SOSIALISASI PENGEMBANGAN WISATA RELIGI SYEKH MAULANA MANGUN SEJATI DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN BERBASIS BUDAYA KEARIFAN LOKAL
Abstrak
Spiritual tourism is part of the tourism sector that seeks to fulfill human spiritual needs and attracts many people because of the community's richness and deep cultural strength. One of the greatest potentials is spiritual tourism in the Sheikh Maulana Mangun Sejati area, which has been developed as a religious destination based on local values to support the local community's economy. At the socialization stage, several important steps were taken, namely: first, training was conducted to prepare the tourism area; second, socialization and briefing on the use of digital financial records; third, the use of technology, including the construction of an official website and the implementation of training. The existence of strong local traditions confirms that the development of religious tourism must always be based on local cultural values as a guarantee of authenticity and its connection to the identity of the local community. To ensure the success of the religious tourism destination development strategy, it is necessary to prioritize the main attraction as the central point of tourist visits. Tourism area preparation training is useful for improving products in the form of an official website and the digital delivery of information. Human resource management applied in the training is also useful for providing skills in tourism management, by involving IPNU-IPPNU Kedung Sub-district to participate in tourism management.
Wisata spiritual merupakan bagian dari sektor pariwisata yang berupaya memenuhi kebutuhan rohani manusia dan menarik minati banyak orang karena kekayaan budaya yang dalam dan kekuatan dalam masyarakatnya. Salah satu potensi terbesar adalah wisata spiritual di kawasan Syekh Maulana Mangun Sejati yang dikembangkan sebagai destinasi religius berlandaskan nilai-nilai lokal untuk mendukung perekonomian komunitas setempatnya. Pada tahapan sosialisasi dilakukan beberapa langkah penting: pertama-tama dilaksanakan pelatihan persiapkan kawasan pariwisata; kedua adalah sosialisasi dan pembekalan penggunaan pencatatan keuangan digital; ketiga adalah penggunaan teknologi meliputi pembangunan situs web resmi dan pelaksaanaan pelatihan. Keberadaan tradisi lokal yang kuat menegaskan bahwa pengembangan pariwisata religius harus senantiasa berdasarkan nilai-nilai budaya lokal sebagai jaminan keautentikan dan keterkaitannya dengan jati diri masyarakat setempat. Untuk memastikan strategi pengembangan destinasi wisata religius yang sukses perlu didahulukan atraksi utama sebagai pusat kunjungan utama para wisatawan. Pelatihan penyiapan kawasan wisata bermanfaat dalam meningkatkan produk berupa website official, dan menyampaikan informasi secara digital. Pengelolaan sumber daya manusia yang telah dilaksanakan dalam pelatihan juga bermanfaat untuk memberikan bekal keterampilan dalam manajemen pariwisata, dengan melibatkan IPNU-IPPNU Kecamatan Kedung untuk berpartisipasi dalam pengelolaan pariwisata. Pelatihan promosi menggunakan media massa memberikan manfaat pengenalan wisata religi Syekh Maulana Mangun Sejati secara lebih luas, serta pembuatan produk cinderamata dapat meningkatkan esensi makam Syekh Maulana Mangun Sejati.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dani Rahu, P., & Suprayitno. (2021). Kolaborasi Model Pentahelix Dalam Pengembangan Desa Wisata Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 10(1), 13–24. https://doi.org/10.37304/jispar.v10i1.2286
Fachrurrazi, M. (2017). Peranan Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (Ipnu- Ippnu) Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa Ma’Arif. AL-ASHR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 93–121.
Ferizone, F., & Prastiyo, E. B. (2020). Konflik Sosial Nelayan Pesisir Desa Teluk Bakau Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3104
Ferli, O., Andriani, M., Farhanah, H., Zahna, R. Z., Nuari, C., Dinanti, Q., Sitohang, P. M., Kretap, K., & Sihapanya, K. (2023). International Collaboration on Digital Marketing Materials for the Social Entrepreneurship MSME Community Group of Tri Alam Lestari Waste Bank. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(6), 451–472. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i6.7540
Hidayattulloh, W., Amrulloh, R., Amrulloh, R., Hawa, F., & Saumantri, T. (2024). Pengaruh Tradisi Ziarah Makam Sunan Gunung Djati Terhadap Umkm Masyarakat Sekitar. AR-ROSYAD: Jurnal Keislaman Dan Sosial Humaniora, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.55148/arrosyad.v2i2.966
Juniani, E., & Dora, N. (2024). Tradisi Bondang : Kearifan Lokal dalam Menanam Padi di Desa Silo Lama , Kabupaten Asahan 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Madani, 1(12), 837–843. https://doi.org/10.5281/zenodo.10466136%0ATradisi
M Dayat. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299–218. https://doi.org/10.35891/muallim.v1i2.1629
Maghfirotunnisa, M., Al Baihaqi, A. R., & Hikmah, M. F. (2023). Strategi Pemasaran Sate Karak Di Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 2(2), 73–81. https://doi.org/10.33480/jasdim.v2i2.4205
Mukhirto, M., & Fathoni, T. (2022). Strategi Pemerintah Desa Gandukepuh Terhadap Pengembangan Objek Wisata Religi. Journal of Community Development and Disaster Management, 4(1), 23–35. https://doi.org/10.37680/jcd.v4i1.1264
Najib, M., & Surono. (2022). Analisis Pestel Untuk Mengetahui Hambatan Kunci Pengembangan Wisata Halal Di Indonesia: Studi Kasus Pada Wisata Danau Toba. 4(1), 23–46. https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-indonesia-raih-peringkat-pertama-
Niode, I. Y., & Rahman, E. (2022). Desain Pengembangan Potensi UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Bahari dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Wilayah (Studi di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo). Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 277–296. https://doi.org/10.22146/jkn.77943
Novita, M., Senowarsito, S., Hermana, R., & Sutomo, S. (2023). Realizing a competitive Doplang tourist village through institutional innovation in local potential development. Community Empowerment, 8(9), 1336–1347. https://doi.org/10.31603/ce.9906
Prajanti, S. D. W., Margunani, M., Rahma, Y. A., Kristanti, N. R., & Adzim, F. (2021). Kajian Strategis Pengembangan Ekonomi Kreatif Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 15(2), 86–101. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i2.124
Rizaldi, M., & Sulistyo, W. D. (2022). Potensi Wisata Religi Makam Sunan Giri Sebagai Wujud Pelestarian Kearifan Lokal Arsitektur Islam Di Kabupaten Gresik. Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 19(1), 129–136. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v19i1.18208
Rudhy Dwi Chrysnaputra, & Wahjoe Pangestoeti. (2021). Pariwisata Halal Dan Travel Syariah Pasca Pandemi Covid 19. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 2(2), 151–172. https://doi.org/10.51339/nisbah.v2i2.316
Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 71–90. www.queenova.com,
Sebayang, G. A. B., Ginting, S. J. B., & Simamora, M. T. (2024). Sosialisasi Penanaman Sikap Budaya Lokal Di Era Globalisasi Pada Lingkungan Anak Sekolah Dasar . Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6 SE-Articles), 2275–2282. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i6.1208
Yunita, L. D., & Handayani, T. (2018). Strategi Bauran Promosi Penyelenggaraan Event (Studi Kasus Perencanaan dan Penyelenggaraan Event Pasar Murah). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 14. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.989
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i3.59103
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















