosial Twitter). 13(1), 1–7.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 144–151.

Helmalia, & Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesek Retarisan, 4(1), 53–60.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah (Umkm). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2019). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.

Shaleh, I., Jurnal, K., & Hukum, I. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak bagi Penyandang Disabilitas Ketenagakerjaan di Semarang. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 20(1), 63–82.

Turban, E., Lee, J., & King, D. D. and Chung, H. . (2000). Electronic Commerce: A Managerial Perspective. Pearson Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.42532

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)