PENGENALAN CODING DALAM RANGKA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL BAGI SISWA M.I. JAMI’ATUL KHAIR CILEDUG TANGERANG

*Muhammad Adrezo, Yulnelly Yulnelly, Intan Hesti Indriana

Abstrak


Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Hal tersebut terlihat pada anak-anak yang sangat fasih dalam penggunaan teknologi namun hanya sebagai konsumen teknologi. Namun pendidikan ilmu komputer di tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah (SMP) dan sekolah atas (SMA) khususnya di Indonesia masih sangat minim. Pemahaman siswa dalam penggunaan teknologi sangat baik saat masuk di jenjang perkuliahan namun pemahaman dalam proses pembuatan sebuah teknologi (game, aplikasi, dan sebagainya) masih sangat minim. Dibandingkan dengan siswa di negara-negara berkembang lainnya, pendidikan komputer dalam hal ini coding sudah didapatkan semenjak SMA, SMP bahkan tingkat SD. Hal ini menunjukkan coding sangat penting diperkenalkan dari sejak dini dari tingkat sekolah dasar dengan pendekatan yang menyenangkan berbasis animasi. Saat ini, coding merupakan kunci sukses bersaing di era perkembangan teknologi yang sangat pesat. Diharapkan generasi Indonesia kedepannya lebih paham dan dapat bersaing. Pembelajaran coding sejak dini memiliki manfaat yang sangat baik, karena anak dapat berpikir kreatif dan mengasah softskill mereka, selain itu juga mengajarkan anak berpikir logis, sistematis, kreatif, berani mencoba dan lain-lain. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diikuti oleh 28 siswa Madrasah Ibtidaiyah (M.I.) Jami’atul Khair, yang mana para siswa diajarkan cara membuat coding sebuah game dengan pendekatan animasi. Dari hasil evaluasi yang didapatkan dalam pelaksanaan ini, diketahui bahwa pembelajaran coding diminati oleh siswa di M.I. Jami’atul Khair.

 

 

Current technological developments are very rapid. This can be seen in children who are very fluent in using technology but are only consumers of technology. However, computer science education at the elementary school (SD), middle school (SMP), and high school (SMA) levels, especially in Indonesia, is still very minimal. So that when they enter college, students understand the use of technology but do not yet understand the process of creating technology (games, applications, etc.). Meanwhile, when compared with students in other developing countries, computer education, in this case coding, has been obtained since high school, middle school, and even elementary school. This shows that it is very important to introduce coding from an early age starting from elementary school level with a fun animation-based approach. Currently, coding is the key to competitive success in an era where technological developments are growing very rapidly. So it is hoped that the next generation of the Indonesian nation will understand better and be able to compete. Apart from that, learning to code from an early age has very good benefits, because children can think creatively and hone their soft skills. Apart from that, it teaches children to think logically, systematically, creatively, dare to try, and so on. This Community Service implementation was attended by 28 students of Madrasah Ibtidaiyah (M.I.) Jami'atul Khair, where the students were taught how to code a game using an animation approach. From the evaluation results obtained during this implementation, it is known that learning coding is of interest to M.I. Jami'atul Khair students.

 

 

 


Kata Kunci


Pengenalan Coding, Animasi, Game, Scratch, Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Putra, I. G. N. A. W., Nurcahyawati, V., Sutomo, E., Koentjoro, E. Y. & Lebdaningrum, K. (2022). Optimalisasi Aplikasi Quizizz bagi Tenaga Pendidik dalam Menerapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 28(4), 333–339.

Santoni, M. M., Prasvita, D. S., Yulnelly & Adrezo, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Penunjang Pembelajaran Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah M.I. Jami’atul Khair. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komputer, 2(1).

Ahmad, M., Nurmalinda, Oktadela, R., Ramadina, A. & Sarita, R. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Pengaplikasian Canva bagi Siswa Kelas X SMA Budi Dharma Dumai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 28(4), 427–432.

Santoni, M. M., Prasvita, D. S., & Adrezo, M. (2021). Coding for Kids Menggunakan Scratch sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri 4.0 bagi Siswa M. I. Jami’atul Khair. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komputer, 3(1), 59–68.

Firmansyah, B., Nur, A. P., Angellia, F., & Cahya, W. (2020). Pengenalan Coding bagi Usia Sekolah Menggunakan Aplikasi SHINIBIK (Shinhan University dan IBI Kosgoro 1957) Bagi Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan, Jurnal Pengabdian Teratai, 1(1), 35-51.

Deuis, A., Ramadhan, F., & Widodo, T. (2020). Pelatihan Programming Junior Pembuatan Game Menggunakan Scratch untuk Sekolah Dasar (SD) Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri Kreatif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 111–120.

Lutfina, E., & Wardhani, A. K. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Berbasis Blok Bagi Anak. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 107–111. https://doi.org/10.24246/jms.v1i12020p107-111

Novianto, S., Kardianawati, A., Rosyidah, U., & Haryanto, H. (2020). Pelatihan Berpikir Praktis Melalui Permainan Komputer untuk Siswa SD ISBA 2 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.82

Safitri, R., Jamal, A., Ripmiatin, E., Hermawan, D., & Supriyanto, A. (2019). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Dasar Blockly. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(1).

Zubaidi, A., Hidayat Jatmika, A., Wedashwara, W., & Zafrullah Mardiansyah, A. (2021). Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Bagi Siswa Sd 13 Mataram (Introduction to Algorithm and Programming using Scratch application for students in SD 13 Mataram). JBegaTI, 2(1), 95–102. Retrieved from http://begawe.unram.ac.id/index.php/




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.47490

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)