EVALUASI MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN KOPERASI DALAM UPAYA PENGUATAN KELEMBAGAAN EKONOMI MASYARAKAT Studi Kasus Pengembangan Model Komunikasi Pemasaran Koperasi Petani Cabai di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat
Abstract
Sektor pemasaran bagi lembaga koperasi yang memiliki usaha produksi dalam bidang pertanian merupakan sektor yang vital untuk dapat terus berkembang. Dari hasil evaluasi yang dilakukan ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan tertinggalnya badan usaha koperasi dibandingkan perusahaan lainnya jika dilihat dari aspek pemasarannya. Diantaranya adalah biaya pengolahan bahan baku yang relatif tinggi sedangkan harga penjualan rendah, kualitas barang produksi yang dihasilkan masih rendah, barang hasil produksi kurang dikenal pasar karena kurangnya promosi, rendahnya pemahaman pengurus koperasi dalam informasi pasar, belum menerapkan teknik pemasaran yang efektif, dan daerah pemasarannya masih bersifat lokal dan belum mampu bersaing di pasar regional atau nasional.
Penelitian ini mencoba mengevaluasi model komunikasi pemasaran yang selama ini dijalankan oleh koperasi sebagai suatu lembaga ekonomi masyarakat. Dengan mengambil studi kasus dari koperasi petani cabai di Kabupaten Garut, melalui penelitian ini dikembangkan suatu model komunikasi pemasaran yang lebih memadai bagi koperasi yang bergerak dalam usaha produksi pertanian dan mengandalkan kemajuan usahanya dalam bidang pemasaran hasil produksi.
Kata kunci: komunikasi pemasaran, model komunikasi pemasaran, koperasi produksi, penguatan lembaga ekonomi, Kabupaten Garut.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2015. Jawa Barat Dalam Angka. Bandung: BPS Provinsi Jawa Barat.
Denzin, Norman K. dan Guba, Egon. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial; Pemikiran dan Penerapannya, Penyunting: Agus Salim. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.
Dinas KUKM Kabupaten Garut. 2015. Profil Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, 2015. Garut: Dinas KUKM.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran I. Jakarta: Erlangga.
Limbong, W.H. 2007. Pengantar Tataniaga Pertanian. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. 2012. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Rosda.
Morissan, 2010. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta : Kencana.
Mubyarto.2007. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. 2015. Profil Kabupaten GarutTahun 2014.
Percy, Larry. 2008. Strategic Integrated Marketing Communication. Oxford, UK: Elsevier.
Saefudin, A.M. 2009. Pengkajian Pemasaran Komoditas Hortikultura. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.10062
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: