PENGEMBANGAN WISATA BAHARI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI PULAU LAE-LAE, KOTA MAKASSAR
Abstrak
Community Empowerment was carried out on Lae-Lae Island, Makassar City. Based on the issues identified with the partners, the objectives of this PKM (Community Service Program) were to conduct socialization and training on: 1) The utilization of information technology to introduce and promote marine tourism through a website, and 2) Enhancing knowledge and skills in photography, editing, and creating reviews (captions) for tourism promotion via social media. This activity was conducted in partnership with Pokdarwis, using an empowerment model. The implementation techniques included FGDs (Focus Group Discussions), interactive lectures with Q&A sessions, and demonstrations. The results of the PKM showed the successful achievement of its objectives: participants gained an understanding of the importance of tourism development for improving welfare, recognized the various untapped tourism potentials, acquired knowledge about the use of information technology for marine tourism development, and developed skills in mobile photography, caption writing for marine tourism promotion, and uploading content to social media.
Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan di Pulau Lae-Lae, Kota Makassar. Berdasarkan permasalahan mitra, maka tujuan PKM ini adalah melakukan sosialisasi dan pelatihan: 1) Pemanfaatan teknologi informasi untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan wisata bahari melalui website, dan 2) Peningkatan pengetahuan dan keterampilan fotografi, editing dan membuat ulasan (caption) untuk promosi wisata melalui media sosial. Kegiatan ini dilaksanakan bermitra dengan Pokdarwis, menerapkan model pemberdayaan. Teknik pelaksanaan dilakukan dengan cara FGD, ceramah dan tanya jawab interaktif, serta demonstrasi. Hasil PKM menunjukkan ketercapaian tujuan pelaksanaan, di mana peserta memiliki kesepahaman mengenai pentingnya pengembangan wisata untuk meningkatkan kesejahteraan, menyadari berbagai potensi wisata yang sebenarnya dimiliki dan belum dikembangkan, peserta memiliki pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan wisata bahari, dan memiliki keterampilan dalam hal pengambilan gambar (foto) menggunakan handphone/smartphone, serta terampil membuat caption promosi wisata bahari, dan mengunggahnya di media sosial.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adzra Muthi’ah Hafizhah, Beta Budisetyorini, & Sumaryadi. (2022). INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON TOURIST VISIT INTENTION TO PARI ISLAND, THOUSAND ISLAND. International Journal of Sustainable Competitiveness on Tourism, 1(01). https://doi.org/10.34013/ijscot.v1i01.768
Ananda, I., & Dirgahayu, T. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Desa Wisata di Indonesia: A Systematic Literature Review. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi , 8(4).
Cipto, A. W. (2021). Mengenal Fitur Pada Kamera Smartphone - Excellent Computer.
Gebreel, O. S. S., & Shuayb, A. (2022). Contribution of Social Media Platforms in Tourism Promotion. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(2).
Hampton, M. P., & Jeyacheya, J. (2020). Tourism-Dependent Small Islands, Inclusive Growth, and the Blue Economy. In One Earth (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.oneear.2019.12.017
Idrus, I. I., Ismail, A., & Amandaria, R. (2022). The Vulnerability and Resilience of Fishermen’s Household Livelihoods in Lae-Lae Island, Makassar City. SHS Web of Conferences, 149. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214902034
Ismail, A., & Frinaldi, A. (2022). Efektivitas Website Inhilnanmolek Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.2975
Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2020). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Altasia (Edisi Spesial Seminar Nasional Pariwisata), 2(2), 163-170. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559
Kumar, S., & Shekhar. (2020). Technology and innovation: Changing concept of rural tourism-A systematic review. In Open Geosciences (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.1515/geo-2020-0183
Kurniasari, K. K., Widanti, E. M., & Hidayah, A. N. (2024). Literatur Review: Pengaruh Media Sosial Terhadap Industri Pariwisata dari Perspektif Destinasi dan Wisatwan. Indonesian Journal of Tourism Business and Entrepreneurship, 1(1) 71-82. https://doi.org/10.31002/ijtbe.v1i1.1467
Kusumastuti, Y. Indah. (2009). Komunikasi Bisnis: Membangun Hubungan Baik dan Kredibilitas. Bogor: IPB Press.
