PENGUATAN KOMPETITIVITAS UMKM KULINER DI DESA BANGUNREJO, PONOROGO MELALUI PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMASARAN DIGITAL

Aryyo Widagdho, May Shinta Retnowati, Muhammad Shidqi Masyail, Ardena Afif Pratama

Abstrak


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi media pemasaran digital dalam memperkuat kompetitivitas UMKM kuliner di Desa Bangunrejo, Ponorogo. Metode kegiatan terdiri dari 3  kegiatan antara lain; pertama,pelaksanaan sosialisasi dengan teknis observasi masalah dan melakukan wawancara, kedua, pendampingan digital marketing yang terdiri dari kegiatan pembuatan akun Instagram, pelatihan dalam mengunggah konten ke Instagram, dan ketiga, monitoring aktivitas, dan evaluasi hasil. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa masih terdapat minimnya pemanfaatan media digital marketing untuk alat promosi oleh UMKM kuliner Desa Bangunrejo. Namun, dengan penerapan strategi pemasaran digital melalui Instagram, terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM kuliner. Kegiatan pengabdian ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan visibilitas dan pengenalan merek UMKM kuliner di media sosial, terbukti dari peningkatan penjualan sebesar 10%. Diharapkan penggunaan media digital dapat terus ditingkatkan sebagai bagian integral dari strategi pemasaran UMKM kuliner, sehingga dapat berdampak baik dan memberikan kontribusi positif bagi sektor peningkatan ekonomi lokal

Kata Kunci


Pendampingan; Pemasaran Digital; UMKM kuliner

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief, M. H., Ramadhany, E. D., Wirayudha, A. F., & Arifin, I. F. (2023). Implementasi Digital Marketing Melalui Periklanan Media Sosial Untuk Mendukung Visibilitas Produk Umkm. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7381–7389.

Basuki, A., & Cahyani, A. D. (2022). Digital Marketing. Media Nusa Creative (Mnc Publishing.

Musmini, L. S. (2013). Sistem Informasi Akuntansi Untuk Menunjang Pemberdayaan Pengelolaan Usaha Kecil" (Studi Kasus Pada Rumah Makan Taliwang Singaraja. Vokasi: Jurnal Riset Akuntansi, 2(1).

Retnowati, M. S. (2023). Optimization Of Qris Virtual Payment Tools As A Supporter Of The Islamic Economy For Muslim Msmes Go Digital. Jasie, 2(1). https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/JASIE/article/view/8417

Retnowati, M. S., Rahmania, A., & Noor, M. I. N. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Desa Prayungan Pada Pasar Digital (E-commerce). 8.

Rokhaniyah, H., Retnowati, M. S., & Ardiyanti, D. (2024). Pemanfaatan Marketplace E-Commerce untuk Pelaku UMKM Keripik Tahu Desa Gentong, Ngawi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30591/japhb.v7i1.6112

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182.

Turangan, J. A. (2023). Pendampingan Pembukuan Umkm Warung Pingkal, Jakarta Pusat. Jurnal Serina Abdimas, 1(1), 8–13.

Widagdo, A. (2024). Observasi Mitra Pengabdian.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.54186

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)