MELANGKAH KE DUNIA DIGITAL: PELATIHAN STRATEGI PROMOSI PRODUK UNTUK SISWA CALON ENTREPRENEUR

Yuliawati Yuliawati, Enjang Pera Irawan

Abstrak


Approximately 19 million MSMEs, accounting for 29% of total businesses, are capable of conducting online business. However, online promotion is crucial as it enables businesses to reach a broader range of potential customers. Despite the numerous benefits of online promotion activities, many MSME players still refrain due to inadequate financing, lack of digital training, policy support, business mentorship, and insufficient digital infrastructure. Therefore, we, the faculty members of the Faculty of Communication Sciences at Mercu Buana University, initiated an online promotion training for prospective MSME entrepreneurs at SMKN 49 North Jakarta. The objective of this training is to enable participants to understand the importance of online promotion, master the use of online promotional media, learn how to create compelling content, and develop businesses through online promotion. Additionally, the training aims to familiarize participants with the use of appropriate technology and materials to create appealing products. The training methods include lecture presentations, interactive discussions, and simulations involving all participants. The training outcomes demonstrate an enhancement in participants' understanding of the importance of online promotion, utilization of online media for promotion, and development of high-quality promotional content. It can be concluded that this online promotion training effectively enhances the understanding, competencies, and motivation of prospective MSME entrepreneurs in initiating and developing their businesses in the future.


Pelaku UMKM yang mampu berbisnis secara online baru sekitar 19 juta unit usaha atau 29%. Padahal, promosi online sangat penting karena memungkinkan bisnis dapat menjangkau calon pelanggan yang berbeda secara lebih luas. Meskipun banyak keuntungan dari aktivitas promosi online, pelaku UMKM masih belum banyak yang melakukannya karena minimnya pembiayaan, kurangnya pelatihan digital, kurang dukungan kebijakan, tidak ada mentor bisnis, serta infrastruktur digital yang belum memadai. Untuk itu, kami dosen-dosen Fakultas Ilmu Komunikasi dari Universitas Mercu Buana berinisiatif melaksanakan pelatihan promosi online kepada calon entrepreneur UMKM di SMKN 49 Jakarta Utara. Target dari pelatihan ini yaitu peserta dapat memahami pentingnya promosi online, menguasai penggunaan media promosi online, menguasai bagaimana menciptakan konten, dan mampu mengembangkan bisnis melalui promosi online. Kemudian, pelatihan ini juga menargetkan agar peserta memahami bagaimana menggunakan teknologi dan material yang tepat untuk membuat produk yang menarik dan menarik. Luaran yang dihasilkan dalam program ini yaitu publikasi di jurnal nasional. Metode pelatihan yang akan dilakukan yaitu dengan pemaparan materi (ceramah), diskusi interaktif, dan simulasi yang melibatkan seluruh peserta. Hasil pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang pentingnya promosi online, penggunaan media online untuk promosi, dan penyusunan konten promosi yang berkualitas. Dapat disimpulkan pelatihan promosi online ini mampu untuk meningkatkan pemahaman, kompetensi dan motivasi para calon entrepreneur UMKM dalam memulai dan mengembangkan bisnis mereka di masa mendatang.


Kata Kunci


MSMEs; online promotion; digital training; business mentorship; digital infrastructure; UMKM; promosi online; pelatihan digital; mentor bisnis; infrastruktur digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adelia, S. (2018). Pengaruh Online Promotion Terhadap Repurchase Intention Dengan Consumer Perception Sebagai Mediasi Pada Travel Online. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 94–100. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.94-100

Adi, & Ahdiat. (2022). Ini Provinsi dengan Penduduk Miskin Terbanyak di Pulau Jawa.

Al-abdallah, G. M., & Abou-moghli, A. A. (1857). THE EFFECT OF PROMOTIONAL MIX ON INTERNET ADOPTION IN JORDANIAN SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES Ghaith Mustafa Al-Abdallah , PhD. European Scientific Journal, 8(12), 96–112.

Deshinta, H., & Suyanto, A. (2020). Efektifitas Promosi Online Pada E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i1.306

Eliyani, Rudiarto, S., & Cherid, A. (2023). WEBINAR PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN ONLINE. PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 3(1), 49–58.

Hery, L. A., Stit, Q., Nusantara, P., & Ntb, L. (2020). Pemanfaatan Media Dalam Metode Simulasi Pada Pembelajaran Pai. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 195–211. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 21(1), 1–8. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/85820-ID-pengaruh-promosi-online-dan-persepsi-har.pdf

Mukhsin. (2019). MANFAAT PENERAPAN MARKETING ONLINE ( MENGGUNAKAN E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL ). TEKNOKOM, 2(1), 1–10.

Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11–19.

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. Retrieved from http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11

Putu, N., & Kamaryani, S. (2019). METODE CONTOH KASUS MELALUI DISKUSI EKSPOSITORY. Journal OfEducation Technology, 3, 172–178.

Rifa’i, M., & Hamidi. (2017). Efektivitas Promosi Online Dalam Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen. OPTIMA (Jurnal IIlmiah Bidang Agribisnis Dan Ekonomi, 1(2), 67–73.

Sholihin, M., & Mujilahwati, S. (2016). DAMPAK PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP ( Studi Kasus Ninda Bros Lamongan ). Jurnal Teknika, 8(1).

Tamsuri, A., & Pamenang, S. (2022). No Title. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i3.54497

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)