PENDAMPINGAN PEMASARAN UMKM SUKABUMI MELALUI APLIKASI WARUNG DIGITAL
Abstrak
Perkembangan teknologi yang semakin maju membawa perubahan dalam dunia usaha, tren pemasaran digital semakin meningkat. Banyak kendala yang dihadapi pelaku UMKM, seperti: kurangnya sumber daya manusia yang mampu membangun bisnis digital untuk produk UMKM, keterbatasan operator UMKM dalam konsep pemasaran digital dan mengimplementasikan aplikasi pemasaran digital. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan memberikan layanan bagi para pelaku UMKM yang tergabung dalam SEA dalam menjual produknya agar dapat meningkatkan penjualan dan perekonomian masyarakat. Pemasaran yang digunakan adalah berupa aplikasi warung digital dengan nama seapreneur.id. Tujuan dari layanan ini adalah untuk membantu mitra seapreneur.id dan mitra anggotanya yaitu UMKM-nya yang tergabung dalam SEA-nya menjual produk untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan perekonomian. Metode yang digunakan dengan cara sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan terakhir dengan launching aplikasi seapreneur kepada konsumen. Sehingga dengan adanya kegiatan pendampingan ini para pelaku UMKM semakin luas jangkauan pemasarannya baik nasional maupun internasional.
The development of increasingly advanced technology brings changes in the business world, and digital marketing trends are increasing. There are many obstacles faced by MSME players, such as a lack of human resources who can build a digital business for MSME products, limitations of MSME operators in digital marketing concepts, and implementing digital marketing applications. This community service aims to provide services for MSME players who are members of SEA in selling their products to increase sales and the community's economy. The marketing used is in the form of a digital warung application with the name seapreneur, id The purpose of this service is to help seapreneur.id partners and their member partners, namely MSMEs, which are members of their SEA, sell products to increase sales and improve the economy. The method is used through socialization, training, mentoring, and finally by launching the seapreneur application to consumers. So that with this mentoring activity, MSME players will expand their marketing reach both nationally and internationally.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.
Arisandi, Y. T. (2014). Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam PerkembaganUsaha Kecil Menengah di Sentra Industri Sandal dan Sepatu Wedoro Kabupaten Sidoarjo. Administrasi Negara, 1–8.
Cadogan, J. W. (2012). International marketing, strategic orientations, and business success. International Marketing Review, 29(4), 340–348. https://doi.org/10.1108/02651331211242656
Farizki, F. I., Salamah, R., Mutiah, T. S. R., Wardhani, W. K., & Siddi, P. (2020). Penyuluhan Umkm Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 620. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3374
Guo, C. (2002). Market orientation and business performance. European Journal of Marketing, 36(9/10), 1154–1163. https://doi.org/10.1108/03090560210437389
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Kovács, I., & Keresztes, É. R. (2022). Young Employees’ Perceptions about Employability Skills for E-Commerce. Economies, 10(12), 1–28. https://doi.org/10.3390/economies10120309
Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Social Media Capabilities dalam Adopsi Media Sosial Guna Meningkatkan Kinerja UMKM. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 227–238. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.12455
Lodwyk, F., Riwoe, R., Mulyana, M., & Sarah, S. (2022). Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i1.1389
Lune, Howard, and Bruce L. Berg. 2017. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. ninth. Harlow: Pearson.
Mahmud, M. D. bin, Yamani, Usman, S., & Nursafa. (2023). PENDAMPINGAN PENATAAN CATATAN DAN PELAPORAN KEUANGAN KOPERASI DESA TAHANE. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 26–33. http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/view/38918
Oliveira, A. S. de, Souki, G. Q., Silva, D. da, Rezende, D. C. de, & Batinga, G. L. (2022). Service guarantees in an e-commerce platform: proposition of a framework based on customers’ expectations, negative experiences, and behavioral responses. Asia-Pacific Journal of Business Administration, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/APJBA-06-2021-0249
Purnamasari, E. D., Anggraini, L. D., Faradillah, F., & Jinal, J. (2022). Pentingnya E-Commerce Pada Pelaku Usaha Kerupuk Kemplang Lembak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1511–1516. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11751
Purwaningsih, P. M., Siwiyanti, L., & Nursiva, H. (2022). The Importance of Applying Business Ethics in E-Commerce. 2022, 38–46.
Rahma, N. S., Yanti, W., Kartika, D., Agvitasari, S., Sofiliandini, N., & Siwiyanti, L. (2022). Analisis Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (Pkm-K) Bellissimo Folding Table : Inovasi Meja Lipat Multifungsi Untuk Pelajar Dan Penata Rias. Ajie, 6(January), 29–40. https://doi.org/10.20885/ajie.vol6.iss1.art4
Rahma, R. A., Ishaq, M., Mikro, U., & Mikro, U. (2022). Pendampingan Pemasaran Produk Berbasis Digital. Community Development Journal, 3(2), 511–518.
Rajh, S. P. (2022). Consumer Decision-Making Styles in the Digital Product Category. Market-Trziste, 34(2), 191–203. https://doi.org/10.22598/mt/2022.34.2.191
Ramdan, A. M., & Siwiyanti, L. (2022). Meningkatkan Perekonomian Daerahpendampingan Umkm Terdampak Covid 19 Guna Meningkatkan Perekonomian Daerah Di Kota Sukabumi. Martabe, 5(3), 926–934. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/5804
Ramdan, A. M., Siwiyanti, L., Pertala, E. C., Anggraini, N., & Jhoansyah, D. (2022). Model Pendampingan Peningkatan Kinerja Pemasaran Kelompok Sadar Wisata Desa Kebonmanggu Kabupaten Sukabumi. In Academics in Action Journal (Vol. 4, Issue 1).
Rarnadhani, Y. C., Subardjo, A., Manajemen, P. S., & Ekonomi, F. (2022). Pelatihan Inovasi Marketplace Bagi UMKM. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1572–1577. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6/11448
Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764
Sakas, D. P., Reklitis, D. P., Terzi, M. C., & Vassilakis, C. (2022). Multichannel Digital Marketing Optimizations through Big Data Analytics in the Tourism and Hospitality Industry. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 17(4), 1383–1408. https://doi.org/10.3390/jtaer17040070
Shabrina, A. (2021). Pemanfaatan E-Marketplace sebagai Bentuk Pemberdayaan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Komunikasi , 2(1), 59–70. http://jpii.upri.ac.id/index.php/connected/article/view/13
Sibarani, S. A. B., Munthe, A., & Irviantina, S. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Guna Meningkatkan Pemasaran Produk Masyarakat Di Kampung Nelayan Sebrang Medan Belawan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 309. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37100
Yasar, O., & Korkusuz Polat, T. (2022). A Fuzzy-Based Application for Marketing 4.0 Brand Perception in the COVID-19 Process. Sustainability (Switzerland), 14(24). https://doi.org/10.3390/su142416407
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.45323
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: