SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM DAPUR MOMY KEAN DI BEKASI

Cahrianto Cahrianto, Sunarmo Sunarmo, Sisca Debyola Widuhung, Aisyah Tiar Arsyad, Abdul Halim, Nadya Dinda Lakhsamana

Abstrak


Pelaku usaha perempuan, khususnya ibu rumah tangga, berpotensi menggerakan perekonomian nasional melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Motivasi perempuan yang sudah menikah untuk bekerja semangkin meningkat. Adanya dukungan terhadap perkembangan UMKM dan pemberdayaan perempuan menjadikan UMKM yang dikelola oleh Ibu rumah tangga harus diarahkan lebih baik. Pengelolaan UMKM Ibu Rumah Tangga saat ini cenderung tidak terstruktur dan kurang maksimal khususnya terkait manajemen usaha dan strategi pemasaran. Salah satu UMKM yang memiliki kendala pemasaran promosi dan platform pemasaran online yaitu UMKM berbasis komunitas Ibu rumah tangga terdiri dari 4 orang yang menamai usahanya yaitu “Dapur Mommy Kean” di Perumahan Jatimulya, Tambun Selatan, Bekasi. Dapur Momy Kean memproduksi aneka makanan rumahan. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan penjualan produk Dapur Momy Kean dengan pendampingan strategi pemasaran khususnya pembuatan banner, thank you card dan akun pemasaran digital di e-commerce Shopee. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan pelatihan, sosialisasi dan edukasi kepada ketua usaha Dapur Momy Kean. Hasil kegiatan pengabdian adalah manajemen tugas antar anggota yang jelas, pembuatan media promosi secara digital dan manual dalam bentuk banner dan thank you card, dan pembuatan toko online di e-commerce Shopee. Adapun kesimpulan dari hasil kegiatan pengabdian ini yaitu Mitra dalam hal ini Dapur Momy Kean sangat terbantu dengan adanya program pendampingan pembuatan banner, thank you card dan toko online Shopee dan program – program tersebut diharapkan mampu meningkatkan penjualan dalam ruang lingkup lebih luas tidak hanya area Perumahan Jatumulya, Bekasi.

Kata Kunci


UMKM “Dapur Momy Kean” Digital Marketing; Pendampingan Manajemen Usaha dan Strategi Pemasaran; Media Promosi Manual dan Digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmal, M., & Danupranata, G. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Akmal Jurnal Manajemen Bisnis. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(1). https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3596

Asharudin, F., & Dewi, S. P. (2021). Optimalisasi Media Digital sebagai Strategi Pemasaran UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 549–554. https://doi.org/10.26877/E-DIMAS.V12I3.7142

Christoper, R., Chodijah, R., & Yunisvita. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pekerja wanita sebagai Ibu rumah tangga. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15(1), 35–52. https://doi.org/10.29259/JEP.V15I1.8820

Dewi, P. M. (2012). Partisipasi Tenaga Kerja Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan keluarga. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 5(2), 119–124.

Hasugian, F. M. A., & Panggabean, L. (2019). Peran Perempuan dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam rangka menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Inada: Kajian Perempuan Indonesia Di Daerah Tertinggal, Terdepan, Dan Terluar, 2(2),111–135. https://doi.org/10.33541/JI.V2I2.1359

Rejeki, D. S., & Yusup, P. M. (2020). Pengalaman Berwirausaha Berbasis Membaca Online Di Kalangan Ibu Rumah Tangga. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 201–212. https://doi.org/10.23887/JISH-UNDIKSHA.V9I2.17731

Rido, E., & Wibowo, S. (2016). Pengaruh Experiential Marketing, Emotional Branding Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek (Survei Konsumen Operator Simpati di Yogyakarta). 7(2).

Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM. Prosiding. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1186

Sari, S. M., Yunizar, Y., & Sartika, D. (2020). Penentu Keunggulan Bersaing Pada UMKM : Apakah Kompetensi Digital Dan Orientasi Kewirausahaan Penting ? AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.24198/ADBISPRENEUR.V5I1.26999

Silvana, H., & Damayanty, D. (2014). Penggunaan X Banner Dalam Promosi Layanan Perpustakaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 115–117. https://doi.org/10.24198/JKK.V2I2.7377

Undang-undang (UU) tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (2008, July). JDIH BPK RI. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.45933

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)