Manaloe O Leonard. (n.d.). Analisis Wisata Selam Berkelanjutan (Studi Kasus : Daya Dukung Lingkungan Terumbu Karang untuk Wisata Selam di Pulau Pari, Kepulauan Seribu). Analysis of Sustainable Dive Tour (Case Study: Coral Reef Environmental Support for Diving Tour in Pari Island, Seribu Islands). Jurnal Riset Jakarta, 13(1), 29-40. https://doi.org/10.37439/jurnaldrd.v13i1.22
Nugroho, W., Afidah, F., Kudori, M. N., Leviliano, T. F., Prasojo, H. R., Anindya, A., & Agoestin, A. A. (2023). Peningkatan Potensi Wisata Umbulan Desa Jajar Melalui Pendampingan Pengelolaan Ekowisata Berbasis Industri Kreatif Desa Wisata Kabupaten Trenggalek. Abdimas Universal, 5(2). https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i2.345
Nuryanto, H. S. K. (2021). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Hery Nuryanto - Google Buku. In PT Balai Pustaka (Persero).
Okazaki, S., Andreu, L., & Campo, S. (2017). Knowledge Sharing Among Tourists via Social Media: A Comparison Between Facebook and TripAdvisor. International Journal of Tourism Research, 19(1). https://doi.org/10.1002/jtr.2090
Purba, H., & Irwansyah, I. (2022). User Generated Content dan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Pariwisata: Literature Review. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2).
Putri, I., Dendi, Mulyadi, A. I., Adli, & Triesia, D. (2024). Implementasi fotografi produk dengan menggunakan kamera smartphone bagi pelaku UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 373–382. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21843
Rathore, A. K., Joshi, U. C., & Ilavarasan, P. V. (2017). Social Media Usage for Tourism: A Case of Rajasthan Tourism. Procedia Computer Science, 122. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.433
Rochman, N. (2017). MODEL PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.26877/ep.v1i1.1831
Rukminto, I. (2003). Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. In Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Indonesia (Vol. 5, Issue 2).
Setiawati, R., & Pritalia, G. L. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Sektor Pariwisata. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2). https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7255
Triristiana, N., Pujiyanti, Y.R., Muharram, M.M. (2022). Penerapan Community Bases Tourism (CBT) Berbasis Modal Sosial dalam Pengembangan Obyek Wisata Sumber Biru Wonomerto. Jurnal El-Riyasah, v. 13(1). p. 1-21. http://dx.doi.org/10.24014/jel.v13i1.14206
Sjaida, G. M., Khadijah, U. L. S., & Novianti, E. (2021). Stragtegi Komunikasi Pariwisata Taman Air Mancur Sri Baduga Melalui Media Instagram @Urangpurwakarta. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA). https://doi.org/10.24843/jumpa.2021.v07.i02.p03
Suwarti. (2022). Kajian Pengelolaan Potensi Wisata Budaya Tayub sebagai Daya Tarik Wisata, Rejosari Kabupaten Grobogan. Journal of Indonesian Culture and Beliefs (JICB), 1(1). https://doi.org/10.55927/jicb.v1i1.1306
Widodo, E. (2019). Pelatihan Fotografi Dengan Menggunakan Kamera Ponsel pada Kelompok Sadar Wisata, Tanjung Lesung, Banten. Abdamas, 1(1).
Yulianto, Y., Safari, T., & Nurcahyo, R. J. (2023). Potensi Agrowisata Kopi Sebagai Daya Tarik Wisata Ekonomi Kreatif Desa Kalibogor Kendal. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 14(2). https://doi.org/10.31294/khi.v14i2.17093
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i1.58260
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















