PENINGKATAN LITERASI BAHASA DALAM MINAT BACA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH (MIS) KURIPAN KIDUL PEKALONGAN

Isriani Hardini, Nurul Husnah Mustika Sari, Dicky Anggriawan Nugroho

Abstrak


The community service program aims to improve language literacy and reading interest among students at Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Kuripan Kidul, Pekalongan. This initiative was carried out in response to the low interest in reading observed at the school. During initial observations, many children admitted that they did not enjoy reading and had difficulty understanding texts when asked by their teachers. The methods used included observing to identify literacy challenges at the school, coordinating with school staff to plan outreach activities, and conducting sessions on the importance of reading. We also organized and provided books for the school library to offer students more engaging reading materials that align with their interests and needs. As a result of our efforts, the program has led to a significant increase in students' interest in reading, as shown by their enthusiasm in participating in the activities and the positive feedback from teachers. This program demonstrates that similar initiatives can help foster a reading culture in other schools and address the issue of low literacy rates in Indonesia.

 

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi bahasa dan minat baca pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Kuripan Kidul, Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan karena rendahnya minat baca di sekolah tersebut saat dilakukan observasi. Berdasarkan observasi diketahui bahwa banyak anak yang mengaku tidak suka membaca serta kurang bisa memahami bacaan ketika ditanya oleh guru. Metode yang digunakan meliputi observasi untuk memahami tantangan literasi di sekolah, koordinasi staf sekolah untuk merencanakan penyuluhan, dan melaksanakan penyuluhan tentang pentingnya membaca. Tim pemberdayaan juga melakukan penaataan dan penyediakan buku-buku untuk perpustakaan sekolah agar siswa memiliki lebih banyak bahan bacaan yang menarik sesuai dengan apa yang diminati siswa dan apa yang mereka butuhkan. Sehingga setelah upaya yang dilakukan dari program ini dapat menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat baca siswa. Hal ini terlihat dari siswa yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan juga dari pihak guru juga memberikan tanggapan yang positif. Program ini menunjukkan bahwa inisiatif serupa dapat membantu menciptakan budaya membaca di sekolah lain dan mengatasi masalah rendahnya tingkat literasi di Indonesia.


Kata Kunci


Literasi bahasa; minat baca; pendidikan dasar; perpustakaan sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriyani, L., Purwati, M., Wijayanti, A. G., Rahmawati, H., Putri, H. L., & Khotimah, D. N. (2022). Optimalisasi Peran Perpustakaan Desa Guna Meningkatkan Minat Literasi di Desa Banjarnegoro Mertoyudan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 23–28. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.35577

Damaiwati, E. (2016, December 26). Budaya Literasi. Republika Online.

Devega, E. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Djonov, E., Stenglin, M., & Torr, J. (2018). Early language and literacy: Review of research with implications for early literacy programs at NSW public libraries. Journal of Research, 27, 440–453.

Hermawan, R., & Rumaf, N. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63.

Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. ANUVA, 3(2), 109–118.

Kurniawan, R., Parnawi, A., Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam Jl Teuku Umar, S., Baja Kota, L., Lubuk Baja, K., Batam, K., & Riau, K. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. JPBB : Jurnal Pendidikan, 2(1), 184–195.

Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi (Vol. 1, Issue 1).

Megantara, K., & Wachid, A. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://e-journal.my.id/onoma

Miller, J. W., & McKenna, M. C. (2016). World literacy: How countries rank and why it matters. World Literacy: How Countries Rank and Why It Matters. In Taylor and Francis Inc. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315693934

Prakoso, B. (2024, February 22). Urgensi Literasi di Tengah Gelombang Informasi. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS). https://uwks.ac.id/artikel/202424022212266129/33651/urgensi-literasi-di-tengah-gelombang-informasi

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–135. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1922

Putri, S. B., & Nanggala, A. (2023). Penerapan Program Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa melalui Teknik AIH (Studi Kasus pada Kelas IV SDN Cinangka 03 Kabupaten Bandung). Journal on Education, 06(01), 1987–1993.

Rahmawati, A., Kurniawan, I., & Artisa, R. A. (2020). Village Development Through Literacy Culture. SeTIA Mengabdi-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–25.

Ramdhayani, E. (2023). Pentingnya Literasi dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Era Digital. Journal of Engineering Research, 7(2), 67–73.

Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 7(32), 3128–3138.

Sukmawati, A., Ni’ma, S. L., & Marsanti, A. P. N. (2023). Peranan Budaya Literasi Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2051–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5839

Syafutri, H. D., Saputra, M. D., & Natuliyantari. (2022). Peran Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(1), 51–63.

Tilaar, & H.A.R. (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Penerbit Tera Indonesia.

UNESCO. (2004). The plurality of literacy and its implications for policies and programmes. UNESCO. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000136246

Wahyuni, N., Putera, R. E., Rahayu, W. K., & Fajri, H. (2022). Peningkatan Pendidikan Ramah Anak Berbasis Literasi Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 301–308. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37090

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education: Unlocking the Potential of Technology. World Economic Forum.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i1.56306

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)