PANTOMIM SEBAGAI EKSPRESI DIRI SISWA TUNARUNGU
Abstract
Keunikan cara berkomunikasi kaum tunarungu berbeda dengan orang normal lainnya. Dalam berkomunikasi mereka menggunakan bahasa isyarat untuk menjembatani proses komunikasi tersebut. Namun, tidak semua orang dapat mengerti pesan yang ingin disampaikan oleh mereka sehingga mereka sulit untuk mengekspresikan dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pantomim menurut siswa tunarungu serta mengetahui cara dan makna ekspresi diri dengan menggunakan informan kunci siswa tunarungu di SLB Negeri Cicendo Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini menunjukkan bahwa makna pantomim menurut siswa tunarungu dilihat dari kelima informan merupakan hal yang penting dalam hidupnya. Pantomim merupakan hal yang menghibur karena lucu dan membuat tertawa bagi siswa tunarungu. Pantomim merupakan hal yang menjadi kesukaan dan hobi bagi siswa tunarungu. Sehingga pantomim menjadikan siswa tunarungu menjadi berani, memiliki banyak teman, dan menghasilkan prestasi serta membuat orang tua menjadi senang dan bangga. Melalui pantomim mereka dapat mengekspresikan diri dengan maksimal menggunakan ekspresi wajah yang dapat menghibur mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Rulam. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Ardianto, Elvinaro, Bambang Q-Anees. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Aubert, Charles. (2003). The Art Of Pantomim. New York : Henry Holt and Company.
Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif&Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Danesi, Marcel. (2010). Pesan, Tanda, dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.
Diniati, Annisa, Reni Nuraeni, Adi Bayu Mahadian.2015. Jurnal Kajian Komunikasi Vol.3 No.1. Bandung : Universitas Padjajaran ISSN 2303-2006.
Irianto, Yosal dan Usep Syaripudin. 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7392/3395
Sobur, Alex. (2013). Filsafat Komunikasi Tradisi & Metode Fenomenologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
t_wahyu.staff.gunadarma.ac.id.
Ulfatin, Nurul. (2013). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Teori dan Aplikasinya. Malang : Bayumedia Publishing.
West, Richard dan Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Young, Jeffrey E dan Janet S. Klosko. (2010). Reinventing Your Life. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i1.12077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: