WORKSHOP PENGOPERASIAN MENDELEY: MANAJERIAL PUSTAKA KEKINIAN BAGI MAHASISWA
Abstrak
Kegiatan workshop ini dilatarbelakangi dari hasil identifikasi awal mengenai kebutuhan mahasiswa dalam menerapkan aplikasi manajerial referensi sebagai alat untuk mempermudah sitasi, penelusuran kajian pustaka, dan usaha meminimalisir plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa FKIP Untan semester pertama, dalam penggunaan Mendeley dalam penulisan karya ilmiah. Metode dalam workshop ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan bimbingan berkelompok maupun pribadi. Kegiatan ini terbagi atas tiga tahapan. Pertama, tahap perencanaan yang berupa identifikasi masalah dan penyusunan proposal. Kedua, tahap pelaksanaan, yakni pelatihan Mendeley dan pendampingan. Ketiga, tahap evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan sikap positif dari mahasiswa yang dimulai dengan rasa keingintahuan yang tinggi dan kemampuan dalam memasang dan mengoperasikan Mendeley dalam lembar kerja ilmiah mereka.
The background of this workshop activity was the initial identification results regarding the needs of students in implementing reference managerial applications as a tool to facilitate citations, search literature, and efforts to minimize plagiarism in writing scientific papers. Based on this needs analysis, this activity aims to provide an understanding to first semester FKIP Untan students, in the use of Mendeley in writing scientific papers. The method in this workshop uses lecture methods, question and answer, demonstrations, and group and personal guidance. This activity is divided into three stages. First, the planning stage in the form of problem identification and preparation of proposals. Second, the implementation stage, namely Mendeley training and mentoring. Third, the evaluation stage. The results of the activity showed a positive attitude from students which started with a high curiosity and ability to install and operate Mendeley in their scientific worksheets.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bugyei, K. A., Kavi, R. K., & Obeng-Koranteng, G. (2019). Assessing the Awareness and Usage of Reference Management Software (RMS) among Researchers of the Council for Scientific and Industrial Research (CSIR) Ghana. Journal of Information and Knowledge Management. https://doi.org/10.1142/S021964921950031X
Faizal, M. (2020). Buku Praktis Mendeley untuk Mahasiswa. Mendeley Advisor Community.
Goma, E. I., Saputra, Y. W., Sandy, A. T., & Ningrum, M. V. R. (2022). Pelatihan Mendeley Reference Dalam Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 5(1), 1–8. https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/jpmikp/article/view/1194
Krismiyati, Ahmad, B., & Purnamasari, J. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik YAPIS BIAK Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 561–568.
MacMillan, D. (2012). Mendeley: Teaching scholarly communication and collaboration through social networking. In Library Management (Vol. 33, Issue 8, pp. 561–569). https://doi.org/10.1108/01435121211279902
Maleha, N. Y., & Satria, C. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Desktop untuk Mahasiswa Tingkat Akhir STEBIS IGM Palembang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 1(2), 91–98. https://doi.org/10.36908/akm.v1i2.191
Miller, K. (2016). Reference management practices of postgraduate students and academic researchers are highly individualized. Evidence Based Library and Information Practice, 11(3), 105–107. https://doi.org/10.18438/b8s91c
Patak, A. A., & Tahir, M. (2019). Avoiding plagiarism using mendeley in Indonesian higher education setting. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 686–692. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20268
Putra, A., Gamasari, R., & Novebri, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Informatika STT Payakumbuh. Journal of Community Dedication and Development, 1(2), 187–198. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/669/527
Reis, M. A. F., Favretto, J., Favretto, N. M., Favretto, L. M. H., & dos Santos, R. P. (2022). Knowledge management in the classroom using Mendeley technology. Journal of Academic Librarianship, 48(4). https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102486
Permenristek Dikti No 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Peguruan Tinggi, (2015).
Surat Edaran Kemenristek Dikti Tentang Saran Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa, (2019).
Suport, T. (2022). Mendeley. Mendeley.Com. https://service.elsevier.com/app/whats_new/supporthub/mendeley/
Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Wardiningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827.1
Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.45497
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















