PENERAPAN STRATEGI INOVASI ADAPTIF PASCA COVID-19 PADA UMKM BATIK RINDANI KOTA JAMBI
Abstrak
Batik Rindani is one of the businesses engaged in the manufacture and sale of Jambi Batik that has been impacted by the Covid-19 pandemic. Sustainable innovation is needed by business actors and Jambi Batik craftsmen. The purpose of this service activity is to provide knowledge about adaptive innovation strategies after Covid-19. The method used was presentation and discussion between the owner of Batik Rindani and the community service team. The results of the community service activities that have been carried out by the team at UMKM Batik Rindani are the addition of knowledge for the owner to innovate both in terms of products and in terms of sales, namely by utilizing social media in promoting and receiving online orders. Product innovation has also been carried out by Batik Rindani not by creating new motifs but also by making jackets, bags, sandals, jeans, and t-shirts with Jambi Batik motifs. The innovation offered by the team is the making of cellphone cases with Jambi Batik motifs.
Batik Rindani merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan Batik Jambi, yang tidak terlepas dari dampak pandemik Covid-19. Inovasi berkelanjutan sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha dan pengrajin Batik Jambi. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan mengenai strategi inovasi adaptif pasca Covid-19. Metode yang digunakan adalah pemaparan dan diskusi antara pemilik Batik Rindani dan tim pengabdian. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah penambahan pengetahuan bagi pemilik UMKM untuk berinovasi, baik dari sisi produk maupun dari sisi penjualannya. Dengan memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan dan menerima pemesanan secara online. Inovasi produk juga telah dilakukan oleh Batik Rindani tidak dengan membuat motif baru, tetapi juga dengan membuat jaket, tas, sandal, jeans, dan kaos yang bermotif Batik Jambi. Inovasi yang ditawarkan tim adalah pembuatan casing HP bermotif Batik Jambi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, F., Riyanti, M. T., Wardoyo, B. T., Hidayah, N., & Sobandi, B. (2021). Inovasi UKM Batik di Masa Pandemi ( Studi Kasus : Rumah Batik Komar , Bandung ). Kementrian Perindustrian Dan Perdagangan Republik Indonesia, 1–14.
BPS Provinsi Jambi. (2022). Provinsi Jambi dalam Angka 2022. Retrieved from https://jambi.bps.go.id/id
Khomah, I., Harisudin, M., Nurhidayati, I., Riptanti, E. W., & Qonita, R. R. A. (2023). Peningkatan Daya Saing UKM Melalui Inovasi Olahan Bandeng Presto. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 211. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.42460
Kohli, S., Timelin, B., Fabius, V., & Veranen, S. M. (2020). How COVID-19 is changing consumer behavior – now and forever COVID-19 is changing how consumers behave across all spheres of life.
Larios-Gomez, E., Fisher, L., Penalosa, M., & Ortega-Vivanco, M. (2021). Purchase behavior in COVID-19 : A cross-study in Mexico, Colombia, and Ecuador. Heliyon Elsevier Ltd, 7(March). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06468
Nengsih, T. A., Minarsi, A., & Ismail, M. (2021). Unggul Bersaing Batik Jambi: Studi Batik Berkah Jambi. Jurnal Manajemen Dan Sains, 6(2), 506–510. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.290
Rowley, J. (2011). Towards an innovation-type mapping tool. May 2014. https://doi.org/10.1108/00251741111094446
Sunarya, F. (2023, Januari 8). Sang Perintis Bangkitnya Industri Batik Kerinci. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com
Surat Edaran Walikota Jambi No 09/EDR/HKU/2022 Tentang Pemakaian Batik Khas Daerah Kota Jambi oleh Instansi dan Organisasi dalam Kota Jambi
Tialonawarmi, F., & Olimsar, F. (2022). Pelatihan Aspek Marketing MIX untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Rumarisa Segar Jelly di Kota Jambi. 4(2).
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i3.50601
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















