EDUKASI “MENARCHE” SEBAGAI ANTICIPATORY GUIDANCE PADA ANAK DENGAN EARLY ADOLESCENCE

Fika Nur Indriasari, Prima Daniyati Kusuma

Abstrak


Lack of knowledge about menarche and how young girls handle it, can lead to various problems. Self-development programs can provide anticipatory guidance for children in early adolescence to become independent individuals. One of them is self-care skills such as using and changing sanitary napkins during menstruation. The limited sources of information about reproductive health that are appropriate for adolescents and the absence of reproductive health material in the school curriculum make it urgent to provide education to children. The aim of this activity is to provide education to children in early adolescence about menstruation and simulate pre-menstrual skills. The methods used are interactive lectures and simulations. The location of the activity is SDN Tegalrejo 1, Yogyakarta. The results of this activity showed that there was an increase in pre-menstrual knowledge and skills by 31.4%, which was in the very good category. The conclusion of this activity is that education using interactive lecture methods and simulations is effective in increasing pre-menstrual knowledge and skills in children in early adolescence.

Kurangnya pengetahuan mengenai Menarche (menstruasi pertama kali pada perempuan) dan cara penanganannya pada anak perempuan dapat memicu munculnya berbagai masalah. Program pengembangan diri dapat menjadi anticipatory guidance pada anak dengan early adolescence untuk menjadi individu yang mandiri. Salah satunya adalah keterampilan mengurus diri seperti menggunakan dan mengganti pembalut saat menstruasi. Terbatasnya sumber informasi tentang kesehatan reproduksi yang sesuai dengan usia remaja, serta belum ada materi kesehatan reproduksi pada kurikulum sekolah menjadi urgensi untuk memberikan edukasi pada anak. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan edukasi pada anak dengan early adolescence tentang menstruasi dan simulasi keterampilan pramenstruasi. Metode yang digunakan adalah ceramah interaktif dan simulasi. Lokasi kegiatan di SDN Tegalrejo 1 Yogyakarta. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan pramenstruasi sebesar 31,4% dan berada dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah edukasi dengan menggunakan metode ceramah interaktif dan simulasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pramenstruasi pada anak dengan early adolescence.


Kata Kunci


Anticipatory guidance; early adolescence; edukasi; Menarche

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M. (2010). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Belayneh, Z., & Mekuriaw, B. (2019). Knowledge and menstrual hygiene practice among adolescent school girls in southern Ethiopia: A cross-sectional study. BMC Public Health, 19(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12889-019-7973-9

Benshaul-tolonen, A., Aguilar-gomez, S., Batzer, N. H., Cai, R., & Charles, E. N. (2020). Period teasing , stigma and knowledge : A survey of adolescent boys and girls in Northern Tanzania. PLoS ONE, 15(10), 1–21. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0239914

Castilho, S. D., & Nucci, L. B. (2015). Age at menarche in schoolgirls with and without excess weight. Jornal de Pediatria (Versão Em Português), 91(1), 75–80. https://doi.org/10.1016/j.jpedp.2014.05.012

Chandra-Mouli, V., & Patel, S. V. (2017). Mapping the knowledge and understanding of menarche, menstrual hygiene and menstrual health among adolescent girls in low- and middle-income countries. Reproductive Health, 14(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s12978-017-0293-6

Chulani, V. L., & Gordon, L. P. (2014). Adolescent Growth and Development. Primary Care Clinics in Office Practice, 41(3), 465–487. https://doi.org/10.1016/j.pop.2014.05.002

Coast, E., Lattof, S. R., & Strong, J. (2019). Puberty and menstruation knowledge among young adolescents in low- and middle-income countries: a scoping review. International Journal of Public Health, 64(2), 293–304. https://doi.org/10.1007/s00038-019-01209-0

Goni, G., Rattu, J. A. M., Malonda, N. S. H., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2019). Pengetahuan Pelajar Tentang Gizi Seimbang Di Sekolah Dasar Kecamatan Tompaso. Jurnal KESMAS, 8(7), 328–335.

Hosseini, S. A., & Padhy, R. K. (2022). Body Image Distortion. StatPearls Publishing LLC.

Indriasari, F. N. (2016). Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Anak Di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(3), 1–7. https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.3.700

Indriasari, F. N. (2023). Teknik Shaping Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan ADL ( Activity Daily Living ): Menggosok Gigi Pada Anak Dengan Tuna Grahita. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Medan, 29(2), 217–222. https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i2

Kemendikbud. (2017). Panduan Manajemen Kebersihan Menstruasi bagi Guru dan Orang tua. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Lestari, M. (2017). Peningkatan Ketrampilan Pra Menstruasi Melalui Metode Latihan Untuk Anak Autis di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta (Issue April). Fakultas Ilmi Pendidikan, universitas Negeri Yogyakarta.

Merdekawati, D., Astuti, A., & Puspita, M. (2022). Penggunaan drill method dalam perilaku hidup bersih dan sehat sebagai pencegahan COVID-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(36), 331–342. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14617

Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan (1st ed.). Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga (AUP).

Puspitasari, R. D., Utama, W. T., Anggraini, D. I., & Aditya, M. (2015). Penyuluhan dan Simulasi Menjaga Kebersihan Alat Kelamin Luar Wanita Di SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Abstrak, 1(1), 30–32. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/JPM/article/view/1142

Rosdiana. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Listening. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 331–335. https://repository.bbg.ac.id/handle/710

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenadamedia Group.

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sychareun, V., Chaleunvong, K., Essink, D. R., Phommavongsa, P., & Durham, J. (2020). Menstruation practice among school and out-of-school adolescent girls, Lao PDR. Global Health Action, 13(sup2), 38–48. https://doi.org/10.1080/16549716.2020.1785170

Widya, F., Handayani, P., Yuanda, F., Mursyid, P. A., Nur, S., & Ahmad, Z. G. (2022). Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode Ceramah Disertai Alat Peraga pada Murid Sekolah Dasar Sebagai Fasiliator. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i3.51127

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)