PEMBERDAYAAN PENDIDIK DI TANGERANG SELATAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN QUIZ KAHOOT! DENGAN DUKUNGAN BARD
Abstrak
Kemampuan menyajikan suasana belajar interaktif merupakan hal penting bagi para pendidik dalam memfasilitasi pembelajaran yang efektif. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah pembuatan kuis Kahoot! dengan bantuan Bard. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan bagi para pendidik dalam pembuatan kuis Kahoot! berbantuan Bard. Metode yang digunakan melibatkan ceramah, demonstrasi, dan praktik secara luring dengan dukungan fasilitator. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menciptakan suasana belajar yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui pembuatan kuis Kahoot! berbantuan Bard. Meskipun demikian, kendala seperti ketidakstabilan sinyal internet dan batas karakter dalam soal Kahoot! juga diidentifikasi. Solusi untuk mengatasi kendala ini melibatkan integrasi teknologi yang lebih efektif dalam pembelajaran, meningkatkan keterlibatan peserta didik, dan memfasilitasi pemahaman konten yang lebih baik. Rekomendasi untuk kegiatan pengabdian mendatang meliputi eksplorasi penggunaan platform pembelajaran berbasis game lainnya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfansyur, A. (2019). PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT “KAHOOT” DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Kajian Teori Dan Praktik PKn, 6(2), 208–216.
Annas, A. N., Wijayanto, G., Cahyono, D., Safar, Muh., & Ilham, I. (2024). Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Intelligences (AI). Journal of Human And Education, 4(1), 332.
Arif Wicagsono, M. (2022). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Surakarta. Jurnal PAKAR Pendidikan, 20(2), 50–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pakar.v20i2.252
Aswita, D. (2015). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru Biologi dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Materi Ekosistem. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 3(1), 63–68.
Atherton, P. (2018). ATHERTON: MORE THAN JUST A QUIZ-HOW KAHOOT! CAN HELP TRAINEE TEACHERS UNDERSTAND THE LEARNING PROCESS. In Cumbria (Vol. 10, Issue 2).
Aydın, Ö. (2023). Google Bard Generated Literature Review: Metaverse. Journal of AI, 7(1), 1–14.
Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). ASESMEN DIAGNOSTIK SEBAGAI PENILAIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202
Badlishah, S., & Abdul Majid, A. H. (2015). Collaborative Learning via Sharing Session towards Achieving Training Effectiveness in Negotiation Education. Journal of Business and Social Review in Emerging Economies, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.26710/jbsee.v1i2.8
Baszuk, P. A., & Heath, M. L. (2020). Using Kahoot! to increase exam scores and engagement. Journal of Education for Business, 95(8), 548–552. https://doi.org/10.1080/08832323.2019.1707752
Herman, Silalahi, D. E., & Kristina Sinaga, Y. (2023). Collaborative Teacher and Students Sebagai Realisasi Pembelajaran Inovatif. Journal of Community Engagement, 4(1), 267–272.
Husin, M. Z. M., & Azmuddin, R. A. (2022). Learner Engagement in Using Kahoot! within a University English Proficiency Course. Educational Process: International Journal, 11(2), 167–180. https://doi.org/10.22521/edupij.2022.112.9
Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning di KKG Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 59–64. http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Irwan, Irwan, Z. F. L., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95.
Kishore, K., Jaswal, V., Kulkarni, V., & De, D. (2021). Practical Guidelines to Develop and Evaluate a Questionnaire. Indian Dermatology Online Journal, 12(2), 266–275. https://doi.org/10.4103/idoj.IDOJ_674_20
Mustami, M. K. (2015). Model SM2CL untuk Pembelajaran Biologi yang Inovatif. Jurnal Biotek, 3(1).
Namira Aulia, R., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). PERANAN PENTING EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal BELAINDIKA, 01(01), 1–9.
Oviyanti, F. (2013). Tantangan Perkembangan Pendidikan Keguruan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21–34. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik
Rofiyarti, F. (2017). Implementasi Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Prancis pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK DKI Jakarta. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 72–77.
Sausan, I., Jamaludin, Kartika, E. F. R., Suciana, D., & Wijayanti, S. W. (2023). Exploring Chemistry Teacher’s TPCK in Rasch Model: A Point of View from Difference of Teaching Stage, Gender, and Ages. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 7935–7943. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.4297
Silalahi, D. E., & Kristina Sinaga, Y. (2022). Collaborative Teacher and Students Sebagai Realisasi Pembelajaran Inovatif.
Silalahi, D. E., Sihombing, P. S. R., Herman, & Purba, L. (2021). High Order Thinking Skill (HOTS) Questions on Learners’ Writing Ability of Report Text at EFL of FKIP Universitas HKBP Nommensen. . Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 17–32.
Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Septi Nur Afifah, D., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, 15(1).
Syofyan, H., & Ismail, D. (2018). Pembelajaran Inovatif dan Interaktif dalam Pembelajaran IPA Innovative and Interactive In Science Learning. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 65–74.
Warsihna, J., & Ramdani, Z. (2020). SIGNIFIKANSI KAHOOT!: INTERAKSI MANUSIA DAN MESIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 154. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p154--167
Widya, A., Pendidikan Dasar FAKULTAS DHARMA ACARYA, J., & Dewa Gede Purwitha SMP Negeri, O. (2020). Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Pembelajaran Inovatif Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar, 5. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Zoebaidha, S. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PREZI DAN KAHOOT SERTA PEMBERIAN REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 213. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p213--233
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.53955
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















