PENGEMBANGAN KAPASITAS KELOMPOK USAHA KECIL GULA AREN: STUDI KASUS PADA KELOMPOK KAMIBISA
Abstrak
This program focused on strengthening the capabilities of the KAMIBISA small-scale palm sugar producer group in Lamosila Village, Kolaka Timur Regency. Through a participatory approach, this community engagement initiative aimed to address the group's challenges in production capacity, marketing, and financial management. The program included group dynamics training, production equipment upgrades, product innovation, digital marketing training, and financial record-keeping training. Findings indicate that the program successfully enhanced the group's communication and collaboration skills, improved product quality, expanded market reach, and heightened awareness of sound financial practices. Moreover, the program garnered support from the local government. In conclusion, this community engagement initiative positively impacted the capacity-building of the small-scale palm sugar producer group, with the potential to improve the overall well-being of the village community.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini berfokus pada program pemberdayaan Kelompok Komunitas Gula Aren KAMIBISA yang berlokasi di Desa Lamosila, Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi, pemasaran, dan manajemen keuangan kelompok, sehingga dapat mendorong kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Permasalahan utama yang dihadapi oleh kelompok KAMIBISA mencakup tiga aspek: produksi, pemasaran, dan manajemen keuangan. Program PKM ini berupaya untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh kelompok KAMIBISA. Beberapa langkah strategis akan diambil untuk mengatasi tantangan tersebut, antara lain peningkatan kualitas produksi gula aren, pelatihan dinamika kelompok untuk memperkuat manajemen usaha, serta pelatihan pencatatan keuangan sederhana dan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar. Pelaksanaan program ini menggunakan pendekatan partisipatif, yang melibatkan anggota kelompok secara aktif dalam setiap tahap kegiatan. HIngga saat ini, program tersebut mampu meningkatkan kualitas produksi gula aren kelompok.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alimusa, L. O., Zakiah Ma, S., Rahman, A., Muhlis Nuryadi, A., & Hadji Latif, S. D. (2022). Exploring Factors Determining the Business Performance of Micro and Small Entreprises: Reality in Indonesian Muslim Entrepreneurs. Journal.Umy.Ac.IdSZ Ma’mun, A Rahman, AM Nuryadi, SDH LatifJurnal Manajemen Bisnis, 2022•journal.Umy.Ac.Id, 13(2). https://doi.org/10.18196/mb.v13i2.13930
Ambler, T. (2009). Value-based marketing: Marketing strategies for corporate growth and shareholder value. Journal of Brand Management. https://doi.org/10.1057/palgrave.bm.2540045
Beckmann, M., Garkisch, M., & Zeyen, A. (2023). Together we are strong? A systematic literature review on how SMEs use relation-based collaboration to operate in rural areas. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 35(4), 515–549. https://doi.org/10.1080/08276331.2021.1874605
Cooper, R. (2017). Target costing and value engineering. Routledge.
Fitriani, S., & Rahayu, K. D. (2023). Urgensi Penerapan Akutansi terhadap Ketidakefisienan Manajemen Keuangan UMKM di Sukabumi. Jurnal Pijar Studi Manejemen Dan Bisnis, 1(2), 208–213.
Han, H., Xiong, J., & Zhao, K. (2022). Digital inclusion in social media marketing adoption: the role of product suitability in the agriculture sector. Information Systems and E-Business Management, 20(4), 657–683. https://doi.org/10.1007/S10257-021-00522-7
Joel, O. T., & Oguanobi, V. U. (2024). Entrepreneurial leadership in startups and SMEs: Critical lessons from building and sustaining growth. International Journal of Management & Entrepreneurship Research, 6(5). https://fepbl.com/index.php/ijmer/article/view/1093
Lisma, W. O., Ma’mun, S. R., & Asriani. (2022). Analisis Pemasaran Komoditi Okra di Desa Lemoabo Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat. Agrisurya, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.51454/agrisurya.v1i1.81
Makokha, S. N., Yongo, D., Mwirigi, M., & Nyongesa, D. (2019). Smallholder group dynamics and capacity building: A case study of dairy groups in Kenya. East African Agricultural and Forestry Journal, 83(4), 281–288. https://doi.org/10.1080/00128325.2018.1549967
Miftah, H., Yoesdiarti, A., & Maulana, M. H. (2018). Analisis nilai tambah olahan gula aren di kelompok usaha bersama (KUB) Gula semut aren (GSA). Jurnal Agribisnis, 2, 8–14.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2). https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article/view/1952
Waluo, T. (2024). Innovative marketing strategy in the agribusiness sector to increase farmers’ income. Jurnal Arbitrase : Economy, Management and Accounting, 2(01), 1–9. https://doi.org/10.58471/Arbitrase.v2i01
Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3). https://journal.utnd.ac.id/index.php/jmdb/article/view/1147
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i2.58943
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: