PENGEMBANGAN PEMASARAN EKONOMI KREATIF MELALUI DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DI DESA CILEUNGSING KECAMATAN CIKAKAK KABUPATEN SUKABUMI

*Muhammad Tanziil Suherman, Leonita Siwiyanti

Abstrak


Penjualan produk bagi UMKM merupakan masalah klasik yang sering dihadapi bagi UMKM yang berada di perkotaan dan di pedesaan. Masalah bertambah pelik ketika UMKM tersebut masih menggunakan cara konvensional. Terkait masalah penjualan dan tidak mengikuti perkembangan menuju penjualan digital yang lebih efektif dan lebih menguntungkan bagi UMKM. Hal ini masih banyak dijumpai pada UMKM di Desa Cileungsing, Kecamatan Cikakak Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada warga dan UMKM yang terdapat di Desa Cileungsing mengenai promosi melalui media digital. Begitupula terkait media sosial dalam meningkatkaan promosi untuk keberlangsungan UMKM yang ada. Kegiatan pengabdian ini bermitra dengan Kecamatan Cikakak Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi khususnya warga desa dan UMKM yang berada di Desa Cileungsing. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan terkait digital marketing yang dilanjutkan dengan pendampingan kepada UMKM yang ada. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan warga dan pelaku UMKM di Desa Cileungsing tentang pentingnya pemasaran secara digital. Efektivitas dari pemasaran secara digital baik kegunaan serta kemudahan yang didapat serta pengoperasian platform digital yang dapat dilakukan secara mandiri oleh para pelaku UMKM.

 

Product sales for MSMEs is a classic problem that is often faced by MSMEs in urban and rural areas. The problem gets more complicated when these MSMEs still use conventional methods. Related to sales issues and not following developments towards digital sales that are more effective and more profitable for MSMEs. This is still widely found in MSMEs in Cileungsing village, Cikakak Pelabuhan Ratu District, Sukabumi Regency. The purpose of this activity is to provide knowledge to residents and MSMEs in Cileungsing village regarding promotion through digital media. Similarly, related to social media in increasing promotion for the sustainability of existing MSMEs. This service activity is in partnership with Ciadik District, Pelabuhan Ratu, Sukabumi Regency, especially villagers and MSMEs in Cileungsing village. This activity is carried out with counseling methods related to digital marketing followed by assistance to existing MSMEs. The result of this service activity is the increasing knowledge of residents and MSME actors in Cileungsing Village about the importance of digital marketing. The effectiveness of digital marketing both the usability and convenience obtained as well as the operation of digital platforms that can be done independently by MSMEs actors.


Kata Kunci


Digital Marketing; Manajemen Pemasaran; UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asep Muhamad Ramdan, Siwiyanti, L., Komariah, K., & Saribanon, E. (2023). Manajemen Pemasaran. Haura Utama.

Hanim, L. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. In Hak cipta dilindungi Undang-undang All Rights Reserved.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Kholis, A., Lubis, S., & Puddin, K. (2020). Penguatan Dan Perluasan Pemasaran Pelaku Umkm Terdampak Covid-19 Di Kecamatan Medan. Virtual Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIMED, November, 69–72. http://digilib.unimed.ac.id/41306/lppm.unimed.ac.id

Kosasi, S. (2014). Pro s id in g SNATIF Ke-1 Ta hun 2 01 4. Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsapasar, 225–232.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT Indeks.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Ramdan, A. M., & Siwiyanti, L. (2022). Pendampingan UMKM Terdampak Covid 19 Guna Meningkatkan Perekonomian Daerah Di Kota Sukabumi. Martabe, 5(3), 926–934. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/5804

Ramdan, A. M., Siwiyanti, L., Pertala, E. C., Anggraini, N., & Jhoansyah, D. (2022). Model Pendampingan Peningkatan Kinerja Pemasaran Kelompok Sadar Wisata Desa Kebonmanggu Kabupaten Sukabumi. In Academics in Action Journal (Vol. 4, Issue 1).

Rarnadhani, Y. C., Subardjo, A., Manajemen, P. S., & Ekonomi, F. (2022). Pelatihan Inovasi Marketplace Bagi UMKM. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1572–1577. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6/11448

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534

Sibarani, S. A. B., Munthe, A., & Irviantina, S. (2022). Pemanfaatan Teknologi informasi Guna Meningkatkan Pemasaran Produk Masyarakat Di Kampung Nelayan Sebrang Medan Belawan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 309. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37100

Siwiyanti, L., Ramdan, A. M., Komariah, K., & Nurmillah, R. (2023). Pendampingan Pemasaran UMKM Sukabumi Melalui Aplikasi Warung Digital. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2).

Wanawir Satriadi, E Hendrayani, L. S. (2022). Manajemen Pemasaran. Samudera Biru.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.49963

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)