WORKSHOP DAN PEMBUATAN VIDEO PENDEK SEBAGAI UPAYA PROMOSI DESA WISATA DI DESA PANCA MUKTI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

*Nurlianti Muzni, Dhanurseto Hadiprashada, Neneng C Marlina

Abstrak


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu masyarakat melihat peluang promosi desa melalui video pendek, serta meningkatkan akun sosial media yang dikelola oleh Desa. Pengabdian ini mencoba untuk fokus pada potensi wisata religi di Desa Panca Mukti untuk dapat menjadi contoh implementasi bagi pengembangan potensi wisata lainnya dari desa ini. Pelaksanaan pengabdian berada di Pondok Pesantren Hafizd Nurul Quran dengan peserta perwakilan dari santri dan pengurus pondok pesantren Hafizd Nurul Quran, perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa Panca Mukti. Materi disampaikan dalam workshop, melalui tiga sesi materi dan praktek. Selama pelaksanaan peserta menunjukkan antusias dan keinginan untuk  mengembangkan promosi potensi wisata desa melalui media sosial. Workshop ini telah menghasilkan 5 video pendek yang telah disebarkan melalui media sosial masing-masing dengan hastag #Wisatabengkulu #wisatabengkulutengah #PancaMukti #DesaWisata. Workshop Pembuatan Video Pendek sebagai Media Promosi Desa telah meningkatkan semangat masyarakat untuk melihat peluang promosi potensi desa yang semakin dipermudah lewat media sosial. Selain itu masyarakat dapat menyalurkan kreativitasnya dengan menggunakan smartphone dan media sosial untuk hal yang bermanfaat bagi promosi desa.

 

The purpose of this community service is to help the community see village promotion opportunities through short videos, as well as improve social media accounts managed by the village. This service tries to focus on the potential of religious tourism in Panca Mukti Village to be an example of implementation for the development of other tourism potential from this village. The implementation of the service was at the Hafizd Nurul Quran Islamic Boarding School with participants representing students and administrators of the Hafizd Nurul Quran Islamic Boarding School, village officials and community leaders of Panca Mukti Village. The material is delivered in the workshop, through three sessions of material and practice. During the implementation, participants showed enthusiasm and desire to develop the promotion of village tourism potential through social media. This workshop has produced 5 short videos that have been disseminated through social media each with the hashtag #Wisatabengkulu #wisatabengkulutengah #PancaMukti #DesaWisata. The Short Video Making Workshop as a Village Promotion Media has increased community enthusiasm to see opportunities for promoting village potential which is increasingly facilitated through social media. In addition, the community can channel their creativity by using smartphones and social media for things that are beneficial for village promotion

 


Kata Kunci


video pendek; desa wisata; wisata religi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antara, M & Arida, S. (2015). Panduan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal. Konsorsium Riset Pariwisata Universitas Udayana Bali Agustus 2015

Mahdi, I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Artikel pada https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022 (25/2/2022).

Ramhatullah, T. (2019). Teknologi Persuasif : Aktor Penting Media Sosial dalam Mengubah Sikap dan Perilaku Pengguna. Jurnal Soshum Insentif April 2021 DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.509

Romdonny, J & Rosmadi, M LN. (2018). Peran Media Sosial dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Ikraith Ekonomika Vol 1 No 2 Bulan November 2018.

Setyowarshani, H et al. (2019). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, Special Issue Juni 2019, Hal. 19-26

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Ebook

Reina, C C., Ortiz, G., Unger, B. (2003). Organising and Running Workshop. WWF Colombia (World Wide Fund for Nature) www.wwf.org.co. Cali, Colombia. ISBN 958-95905-4-3




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.47875

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)