PELATIHAN PEMANFAATAN WHATSAPP BUSINESS DALAM PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN KERTAJATI
Abstrak
The realization of public services that are fast, easy, and accessible from anywhere is a concern for the village government as the institution closest to the community. The aim of this community service is to provide skills for service providers in villages through training in the use of WhatsApp Business in Kertajati District. To achieve this goal, this service activity is carried out using the introduction and training method through the pre-implementation, implementation, and post-implementation stages. This activity was attended by 42 people who were representatives from 14 villages in Kertajati District including village officials, BPD representatives, neighborhood chairman and representatives of Kertajati District employees. The results of community service show that there has been an increase in the participants' understanding and skills through training on the use of WhatsApp Business in services to village communities in Kertajati District. This can be seen from measuring the average pre-test and post-test scores of the participants through surveys. In the future, there is a need to increase the capacity of village officials in a planned and sustainable manner in realizing the expected public services. Apart from also providing village facilities to optimize the implementation of services in the village.
Perwujudan pelayanan publik yang cepat, mudah, dan dapat diakses dari manapun menjadi perhatian bagi pemerintah desa sebagai institusi yang paling dekat dengan masyarakat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan keterampilan bagi penyelenggara pelayanan di desa melalui pelatihan pemanfaatan WhatsApp Business di Kecamatan Kertajati. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pengenalan dan pelatihan melalui tahap pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan. Kegiatan ini diikuti sebanyak 42 orang yang merupakan perwakilan dari 14 desa di Kecamatan Kertajati meliputi aparat desa, perwakilan BPD, kepala dusun dan perwakilan pegawai Kecamatan Kertajati. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan para peserta melalui pelatihan pemanfaatan WhatsApp Business dalam pelayanan kepada masyarakat desa di Kecamatan Kertajati. Hal ini terlihat dari pengukuran nilai rata-rata pre-test dan post-test para peserta melalui survei. Ke depan, perlu adanya peningkatan kapasitas bagi aparatur desa yang terencana dan berkelanjutan dalam mewujudkan pelayanan publik yang diharapkan. Selain juga penyediaan sarana dan fasilitas desa untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pelayanan di desa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, M. A. F., & Fathihani, F. (2021). Memanfaatkan Whatsapp Business Sebagai Sarana Penunjang Digital Marketing Umkm Di Tengah Pandemik Covid-19 Di Kelurahan Tanjung Duren. Andhara, 1(2), 28–35.
Andriani, J., Hanny, R., Manik, C. D., Tua, R. B. M., & Amirudin, A. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha Aspek Pemasaran Melalui E-Commerce Pada Anggota UMKM Catering Tangerang Selatan (UCTS). SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 199–209.
Arief, A., & Abbas, M. Y. (2021). Kajian Literatur (Systematic Literature Review): Kendala Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). PROtek: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 8(1), 1–6.
Asogwa, B. E. (2013). Electronic government as a paradigm shift for efficient public services: Opportunities and challenges for Nigerian government. Library Hi Tech, 31(1), 141–159.
Capano, G., & Howlett, M. (2020). A modern guide to public policy. Edward Elgar Publishing.
Cernakova, V. (2015). ICT and Innovation in the Provision of Public Services : The Case of Slovakia. Information Technology for Development, 21(3), 365–380.
Diskominfo. (2022). Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Opendata.Jabarprov.Go.Id. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/indeks-sistem-pemerintahan-berbasis-elektronik-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat
Elisya, S. A., & Lucia Kharisma, I. (2023). Pembuatan sistem informasi arsip surat berbasis website (studi kasus : kelurahan sriwidari). Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 4(1), 136–145. https://doi.org/10.37859/coscitech.v4i1.4527
Handayani, I., Haryanti, P., Septiana, A. T., Sulistyo, S. B., Etnanta, Y. C., & Setiyawan, A. (2022). Pelatihan Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Digital Marketing Bagi Umkm Di Purbalingga. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 152–164.
Kementerian PAN dan RB. (2022). Paparan Jelang Pemantauan dan Evaluasi SPBE 2022.
Knill, C., & Tosun, J. (2012). Public policy: A new introduction. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1017/s0197901900000453
Knill, C., & Tosun, J. (2020). Public policy: A new introduction. Bloomsbury Publishing.
Latifah, N., Kusumawati, I., Widagdo, T., Yumadhi, R., & Efendi, H. (2022). Edukasi Penggunaan dan Manfaat Whatsapp Business Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Rumah Kesadaran dan IPEMI. Jurnal Padma, 2(1), 76–79.
Lawan, A. M., Ramli, R. M., & Razali, S. Z. (2019). Analyzing the impact of information and communication technology (ICT) on restructuring of public service in Nigeria. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 9), 709–711. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1147.0982S919
Li, J. (2016). Quest for world-class teacher education? Springer.
Marthalina, M., & Sulistyaningrum, D. A. (2021). Sosialisasi Gerakan “Mas AL” dalam Pelayanan Publik Saat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Bintoro, Demak. Civitas Consecratio: Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 29–41.
Meričková, B. M., & Muthová, N. J. (2021). Innovative concept of providing local public services based on ict. NISPAcee Journal of Public Administration and Policy, 14(1), 135–167. https://doi.org/10.2478/nispa-2021-0006
Nurastuti, W., & Amrullah, Y. A. (2023). Pelatihan WA Bisnis dan Foto Produk Bagi Balai Penyuluhan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Bersahaja di Kota Yogyakarta. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 77–84.
Nurrahman, A., Wirna, V., & Samosir, G. (2023). Sosialisasi Pembuatan Surat Melalui Layanan WAKEPO yang Terintegrasi dengan e-Office Desa di Desa Ranggon. Civitas Consecratio, 3(1).
Permatasari, I. R., Arjo, T. R., Permanasari, K. I., & Sinatrya, J. O. (2022). Pelatihan Pemanfaatan WA Bisnis Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat di Desa Duwet. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-ABDIMAS), 9(2), 125–131.
Peters, B. G. (2021). Advanced introduction to public policy. Edward Elgar Publishing.
Peters, B. G., & Fontaine, G. (2022). Research handbook of policy design. Edward Elgar Publishing.
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1314
Setyawatiningsih, S. C., Pangabean, A. P., Al Mufid, M. Z., Hanifah, N. A., Fitri, S. N. A. S., & Dasih, T. A. A. (2022). Layanan Masyarakat Administrasi Desa Berbasis Digital Melalui Media Whatsapp Di Desa Seminai. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(2), 174–180.
Sunarsiyani, F. E. (2022). Inovasi Penggunaan Media Sosial “Wa” Bisnis (Pelayanan Kantor Desa Wonojati). Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 4(1), 81–100.
Utami, K. A. D., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, A. A. N. E. S. (2023). Peningkatan daya saing umkm kuliner di Desa Adat Panjer melalui pengembangan media pemasaran berbasis digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.38458
Wahyudi, M. I., & Ilham, T. (2021). Media Sosial untuk Penguatan Fungsi Pelayanan. CIVITAS CONSECRATIO: Journal of Community Service and Empowerment, 1(2), 85–98.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148.
Whatsapp. (2023). About WhatsApp Business. Faq.Whastapp.Com. https://faq.whatsapp.com/641572844337957
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i3.53691
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
 














21.png) 
  
 

 
  
  
 

 
 

 
  
 