PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL MELALUI PEMBUATAN FOTO PRODUK UNGGULAN KELOMPOK TANI ELOK MEKARSARI SURABAYA
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada kelompok tani Elok Mekarsari Surabaya dengan tujuan membantu meningkatkan omzet mereka melalui pengenalan dan praktik pemasaran digital. Metode pelaksanaan yang dilakukan berupa workshop dan pendampingan pemasaran digital yang dilakukan di kampus maupun di lokasi mitra. Pesertanya adalah pengurus dan anggota kelompok tani yang sudah memiliki produk unggulan dan disiap dijual secara digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa workshop berhasil meningkatkan antusiasme peserta mengoperasionalkan berbagai media sosial, melakukan foto produk dan upload pada media sosial yang diinginkan. Media sosial apapun saat ini dipandang sebagai media penting dalam pemasaran produk mereka. Pemahaman tentang media sosial harus dimiliki dan tidak mengandalkan orang lain. Foto produk merupakan hal penting dalam pemasaran, bila hasil pemotretan bagus tentu dapat menarik minat pembeli dan omzet meningkat. Berbagai kegiatan yang dilakukan telah dihasilkan foto produk unggulan yang siap diunggah pada berbagai media sosial.
Community service program was carried out at Elok Mekarsari Farmers Community Surabaya to help increase their turnover through the introduction and practice of digital marketing. The implementation method used is in the form of workshops and digital marketing assistance which was carried out on campus and at partner locations. The participants are administrators and members of farmer groups who already have superior products and are ready to sell them digitally. The results of the program showed that the workshop succeeded in increasing the enthusiasm of the participants in operating various social media, taking product photos, and uploading them to the desired social media. Social media is currently seen as an important medium in marketing their products. An understanding of social media must be owned and not rely on other people. Product photos are important in marketing, if the shooting results are good, of course, it can attract buyers and increase turnover. Various activities carried out have resulted in superior product photos that are ready to be uploaded on various social media.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ausat, A. M. A., Astuti, E. S., & Wilopo, W. (2022). Analysis Of Factors That Influence On E-Commerce Adoption And Their Impacts For Sme Performance In Subang District. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 9(2), 333–346. https://doi.org/10.25126/jtiik.202295422
Awaluddin, R., & Maulana, Y. (2020). Strategi Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Produk UMKM Dan Wisata Berbasis Digital Business Di Desa Cihirup, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 01(01), 38–47. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1 p-ISSN
Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2(3), 53–60. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266
Febriyantoro, M. T., Arisandi, D., Febriyantoro, M. T., Arisandi, D., Universal, U., & Pemasaran, M. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Gantino, R., & Setiyati, R. (2021). Pembinaan Akuntansi , Pajak Dan Pemasaran. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat. https://digilib.esaunggul.ac.id/pembinaan-akuntansi-pajak-dan-pemasaran-pada-koperasi-ukm-21173.html
Hadi, S., & Supardi, S. (2020). Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic ( Covid-19 ) in Yogyakarta. Journal Of Xi An University Of Architecture & Technology, 12(April), 4. https://doi.org/10.37896/JXAT12.04/1149
Liguori, E. W., & Pittz, T. G. (2020). Journal of the International Council for Small Business Strategies for small business : Surviving and thriving in the era of COVID-19. Journal of the International Council for Small Business, 1(2), 106–110. https://doi.org/10.1080/26437015.2020.1779538
Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2(1), 188–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.45
Rahmana, A., Fauzi, M., & Suyono, A. M. (2021). Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.12128
Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199–216. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.48346
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: