OPTIMALISASI PEMUKTAHIRAN DATA KEPENDUDUKAN MELALUI PROGRAM KALIMASADA DI KELURAHAN GUNUNG ANYAR TAMBAK
Abstrak
Peningkatan kepemilikan data kependudukan dapat didukung dengan adanya data kependudukan muktahir yang dapat dilaksanakan melalui program KALIMASADA. Tujuan dari program KALIMASADA ini untuk mewujudkan pemuktahiran data kependudukan sebagai upaya tercapainya tertib administrasi kependudukan. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan yaitu adanya warga yang belum tertib administrasi kependudukan, maka peserta MSIB akan melaksanakan program KALIMASADA di beberapa RT yang sudah ditunjuk sebagai RT rintisan KALIMASADA. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui pemberian sosialisasi dan konsultasi kepada Ketua RT, KSH, dan Warga secara door to door terkait pentingnya administrasi kependudukan. Kemudian melaksanakan survei kepada warga yang masuk dalam data kependudukan yang belum muktahir untuk selanjutnya dibantu pengajuan berkas administrasi kependudukan tersebut. Pelaksanaan optimalisasi pemuktahiran data kependudukan ini juga dibantu oleh Ketua RT, dimana para ketua RT memberikan informasi kepada warganya melalui group whatsapp. Hasil kegiatan KALIMASADA ini dianggap efektif dan berhasil karena banyak warga yang berpartisipasi dalam kepengurusan berkas administrasi kependudukan. Pemohon dari pengajuan berkas ini tidak hanya dari data warga yang termasuk dalam lima cakupan data kependudukan yang belum muktahir, namun warga yang lainnya juga ikut serta untuk melakukan pemuktahiran data kependudukannya. Sehingga dengan banyaknya warga yang sadar administrasi kependudukan maka dapat menciptakan tertib administrasi kependudukan dengan cepat dan efektif.
Increased ownership of population data can be supported by the availability of up-to-date population data that can be implemented through the KALIMASADA program. The purpose of the KALIMASADA program is to realize the updating of population data as an effort to achieve orderly population administration. Based on the problems found, namely the existence of residents who have not been in an orderly manner in population administration, the MSIB participants will carry out the KALIMASADA program in several RTs that have been designated as KALIMASADA pilot RTs. This service activity is carried out through the provision of outreach and consultation to the Head of the RT, KSH, and Residents door to door regarding the importance of population administration. Then carry out a survey of residents who are included in population data that is not up-to-date to then be assisted in submitting the population administration file. The implementation of optimizing the updating of population data is also assisted by the Head of the RT, where the Heads of the RT provide information to their citizens through the WhatsApp group. The results of this KALIMASADA activity are considered effective and successful because many residents participate in the management of the population administration file. The applicant for submitting this file is not only from citizen data included in the five population data scopes that are not up-to-date, but other residents also participate in updating their population data. So that with many residents who are aware of population administration, it can create an orderly population administration quickly and effectively.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggela Putri, S. N. (2022). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Dengan Program Kalimasada Melalui Aplikasi Klampid Di Kelurahan Nginden Jangkungan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1112–1117. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5396
Aulia, N. N., & Ismail, H. (2023). Implementasi Program Kalimasada Dalam Peningkatkan Tertib Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Kutisari Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(01), 182–191.
Axel Herodyon. (2023). PELAYANAN JEMPUT BOLA DALAM PEMUTAKHIRAN DATA KEPENDUDUKAN BAGI WARGA YANG TERIMBAS PERUBAHAN NAMA JALAN DI SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT. 1–10.
Baska, D. Y., & Wahyuni, E. (2023). RISIKO TINGGI PADA IBU HAMIL. 6(1), 43–49.
Di, K., Hutabalang, K., Badiri, K., & Tengah, T. (2022). SOSIALISASI DAN PELAYANAN TERTIB ADMINISTRASI Pelayanan Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk , pencatatan sipil dan pengelolaan informasi pe. 245–251.
Febyana, T. (2023). OPTIMALISASI PROGRAM KALIMASADA DENGAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA DI KELURAHAN WARUGUNUNG SURABAYA. 3(3), 1–23.
Hartati, S. (2023). Pendampingan Pemutakhiran Data Kependudukan pada E-Office Desa sebagai Upaya Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan di Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Civitas Consecratio: Journal of Community Service and Empowerment, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.33701/cc.v2i2.2729
K., N. A., & Lituhayu, D. (2017).__________ Implementasi Program Pencatatan Akta Kematian Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil. Journal of Public Policy and Management Review, 6(3), 27–39. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/16539
Pratama, W. O., & Maulana, D. (2022). Implementasi Program Pelayanan Surabaya. Seminar Nasional Patriot Mengabdi I Tahun 2021.
Septiani, I. N., & Arundinasari, I. (2023). Pelayanan Sayang Warga Dalam Upaya Meningkatkan Kepemilikan Dokumen Administrasi Kependudukan ( Di Kelurahan Sidotopo Wetan ). 2(4).
Wonorejo, K., & Rungkut, K. (2023). Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut. 3(01), 163–173.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.48259
Refbacks
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: