OPTIMALISASI SERTIFIKASI HALAL UMKM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN
Abstrak
The purpose of this activity is to provide assistance in the process of applying for halal certificates and to find out how it impacts sales. The method of implementing this activity is to assist 13 MSMEs assisted by Primkoppol Palabuhanratu Police Station, Sukabumi Regency, with 10 MSMEs assisting in submitting halal certificates and 3 MSMEs assisting in strategies to increase sales. The partners in this mentoring activity are MSMEs assisted by Primkoppol Palabuhanratu Police Station, Sukabumi Regency. The evaluation is seen from the amount submitted at the stage of the halal certification process to the ptsp.halal.go.id account, and the increase in daily sales for those who already have a halal certificate. The results of this activity are that of the 10 MSMEs submitted to the halal certificate process, only 9 MSMEs can be processed, while 1 MSME cannot proceed to the halal certificate submission stage due to the unclear information listed in the NIB. The results of increasing sales for MSMEs that already have certificates on average are 72.22%.
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendampingan proses pengajuan sertifikat halal dan untuk mengetahui bagaimana dampaknya terhadap penjualan. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah melakukan pendampingan kepada 13 UMKM Binaan Primkoppol Polres Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, dengan 10 UMKM pendampingan pengajuan sertifikat halal dan 3 UMKM pendampingan strategi meningkatkan penjualan. Mitra dalam kegiatan pendampingan ini adalah UMKM Binaan Primkoppol Polres Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Evaluasi capain dilihat dari jumlah yang diajukan pada tahap proses sertifikasi halal ke akun ptsp.halal.go.id, dan peningkatan penjualan harian bagi yang telah memiliki sertifikat halal. Hasil capaian kegiatan ini adalah dari 10 UMKM yang diajukan ke proses sertifikat halal hanya 9 UMKM yang dapat diproses, sedangkan 1 UMKM tidak dapat dilanjutkan ke tahap pengajuan sertifikat halal disebabkan oleh informasi yang tercantum pada NIB kurang jelas. Dan hasil peningkatan penjualan bagi UMKM yang telah memiliki sertifikat rata-ratanya adalah 72,22%.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alhidayatullah, A. (2023). Optimalisasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha dan Sertifikat Halal bagi UMKM. Jurnal Abdimas Sang Buana, 4(2), 55–61. https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i2.2800
Amal, M. K., Alhidayatullah, A., & Lestari, N. A. (2023). Optimasi Aspek Legal Sertifikasi Halal UMKM. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(5), 5079–5086. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17436
Azaria, A., Loqman, & Fauziah, S. (2023). Strategi Pengembangan Pasar Ekspor Bagi UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 77–82.
Esfandiari, F., & Al-Fatih, S. (2022). Optimalisasi Regulasi Jaminan Produk Halal & Sertifikasi Halal LPPOM MUI untuk Produk Minuman Herbal. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 137–148. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.11759
Ilham, B. U. (2022). Pendampingan Sertifikasi Halal Self Declare pada Usaha Mikro dan Kecil Binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu Sulawesi Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(1), 20. https://doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1753
Kurniawan, A., & Kusumawardhani, A. (2017). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Kinerja UMKM Batik di Pekalongan. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 6(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Manovri Yeni, O., Dama Yanti, I., & Susanti, S. (2021). Kegiatan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Singgle Submission (OSS) Bagi Anggota Koperasi Permaisuri Mandiri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 176–188. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Nur Rahma Budiarto, F., Sandra Amelia, K., Arindawati, S., Kumala Mawardhany, S., Amalia Putri Belangi, H., Wardhani Mas, K., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. Karya Unggul: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–124.
Rachman, A., Sunardi, S., Simatupang, A. D. R., Tidjani, S., & Azwar, M. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal Dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Bagi Pelaku UMKM Kedu Emas Tangerang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/japi.v8i1.4558
Salsabilah, S. K., Handayani, D., Melati, R., Purbaningrum, R., Prayabina, R., Harefa, S., Widyastuti, R., Eryanto, N. S., & Aminullah, A. (2022). Pendampingan Sistem Jaminan Produk Halal Mekanisme Self Declare Dan Pembuatan Label Kemasan Pada UMKM Kanara (Karipik Singkong Ibu Nara). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.6506
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global (Vol. 2, Issue 1).
Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3782–3793. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16383
Tambunan, M., & Ubaidillah. (2003). Memposisikann Usaha Kecil Menengah Dalam Persaingan Pasarn Global Membangunn Kekuatan Usaha Menengah sebagai Work Horse. . Http://Www.Smecdan.Com/Deputi7/File_infokop/Edisi%2023,Mangaran%20tambunan.Htm, Diunduh Pada 21 Desember 2023.
Zuchrillah, D. R., Pudjiastuti, L., Karisma, A. D., Pradityana, A., & Tjahyanto, A. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal Program Self Declare pada UMKM Binaan Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Surabaya. Sewagati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 560–568. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i4.540
Alhidayatullah, A. (2023). Optimalisasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha dan Sertifikat Halal bagi UMKM. Jurnal Abdimas Sang Buana, 4(2), 55–61. https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i2.2800
Amal, M. K., Alhidayatullah, A., & Lestari, N. A. (2023). Optimasi Aspek Legal Sertifikasi Halal UMKM. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(5), 5079–5086. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17436
Azaria, A., Loqman, & Fauziah, S. (2023). Strategi Pengembangan Pasar Ekspor Bagi UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 77–82.
Esfandiari, F., & Al-Fatih, S. (2022). Optimalisasi Regulasi Jaminan Produk Halal & Sertifikasi Halal LPPOM MUI untuk Produk Minuman Herbal. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 137–148. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.11759
Ilham, B. U. (2022). Pendampingan Sertifikasi Halal Self Declare pada Usaha Mikro dan Kecil Binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu Sulawesi Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(1), 20. https://doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1753
Kurniawan, A., & Kusumawardhani, A. (2017). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Kinerja UMKM Batik di Pekalongan. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 6(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Manovri Yeni, O., Dama Yanti, I., & Susanti, S. (2021). Kegiatan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Singgle Submission (OSS) Bagi Anggota Koperasi Permaisuri Mandiri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 176–188. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Nur Rahma Budiarto, F., Sandra Amelia, K., Arindawati, S., Kumala Mawardhany, S., Amalia Putri Belangi, H., Wardhani Mas, K., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. Karya Unggul: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–124.
Rachman, A., Sunardi, S., Simatupang, A. D. R., Tidjani, S., & Azwar, M. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal Dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Bagi Pelaku UMKM Kedu Emas Tangerang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/japi.v8i1.4558
Salsabilah, S. K., Handayani, D., Melati, R., Purbaningrum, R., Prayabina, R., Harefa, S., Widyastuti, R., Eryanto, N. S., & Aminullah, A. (2022). Pendampingan Sistem Jaminan Produk Halal Mekanisme Self Declare Dan Pembuatan Label Kemasan Pada UMKM Kanara (Karipik Singkong Ibu Nara). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.6506
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global (Vol. 2, Issue 1).
Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3782–3793. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16383
Tambunan, M., & Ubaidillah. (2003). Memposisikann Usaha Kecil Menengah Dalam Persaingan Pasarn Global Membangunn Kekuatan Usaha Menengah sebagai Work Horse. . Http://Www.Smecdan.Com/Deputi7/File_infokop/Edisi%2023,Mangaran%20tambunan.Htm, Diunduh Pada 21 Desember 2023.
Zuchrillah, D. R., Pudjiastuti, L., Karisma, A. D., Pradityana, A., & Tjahyanto, A. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal Program Self Declare pada UMKM Binaan Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Surabaya. Sewagati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 560–568. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i4.540
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i3.54272
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
 














21.png) 
  
 

 
  
  
 

 
 

 
  
 