Pola Komunikasi Virtual Grup Percakapan Komunitas Hamur “HAMURinspiring” Di Media Sosial Line

Cut Nadya Nanda Briliana, Rita Destiwati

Abstract


Melalui perkembangan teknologi Internet, kini komunikasi tidak hanya terjadi secara tatap muka, namun juga bermedia komputer atau dikenal dengan istilah computer mediated communication (CMC). Perkembangan teknologi diikuti juga dengan perkembangan beragam platform media sosial yang banyak digunakan sebagai media komunikasi. Kemunculan media sosial tersebut banyak dimanfaatkan oleh komunitas sebagai sarana komunikasi dan interaksi, hal tersebut mendorong terbentuknya komunitas dalam ranah virtual seperti Komunitas HAMUR yang berada di Yogyakarta yang memanfaatkan grup percakapan pada media sosial Line sebagai media komunikasi komunitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi virtual, aturan komunikasi dan proses komunikasi komunitas HAMUR. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi virtual. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap wawancara kepada 5 informan dan observasi terhadap grup percakapan komunitas yaitu “HAMURInspiring”. Hasil penelitian memperoleh bahwa adanya kesamaan identitas antar anggota komunitas HAMUR yaitu berasal dari keluarga broken home (keluarga tidak harmonis). Pada aturan komunikasi, komunitas HAMUR tidak memiliki aturan tertentu secara tertulis yang mengatur anggota dalam berkomunikasi. Pada proses komunikasi secara primer terdapat perbedaan bahasa antar anggota komunitas dalam berkomunikasi, pada proses komunikasi sekunder media Line dianggap membantu menghubungkan antar anggota komunitas yang terpisah jarak untuk berkomunikasi. Aspek-aspek tersebut berhubungan dengan pola komunikasi virtual yang terbentuk pada komunitas HAMUR, pola komunikasi dari komunitas HAMUR adalah pola komunikasi semua arah sehingga setiap anggota dapat bebas melakukan komunikasi dengan anggota lainnya.


Keywords


Line, HAMUR, Komunitas Virtual, PolaKomunikasi, Etnografi Virtual

Full Text:

PDF

References


Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

____________. (2011). Komunikasi: teori dan praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kuswarno, E. (2011). Etnografi komunikasi: suatu pengantar dan contoh penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung:Remaja Rosdakarya

Mulyana, D. & Solatun. (2008). Metode penelitian komunikasi. Bandung:Remaja Rosdakarya

Nasrullah, R. (2013). Cyber media.Yogyakarta: Idea Press

Novianti, E. (2014). Pola Komunikasi Pasangan Antaretnik Sunda-Minang di Bandung: Studi Etnografi Komunikasi

Pasangan Pedagang Sunda-Minang Perantauan dalam Pembentukan Etnik di Pasar baru Trade Center. Jurnal Kajian Komunikasi. Bandung: Unpad

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.Bandung: Penerbit Alfabeta

Tubss, S. L. & Moss, S. (2005). Human communication: konteks-konteks komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Walgito, B. (2010). Psikologi kelompok edisi 3. Yogyakarta: ANDI

Widjajanto, K. (2013). Perencanaan komunikasi: konsep dan aplikasi. Bandung: Ultimus




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats