KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI MALANG DENGAN PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA (PPI) TAIPEI DALAM PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK BURUH MIGRAN DI TAIWAN

Aripriharta Aripriharta, Aji Prasetya Wibawa, Muhammad Rizal Andriansyah, Ahmad Munjin Nasih, Ayu Purwatiningsih, Ilham Faidzin, Muhammad Cahyo Bagaskoro

Abstrak


The collaboration between PPI Taipei and UM aims to equip migrant workers in Taiwan with digital marketing skills that are essential in the global era. The challenges of fierce competition in the job market demand an understanding of business technology. However, limited access and resources are obstacles for them to acquire these skills. To address this, "Smart Apps" was created specifically to help migrant workers and Muslim students in Taiwan. The main objective of this activity is to provide quality digital marketing training for migrant workers in Taiwan through the "Smart Apps" application. It is hoped that an understanding of digital marketing strategies will provide independence to migrant workers in finding job opportunities and making a positive contribution to Taiwan's economy. This overseas service activity is designed using an implementative method, starting from the design and implementation of applications in Taipei city. Random participation from PPI Taipei students, migrant workers, and travelers will be involved in the training and application development process.

Kolaborasi antara Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taipei dan Universitas Negeri Malang (UM) bertujuan membekali buruh migran di Taiwan dengan keterampilan digital marketing yang penting dalam era global. Tantangan persaingan ketat di pasar kerja menuntut pemahaman akan teknologi bisnis. Namun, keterbatasan akses dan sumber daya menjadi hambatan bagi mereka dalam memperoleh keterampilan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, diciptakan aplikasi "Smart Apps" yang secara khusus ditujukan untuk membantu buruh migran dan pelajar Muslim di Taiwan. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pelatihan digital marketing yang berkualitas bagi buruh migran di Taiwan melalui aplikasi "Smart Apps". Diharapkan, pemahaman tentang strategi digital marketing akan memberikan kemandirian kepada para buruh migran dalam mencari peluang kerja serta memberi kontribusi positif pada ekonomi Taiwan. Kegiatan pengabdian luar negeri ini dirancang menggunakan metode implementatif, dimulai dari perancangan dan implementasi aplikasi di kota Taipei. Partisipasi secara acak dari pelajar PPI Taipei, buruh migran, dan pelancong akan terlibat dalam proses pelatihan dan pengembangan aplikasi. Berdasarkan hasil pengabdian, program pelatihan digital marketing untuk buruh migran Indonesia di Taiwan yang diselenggarakan melalui kolaborasi antara Universitas Negeri Malang dan PPI Taipei berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pemasaran digital, mengembangkan aplikasi "Smart Apps" untuk membantu mencari informasi restoran halal, serta menunjukkan sinergi positif antara universitas dan organisasi mahasiswa dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat.


Kata Kunci


Buruh migran; digital marketing; keterampilan; smart apps; pelatihan aplikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Deng, J. B., Wahyuni, H. I., & Yulianto, V. I. (2020). Labor migration from Southeast Asia to Taiwan: issues, public responses and future development. Asian Education and Development Studies, 10(1), 69–81. https://doi.org/10.1108/aeds-02-2019-0043

Nugroho, R. A. (2022). Strategi Peningkatan Keamanan Taiwan dalam Menghadapi China. Jurnal Ilmu Hubungan Internasional LINO - Universitas Sulawesi Barat. https://doi.org/10.31605/lino.v2i1.1243

Ilham. (2017, May 16). Muslim Minoritas di Taiwan Berjuang untuk Tetap Bertahan. Republika Online. https://khazanah.republika.co.id/berita/oq1zym361/muslim-minoritas-di-taiwan-berjuang-untuk-tetap-bertahan

Jumlah Mahasiswa Asing Terus Meningkat, NDC Dorong Perekrutan SDM Bertalenta. (n.d.). Taiwan Today. https://id.taiwantoday.tw/news.php?unit=465&post=185555

Djumena, E. (2019, January 13). Naik 10,88 Persen, Pekerja Asing Selama 2018 Didominasi dari China Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.com. https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/14/061100626/naik-10-88-persen-pekerja-asing-selama-2018-didominasi-dari-china?page=all#google_vignette

Busro, M. (2018). Strategy Increasing Entrepreneurship Interest to Post Migrant Workers through Training and Giving of Capital. International Research Journal of Business Studies, 10(3), 147–158. https://doi.org/10.21632/irjbs.10.3.147-158

Cheriatna. (2019). Laris Manis Bisnis Wisata Halal. Gema Insani Press, 42(1), 107–110.

Lan, P. C. (2022). Contested skills and constrained mobilities: migrant carework skill regimes in Taiwan and Japan. Comparative Migration Studies, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40878-022-00311-2

Rahman, F. F., Hamka, & Lin, K. H. (2020). The psychological well-being of newly-arrived Indonesian students in taiwan. Journal of International Students, 10(Special Issue 3), 44–57. https://doi.org/10.32674/jis.v10is(2).2713

Akim, A., Konety, N., Purnama, C., & Adilla, M. H. (2019). PEMAHAMAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI JATINANGOR TERHADAP KEWAJIBAN SERTIFIKASI HALAL PADA PRODUK MAKANAN. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i1.19258

Auliarahman, L., Adhihendra, B. G., Mayasari, D., Ayuninggar, L., Farahdiba, D., Hirianto, R. F. A., & Candra, M. D. (2023). CONTENT MARKETING SEBAGAI STRATEGI RESILIENSI UMKM BATIK LAWEYAN SURAKARTA MENGHADAPI TANTANGAN SOCIETY 5.0. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 245. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.42507

Senorita, Z. (2023, Agustus 4). Berkat Beasiswa, Jumlah Pelajar Indonesia ke Taiwan Bertambah. Retrieved from Investor.id: https://investor.id/lifestyle/337181/berkat-beasiswa-jumlah-pelajar-indonesia-ke-taiwan-bertambah

Siwiyanti, L., Ramdan, A. M., Komariah, K., Asriyanik, A., & Nurmillah, R. (2023). PENDAMPINGAN PEMASARAN UMKM SUKABUMI MELALUI APLIKASI WARUNG DIGITAL. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 353. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.45323




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i3.51062

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)