PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI KEBIASAAN HIDUP SEHAT DI SDN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG

Retasari Dewi, Susanne Dida, Elnovani Lusiana, Rostika Yuliani

Abstrak


Pandemi Covid 19 sedikit banyak mengubah cara pandang dan cara masyarakat mengelola kesehatan. Beberapa protokol kesehatan tetap dipertahankan sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit. Kebiasaan sehat ini harus di sosialisasikan juga pada anak-anak sebagai kelompok yang rentan terkena infeksi pernapasan. Salah satu cara menyosialisasikan pentingnya menerapkan kebiasaan hidup sehat kepada anak-anak dilakukan melalui permainan. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menyosialisasikan kebiasaan hidup sehat dengan memanfaatkan permainan ular tangga sebagai media sosialisasi. Kegiatan ini dilakukan di SDN Jatinangor Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode permainan interaktif dan hasilnya diukur dengan menggunakan pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test pada sampel. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar di SDN Jatinangor Kabupaten Sumedang tentang kebiasaan hidup sehat.


Kata Kunci


Metode Permainan Interaktif; Ular Tangga; Media Pembelajaran; Kebiasaan Hidup Sehat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agresti, A., & Finlay, B. (2009). Statistical Methods for the Social Sciences (4th ed.). Pearson Education.

Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (1963). Experimental and Quasi- Experimental Designs for Research. Houghton Mifflin.

Chen, X., Murphy, S. L., & Qian, L. (2018). The effectiveness of health education using 4D game for junior middle school students in Wuhan, China. BMC Public Health, 18(1), 1051.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Dida, S., Lusiana, E., & Dewi, R. (2022). Comic “Sehat Ceria di Masa Pandemi” as a Media for Disseminating Health Protocols to Elementary School Students in Sumedang Regency. First International Conference on Literature Innovation in Chinese Language. LIONG. doi:10.4108/eai.19-10- 2021.2316743

Dida, S. (2023). A Comparative Study of Health Protocol Knowledge through Storytelling in Elementary Students. 16(3), 2114–2125. https://doi.org/10.2478/bjlp-2023- 00000159

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Prentice Hall.

Jones, S., Johnstone, K., & Flynn, M. (2019). Using Interactive Games to Teach Primary School Children about Health and Wellbeing. Games for Health Journal, 8(6), 399-408.

Lee, S. J., Kim, Y. H., & Kim, Y. K. (2021). Effects of a Health Education Program using a Mobile Game on Elementary School Students’ Health Literacy and Self-efficacy for Health Behaviors. Child Health Nursing Research, 27(1), 67-75.

Lu’lu Mutia S.Ikom, Normansyah S.Ikom, N. F. S. I. (2023). Telaah - Gen Y & Z : Jiwa Muda, Tapi Penyakitan, Tulang Lansia, dan Jompo Dini? https://jabar.antaranews.com/berita/47 9730/telaah-gen-y-z-jiwa-muda-tapi- penyakitan-tulang-lansia-dan-jompo- dini?page=all

Sari, E. P., Roslinda, R., & Nurlatifah, E. (2020). Pemanfaatan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Kesehatan Lingkungan di SDN X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 150-160.

Smith, A. L., Rice, D., & Lamp, K. (2020). Gamification: Engaging Elementary Students in Health Education Through Games. NASN School Nurse, 35(3), 166-171.

Sumarsono, A., Anisah, A., & Iswahyuni, I. (2019). Media interaktif sebagai optimalisasi pemahaman materi permainan bola tangan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.240 51

Wang, C., Horby, P. W., Hayden, F. G., & Gao, G. F. (2019). A novel coronavirus outbreak of global health concern. The Lancet, 395(10223), 470-473

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.172 8




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.54505

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)