PELATIHAN PENGASUHAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BAGI PARA PENGASUH DI YAYASAN BHAKTI LUHUR
Abstrak
Bhakti Luhur Foundation is a foundation engaged in handling children with special needs, including children with intellectual disabilities, physical disabilities, deaf-mute, and blind children. In this foundation, children with special needs are cared for, served, and educated so that their abilities develop under the guidance of caregivers. In the monthly evaluation, it was found that the development of children with special needs was not satisfactory, and upon further observation, it turned out that some caregivers lacked the competence to handle these children with special needs. This can be seen from their difficulties in accompanying children with intellectual disabilities while studying, caring for children with cerebral palsy, not mastering sign language, and not being fluent in reading and writing Braille. These problems certainly affect the quality of services provided to the children with special needs under their care. To prevent the service from deteriorating further, training needs to be held with the aim of improving the skills of caregivers, with the target of mastering both theory and practice. The training program provided includes training in handling children with special needs with intellectual disabilities, cerebral palsy, and deaf-mute and blind children. The material is delivered using lecture, discussion, question-and-answer methods, and hands-on practice. Participants consisted of 20 caregivers from 20 guesthouses, and the training was carried out over four days. The effectiveness of the training was measured using a pre-test and post-test with a target score above 70 (scale 0–100). The cumulative results showed that the theory score reached 86.97 and the practice score reached 85.90. These scores are categorized as very good. These results indicate that the training is effective in improving the caregivers’ understanding in both theory and practice so that they will be better prepared to handle children with special needs under their care, enabling the children’s development to be achieved optimally.
Yayasan Bhakti Luhur adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang penanganan anak berkebutuhan khusus antara lain anak tunagrahita, tunadaksa, tunarungu-wicara dan tunanetra. Di Yayasan ini anak-anak berkebutuhan khusus di rawat, dilayani dan didik agar berkembang kemampuannya oleh para pengasuh. Dalam evaluasi bulanan ditemukan perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus kurang baik dan ketika diobservasi ternyata beberapa pengasuh kurang memiliki kompetensi untuk menangani anak-anak berkebutuhan khusus tersebut. Hal ini bisa dilihat dari kesulitan mereka dalam mendampingi anak tunagrahita saat belajar, merawat anak cerebral palsy, kurang menguasai bahasa isyarat dan tidak lancar dalam membaca serta menulis huruf braille. Masalah-masalah ini tentu akan memengaruhi layanan mereka terhadap anak berkebutuhan khusus yang diasuhnya. Untuk mencegah agar pelayanan tidak semakin buruk, maka perlu diadakan pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan pengasuh dengan target bisa menguasai teori dan praktik. Program pelatihan yang diberikan adalah pelatihan penanganan untuk anak berkebutuhan khusus tunagrahita, cerebral palsy, tunarungu-wicara dan tunanetra. Materi disampaikan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik penanganan. Peserta yang mengikuti sebanyak 20 pengasuh dari 20 wisma dan pelatihan dilaksanakan selama empat hari. Efektivitas pelatihan diukur dengan menggunakan pre-test dan post-test dengan target skor di atas 70 (skala 0-100). Adapun hasil yang dicapai secara akumulatif untuk skor teori mencapai skor 86,97 dan untuk skor praktik mencapai skor 85,90. Skor ini masuk kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif untuk meningkatkan pemahaman pengasuh dalam hal teori dan praktik sehingga akan lebih siap untuk menangani anak-anak berkebutuhan khusus yang diasuhnya dengan demikian perkembangan anak-anak berkebutuhan bisa dicapai secara lebih optimal.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme. Almurtaja.Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 1 n, 1–13.
Arif Rahmat Kurniaa dan, F. S. hati. (2023). Evaluasi Skor Pre test dan Post test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Bagi Dokter dan Bidan di fasilitas pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, Volume 7 n, 67–78. https://doi.org/http://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220
Cahya, dkk A. D. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUMA; Jurnal Of Management, Vol.1 nomo, 230–242. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/870/529
Fadillah, dkk M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Ar-Ruzman Media.
Fakhiratunnisa, A. A. P. P. S. A. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ: Jurnal Pendidikandan Sains, Volume 2 n, 26–42. https://ejournal.yasin-alsys.org/masaliq/article/view/83/66
Mangapul Siahaan, D. (2022). enerapan Artificial Intelligence (AI)Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra. Ournal of Information System and Technology, Vol.01 No0, 186–193. https://journal.uib.ac.id/index.php/joint/article/view/4322/1122
Mulyati, Y. (2007). Keterampilan Dalam Belajar Mengajar. Universitas Terbuka.
Nugraheni, A. S. (2021). Optimalisasi Penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia dengan BISI dan Bisindo asa Mahasiswa Difabel Tunarungu. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD, Vol.5 No.1, 28–32. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/9355/5468
Nurdina, A. (2017). Studi Kasus Tentang Kemampuan membacaUjaran Anak Tunarungu di SLB Dena Upakara Wonosobo. Jurnal Widia Ortodidaktika, Vol 6 No 1, 1–11. chrome-extension://kdpelmjpfafjppnhbloffcjpeomlnpah/https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/viewFile/6872/6613
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i3.59270
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















