PENINGKATAN POTENSI PEMASARAN BENGKEL DLWK DENGAN PELATIHAN DAN PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN

Alvera Sinta Lestari, Kristian Yosua Wawolangi, Nicholas Adriel, Zaim Katarabumi M. Djae, Winda Halim, Florence Leony, Christina Christina, Melina Hermawan, Elizabeth Elizabeth

Abstrak


Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting karena UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian negara. Jenis dan bidang usaha yang dimiliki oleh UMKM sangat beragam, mulai dari bidang yang menghasilkan barang hingga jasa. Salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang jasa adalah bengkel. Bengkel yang menjadi mitra adalah bengkel yang berlokasi di daerah Cibogo Bandung yang dikelola oleh sepasang suami istri dengan 2 orang staf yang membantu. Kendala yang dimiliki oleh UMKM ini adalah lokasi yang kurang strategis dan pemilik memiliki keinginan untuk memperkenalkan bengkelnya secara lebih luas. Berdasarkan kebutuhan yang dimiliki oleh mitra maka tim pengabdi berusaha membantu dengan melakukan beberapa hal, antara lain melakukan rebranding terhadap nama bengkel yang semula bernama Bengkel DLWK menjadi New DLWK Racing Team, sehingga nama bengkel menjadi lebih komersial. Selain itu, diusulkan juga untuk pembuatan topi, sticker, dan banner untuk lebih memperkenalkan bengkel tersebut saat mengikuti event tertentu. Pelatihan lebih lanjut juga dilakukan untuk mengembangkan media sosial Instagram yang telah mereka miliki dengan jumlah pengikut yang cukup banyak. Selain itu, juga dilakukan pemberian usulan untuk membuat media sosial lainnya seperti pembuatan konten pada Youtube, Tik Tok, Facebook, dan Whatsapp.


Kata Kunci


bengkel, rebranding, UMKM, media sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriana, J. (2015). Project Based Learning (PjBL). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ariano, M. (2017). PENGARUH REBRANDING DAN REPOSITIONING TERHADAP BRAND EQUITY SMARTPHONE MICROSOFT LUMIA.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1452-1461.

Brandon, G., & Stivers, J. (2010). Project Based Learning. ESPY 505 Educational Psychology. Retrieved Maret 12, 2023, from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjn4q69ntb9AhWrD7cAHaZfANoQFnoECBAQAQ&url=https%3A%2F%2Fwww.

fsmilitary.org%2Fpdf%2FProject_Based_Learning.pdf&usg=AOvVaw2WPNg3jORLa6U-xNKy4Jov

Fadhillah, Y., Jamaludin, & Firdaus, K. (2021). TRANSFORMASI DIGITAL UNIT USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI DAERAH RAWALUMBU BEKASI.

Bekasi: INSTITUT BISNIS MUHAMMADIYAH .

Grant, M. M. (2002, Desember). Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recommendation. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal.

Retrieved Maret 12, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/

_Getting_a_grip_on_project-based_learning_Theory_cases_and_recommendations/link/00b7d52d69f5858a1e000000/download

Hanim, L., & Noorman, N. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: Unissula Press.

Hartono, & Hartomo, D. D. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN UMKM DI SURAKARTA. Jurnal Bisnis & Manajemen, 15-30.

Haryanto, H., Maharani, D., Wahyudi, H., Kelvin, & Ardiansyah, R. (2022). Analisis Proses Bisnis Dan Kebijakan Umkm Bengkel Toyo Motor Dalam Meningkatkan Produktivitas

Dan Pendapatan. Literasi: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 145-155.

Hilmiana, & Kirana, D. H. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM SEGARHALAL. Kumawula, 74-81.

Kusumo, S., Surjani, R. M., & Rinawiyanti, E. D. (2013). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN USAHA BENGKEL BARU (STUDI KASUS DI INTI MOTOR PONOROGO).

Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1-19.

Majidi, L. M., Agustina, H., Muttaqiin, N., Elfita, R. A., & Wulan, T. D. (2022). Pelatihan Teknologi Pemasaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi.

Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2022 (pp. 596-600). Surabaya: Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

McDonald, M., & Wilson, H. (2011). Marketing Plans How to Prepare Them, How to Use Them Seventh Edition. United Kingdom: A John Wiley and Sons, Ltd, Publication.

Niode, I. Y. (2009). SEKTOR UMKM DI INDONESIA: Profil , Masalah, Dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOS-NOMOS.

Nurfitriyanti, M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA . Jurnal Formatif , 149-160.

Olaore, O. G., & Kuye, O. L. (2019). Re-Branding: Implication, Benefits and Effects on Buying Decision Using Selected FMCG in Lagos State, Nigeria.

Academic Journal of Economic Studies, 12-19.

Purba, A. M., Arifin, A., Adela, F. P., & Ritonga, A. D. (2021). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Dodol

di Daerah Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 41-47.

Rainanto, B. H. (2019). ANALISIS PERMASALAHAN YANG DIHADAPI OLEH PELAKU USAHA MIKRO AGAR BERKEMBANG MENJADI USAHA KECIL (SCALLING UP)

PADA UMKM DI 14 KECAMATAN DI KABUPATEN BOGOR. JIMKES Jurnal Ilmiah ManajemenKesatuan, 201-210.

SBDC, W. (2019, 12). Marketing Plan Template. Retrieved from US Small Business Administration:

https://www.sba.gov/sites/default/files/2019-12/Sample_Marketing_Plan_Template.pdf

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih. (2019). PENGEMBANGAN PEMASARAN BORDIR DAN KELOM GEULIS TASIKMALAYA MELALUI MEDIA SOSIAL.

Kumawula, 248-261.

The Marketing Plan. (n.d.). Retrieved from Massachushetts Small Business Development Centers: https://www.msbdc.org/pdf/marketing_plan.pdf

Triastity, R. (2011). MARKETING PLAN SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN JANGKA PANJANG.

Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 38-47.

Wijayanti, R. R., Ardhiarisca, O., Sumadi, & Putra, R. (2020). PENERAPAN DAN PELATIHAN E-COMMERCE PADA USAHA BENGKEL MITRA KARYA SITRA JEMBER.

Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 132-135.

Worokinasih, S., Asmoro, P. S., Aini, E. K., & Nurlaily, F. (2022). Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Sulam sebagai Objek Wisata Edukasi Berbasis Kearifan Lokal.

E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 650-660.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.46050

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)