PEMBERDAYAAN PELAKU UMKM DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MELALUI CONTENT MARKETING DI DESA BANJANYAR
Abstrak
In the era of digital transformation, content marketing has become an effective marketing strategy. However, MSMEs often have difficulty adapting to technology and digital markets, especially in Banjaranyar Village, Pekuncen District, Banyumas Regency. This MSME empowerment program aims to increase their capacity in utilizing digital technology and content marketing through training, mentoring, and intensive support. The training methods include material presentation, practice, and direct simulation. Data were collected through tests conducted before and after the socialization and training activities. The results of the analysis showed that the increase was not statistically significant, but linear regression analysis indicated a strong relationship between training and increased participant knowledge. Therefore, this program has succeeded in improving the content marketing skills of MSMEs in Banjaranyar Village and is expected to be applied in other rural areas.
Pada era transformasi digital, content marketing menjadi strategi pemasaran yang efektif. Namun, UMKM sering kesulitan menyesuaikan diri dengan teknologi dan pasar digital, terutama di Desa Banjaranyar, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Program pemberdayaan UMKM ini bertujuan meningkatkan kapasitas mereka dalam memanfaatkan teknologi digital dan content marketing melalui pelatihan, pendampingan, dan dukungan intensif. Metode pelatihan mencakup pemaparan materi, praktik, dan simulasi langsung. Data dikumpulkan melalui tes yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan sosialisasi dan pelatihan. Hasil analisis menunjukkan peningkatan ini tidak signifikan secara statistik namun analisis regresi linier menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara pelatihan dan peningkatan pengetahuan peserta. Oleh karena itu program ini berhasil meningkatkan keterampilan content marketing UMKM Desa Banjaranyar dan diharapkan dapat diterapkan di daerah pedesaan lainnya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adi Darmawan, Laksamana, P., Saripudin, & Suharyanto. (2022). Pelatihan Online Content Marketing dan Desain Bagi Pemula Dengan Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Abdimas Perbanas, 3(1), 32–39.
Auliarahman, L., Adhihendra, B. G., Mayasari, D., Ayuninggar, L., Farahdiba, D., Hirianto, R. F. A., & Candra, M. D. (2023). Content Marketing sebagai Strategi Resiliensi UMKM Batik Laweyan Surakarta Menghadapi Tantangan Society 5.0. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 245.
Bangun, C. S., & Purnama, S. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89–98.
Dimyati, A., Kumara, D., & Utomo, N. A. (2023). Pengembangan Digital Content Marketing untuk Optimasi Usaha Mikro di Desa Ciampe Udik Kecamatan Ciampea. DEDIKASI PKM, 4(2), 180.
Faizi, F., Wulandana, N. P., Alya, A., & Lombu, A. A. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 137.
Fitriani, R., Widiyawati, W., Chodijah, S., Satria, S., Sulistyowati, HS., & Hami, A. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital Dalam Upaya Meningkatkan Usaha UMKM Pada Makaroni Nampol By MTH Foods. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 2(2), 115–125.
MediaWiki. (2022). Banjaranyar, Sokaraja, Banyumas. In Wikipedia. MediaWiki. https://id.wikipedia.org/wiki/Banjaranyar,_Sokaraja,_Banyumas
Purbasari, R., & Sukmadewi, R. (2024). Optimalisasi Digital Marketing melalui Tiktok Marketing bagi Startup Bisnis di Jawa Barat. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2).
Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Ariyanti, Y. D. P., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pengembangan pemasaran bagi Pelaku UMKM. Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8–11.
Thalib, I., Araz, R. A., Sucipto, K. R. R., Afrizal, Y. H., & Ahmad, S. (2022). Edukasi Digital Marketing Untuk Mendukung UMKM Bertumbuh Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 22(2), 315–320.
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i2.58238
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: