KEMANDIRIAN EKONOMI IKATAN KELUARGA BESAR ISTRI (IKBI) PEKERJA PERKEBUNAN MELALUI PELATIHAN STRATEGI MARKETING URBAN FARMING (Studi Pada IKBI PTPN I Regional 5 Kebun Kalisanen Kotta Blater)
Abstrak
Urban farming innovation impacts food security at the household level. Utilizing land to cultivate various fruit and vegetable crops ensures food availability to meet family nutritional needs. Additionally, selling harvested crops provides an opportunity to increase income, which can help fulfill household needs. A preliminary study conducted by the community service team indicates that the urban farming concept adopted by PTPN I Regional 5, Kebun Kalisanen Kotta Blater, Jember Regency, has positively affected household food availability. However, excess fruit and vegetable yields have not been optimally utilized. Some are merely shared with neighbors or relatives, while others are left to rot and go to waste. The urban farming strategy training program aims to add value to these products and enhance partners' income and economic independence. The program targets the Wife's Extended Family Association (IKBI) of PTPN I Regional 5, Kebun Kalisanen Kotta Blater, Jember Regency, with a total of 20 participants. Activities include training on urban farming product processing, socialization on branding urban farming products, and assistance in developing marketing strategies. The results of this initiative show increased understanding and knowledge of urban farming practices, including organic vegetables, hydroponics, horticulture, and potted plants. Additionally, participants improved their skills in urban farming marketing strategies, particularly in digital marketing concepts.
Inovasi urban farming memberikan dampak terhadap ketahanan pangan pada level rumah tangga. Pemanfaatan lahan untuk budidaya berbagai tanaman buah dan sayur menjamin tersedianya bahan pangan untuk memenuhi gizi keluarga. Peluang untuk meningkatkan pendapatan juga dimungkinkan dengan menjual hasil panen yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga. Hasil studi pendahuluan tim pengabdian masyarakat menggambarkan bahwa konsep urban farming yang diadopsi PTPN I Regional 5 Kebun Kalisanen Kotta Blater, Kabupaten Jember telah memberikan dampak ketersediaan bahan pangan bagi rumah tangga. Namun, kelebihan hasil buah dan sayur belum banyak dimanfaatkan, sebagian hanya diberikan kepada tetangga atau saudara dan sebagian lain busuk, terbuang, dan tidak termanfaatkan. Program pelatihan strategi urban farming bertujuan untuk memberi nilai tambah produk serta meningkatkan pendapatan dan kemandirian ekonomi mitra. Sasaran program yaitu Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) Pekerja PTPN I Regional 5 Kebun Kalisanen Kotta Blater, Kabupaten Jember yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini terdiri dari pelatihan pengolahan produk urban farming, sosialisasi branding produk urban farming, serta pendampingan strategi marketing urban farming. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemahaman dan pengetahuan urban farming untuk sayuran organik, hidroponik, vertikultur, dan tabulampot, peningkatan keterampilan strategi marketing urban farming pada konsep digital marketing.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurrohman, A., Arkasala, F. F., & Nurhidayah, N. (2021). Penerapan Konsep Urban Farming-Based Resilient City Dalam Pengembangan Kota Yang Berketahananan Pangan Di Kota Surakarta. Desa-Kota: Jurnal Perencanaan Wilayah, Kota, Dan Permukiman, 3(2), 162–170.
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31.
Adhany Yimmy, B. D., Balatuf, F., & Masitah, T. H. (2020). SISTEM PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DALAM RANGKA PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN PERTANIAN KOTA (URBAN FARMING). Vegetasi, 16(2).
Guntoro, D. W., Munandar, H., Arsyad, M., Nabilah, S. I., Lilin, E., Rasida, R., Yani, N. E., Wulandari, V., Putri, A. A., & Saputri, E. W. (2023). PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI SATU ATAP 8 PALANGKA RAYA, KALIMANTAN TENGAH. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(7), 2466–2472.
Guntoro, D. W., Munandar, H., Herman, H., & Mustikaningsih, W. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN FINANCIAL DIGITAL TRANSFORMATION PENGURUS PANTI ASUHAN BERKAH PALANGKA RAYA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(8), 3077–3084.
Hariyana, N. H. N., & Warmana, G. O. (2023). Peningkatan Penjualan Melalui Pemasaran Media Sosial Pada UMKM Di Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 22–27.
Junainah, W., Kanto, S., & Soenyono, S. (2016). Program Urban Farming Sebagai Model Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus di Kelompok Tani Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya). Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 19(3).
Kilmanun, J. C. (2018). SISTEM PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DI KALIMANTAN BARAT HYDROPONIC VEGETABLES MARKETING SYSTEMIN WEST KALIMANTAN. Jurnal Pertanian Agros.
Kistyanto, A., Hermanto, F. Y., Amirusholihin, A., & Nnamdi, A. O. (2024). Pendampingan Masyarakat Desa Ponokawan dalam Upaya Membangun Desa Eduwisata berbasis Urban Farming dengan konsep Pemberdayaan. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 481–489.
Manalu, D. S. T., & Muliasari, A. A. (2022). Digital marketing tanaman hias dan sayuran hasil Urban Farming pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(3), 87–93.
Maulana, A., Barus, O. P., Kristanto, A., Chainatra, D., & Alexander, W. J. (2023). Peningkatan Produksi Dan Pemasaran Melalui Smart Greenhouse Dan Content Marketing Strategy Untuk Urban Farmer Hidroponik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3388–3397.
Rahmatika, R., Dhika, H., & Isnain, N. (2020). Penerapan E-commerce pada kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran–Cibinong. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 218–224.
Sayekti, A., Putri, M. E., & Makarim, M. N. (2023). Strategi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Sosial Media Pada Perusahaan Ikifarm Hidroponik, Kabupaten Bogor. Jurnal Sosial Terapan, 1(1), 1–11.
Solikah, U. N., Rahayu, T., & Dewi, T. R. (2019). Optimalisasi urban farming dengan vertikultur sayuran. Wasana Nyata, 3(2), 168–173.
Suleman, D., Sari, I., Kuspriyono, T., & Suharyadi, D. (2021). Pelatihan Trik Pemasaran Dengan Meningkatkan Pendapatan Melalui Media Sosial. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 85–91.
Sumarni, B., Wardah, S., & Mudatsir, R. (2024). STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK. Journal of Integrated Agribusiness, 6(1), 94–106.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i1.56483
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: