HUBUNGAN ANTARA PESAN KAMPANYE 9 AKSI RAMAH LINGKUNGAN DI AKUN TWITTER EARTH HOUR BANDUNG DENGAN SIKAP FOLLOWERS AKTIF TERHADAP GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN

Uud Wahyudin, Mailany Putri Dwi Handayani Ronauli, Funny Mustikasari Elita, Ira Mirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara pesan
kampanye 9 aksi ramah lingkungan di akun twitter Earth Hour Bandung dengan sikap
followers aktif terhadap gaya hidup ramah lingkungan. Pesan kampanye 9 aksi ramah
lingkungan diturunkan menjadi 2 sub variabel yaitu relevansi pesan dan urgensi pesan,
sedangkan sikap diturunkan menjadi 3 sub variabel yaitu komponen kognitif, komponen
afektif, dan komponen konatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasional
dengan uji statistik pearson product moment. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menyebarkan angket kepada responden, yang dimana dalam penelitian ini yaitu
followers aktif akun twitter Earth Hour Bandung. Responden ditentukan melalui teknik
sampling random sederhana, dari keseluruhan populasi sebanyak 215 followers aktif,
didapat 140 followers aktif sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat hubungan yang kuat antara pesan kampanye 9 aksi ramah lingkungan di akun
twitter Earth Hour Bandung dengan sikap followers aktif terhadap gaya hidup ramah
lingkungan. Terdapat hubungan yang kuat antara sub variabel relevansi pesan dengan
komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen konatif. Terdapat hubungan yang
kuat antara urgensi pesan dengan komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen
konatif.


References


Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia – Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenama Media Group.

Cacioppo, John T, Richard E. Petty, Chuan Feng Kao, Regina Rodriguez. 1986. Central and Peripheral Routes to Persuasion: And Individual Difference Perspective. Journal of Personality and Social Psychologi 1986, Vol 51 No.5, 1032-1043.

Littlejohn, Stephen W. 1996. Theories of Human Communication – Fifth Edition. Jakarta: Salemba Humanika

Mar’at. 1982. Sikap Manusia Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Singarimbum. 1989. Metode Penelitian Survey Edisi Revisi. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2003. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suranto, AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Severin, W.J, Tankard, J. 2007. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suranto, AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Venus, Antar. 2012. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.11017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats