PENGUATAN BRANDING PRODUK AYAM DAN LELE HASIL PEMBERIAN PAKAN MAGGOT DI BUMDES SEKAR SEJAHTERA DESA SEKARAN
Abstrak
Budidaya Maggot dapat dijadikan sebagai alternatif pakan ternak ayam dan lele. Saat ini BUMDes Sekar Sejahtera telah memiliki kolam lele serta kandang ayam sebagai salah satu usaha yang dijalankan. Selama ini budidaya maggot tersebut selain dijual langsung, juga dijadikan sebagai pakan ternak ayam dan lele yang dikelola oleh pihak BUMDes. Produk ayam dan lele yang dikembangkan sebagai usaha tersebut telah siap dijual kepada masyarakat luas, namun pengurus BUMDes masih mengalami kesulitan dalam memasarkan produk tersebut. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menambah pendapatan BUMDEs melalui penguatuan branding produk ayam dan lele hasil pemberian pakan maggot agar bisa memperluas pangsa pasarnya. Metode dalam kegiatan ini yakni penyuluhan dan praktik kepada pengurus BUMDes terkait strategi branding produk melalui penggunaan media sosial. Hasil dari kegiatan ini yakni pengurus BUMDes dapat menggunakan media sosial Instagram dan Facebook sebagai strategi pemasaran produk ayam dan lele hasil pemberian pakan maggot sehingga dapat memperkenalkan produk hasil ternak tersebut kepada masyarakat luas dan diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan untuk mendapatkan laba yang maksimal.
Maggot cultivation can be used as an alternative to chicken and catfish feed. Currently the Sekar Sejahtera BUMDes has a catfish pond and chicken coop as one of the businesses it is running. So far, besides being sold directly, maggot cultivation is also used as chicken and catfish feed which is managed by the BUMDes. The chicken and catfish products developed as a business are ready to be sold to the wider community, but BUMDes officials are still having difficulties marketing these products. The purpose of this service activity is to increase BUMDEs' income through strengthening the branding of chicken and catfish products resulting from feeding maggot so that they can expand their market share. The method in this activity is counseling and practice to BUMDes management regarding product branding strategies through the use of social media. The result of this activity is that BUMDes administrators can use Instagram and Facebook social media as a marketing strategy for chicken and catfish products resulting from maggot feeding so that they can introduce these livestock products to the wider community and are expected to be able to increase sales volume to get maximum profits.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Gabler, F. 2014. Using black soldier fly for waste recycling and effective Salmonella spp. reduction. Theses. Swedish University of Agricultural Sciences, Swedish.
Kaliyamoorthy and Parithi, 2013. Brand Image ± A new marketing strategy with special reference to dindigul. Pacific Journal of Marketing & Management, Vol.2 (2), pp. 64-75.
Kotler, P., dan Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Nguyen, T.T.X., J.K. Tomberlin, dan S. Vanlaerhoven. 2015. Ability of black soldier fly (Diptera: Stratiomyidae) larvae to recycle food waste. Environ Entomol 44 (2), pp. 406- 410.doi:10.1093/ee/nvv002.
Oktaviani F, Sariwaty Y, Rahmawati D, NF.G.A, N.Ramdani.D. 2018. Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi. Jurnal Abdimas BSI: Vol. 1 No. 2 Agustus 2018, Hal. 348-354.
Pemkab Lamongan. 2022. Launching 10 Desa Berdaya, Bupati YES Targetkan 80 Desa Mandiri Tahun 2022. Diakses pada https://lamongankab.go.id/beranda/diskominfo/post/2793, diakses tanggal 11 Agustus 2023.
Puspitarini DS, Nuraeni R. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common. 2019 Aug 7;3(1):71-80.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.
Torres dan Bijmolt. 2009. Assessing Brand Image through communalities and asymmetries in brand-to-attribute and attribute-tobrand associations Research, Vol. 195 No. 2, pp. 628±640
Untari D, Fajariana DE. 2018. Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (stui deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen;2(2):271-8.
Zang Jing, chatchai pitsaphol, Rizwan Shabbir. 2014. The influence of brand awereness, Brand Image and Perceived Qualityon Brand Loyalty: A study of Oppo brand in Thailand. Journal of research business, Vol.5 No.12, pp. 10-21.
Zehir, C., Sahin, A., Kitapci, H. and Ozsahin, M. 2011. The Effects Of Brand Communication And Service Quality In Building Brand Loyalty Through Brand Trust; The Empirical Research On Global Conference, Paris-France.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.47883
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: