MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL BIGO LIVE DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TELKOM

Gifthera Dwilestari, Dini Salmiyah Fithrah Ali

Abstract


Pengguna internet di Indonesia cukup tinggi diantara negara lainnya khususnya diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya.Hampir seluruh pengguna internet di Indonesia adalah pengguna aktif sosial media.Salah satu aplikasi media sosial yang sedang tren saat ini adalah Bigo Live.Bigo Live merupakan aplikasi live video streaming, dimana penggunanya bisa berinteraksi secara realtime.Popularitas Bigo Live di kalangan pengguna media sosial cukup tinggi karena pada 6 bulan pertama sejak waktu rilisnya, aplikasi tersebut telah menduduki urutan ke-10 pada Top Charts untuk aplikasi gratis di Google Play Store dan urutan ke-4 Top Charts untuk aplikasi gratis kategori sosial.  Keunikan Bigo Live lainnya yaitu Bigo Live memiliki nilai ekonomi dengan adanya sistem poin yang biasa disebut beans yang dapat ditukarkan dengan uang tunai apabila telah mencapai minimal 6.700 beans. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menemukan motif yang mendorong penggunaan media sosial Bigo Live oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Telkom. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif kepada empat orang informan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa motif yang mendorong penggunaan media sosial Bigo Live oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Telkom ini relevan dengan teori motif penggunaan media yang diungkapkan oleh McQuail yaitu, motif informasi, motif identitas diri, motif integrasi dan interaksi sosial dan motif hiburan. Namun keempat motif tersebut tidak semuanya dimiliki informan, motif yang paling sering ditemukan adalah  motif informasi, interaksi dan hiburan.


Keywords


Motif, Motif Penggunaan Media, Media Sosial, Bigo Live, Mahasiswa.

References


Effendy, Uchjana Onong. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim.2015. Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Maryati, & Suryawati. 2003. Sosiologi 1. Jakarta : Erlangga.

McQuail, Dennis. 1983. Mass communication, theory, an introduction. California: Sage Publication.

______________. 1987. Teori komunikasi massa : Suatu Pengantar. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Manajemen Public Relations, Strategi Menjadi Humas Profesional.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

_____________. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi.Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurjaman, Kadar dan Umam, Khaerul. 2012. Komunikasi & Public Relations. Bandung:CV Pustaka Setia.

Pujileksono. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang : Intrans Publishing

Rosabel, Deborah. (2016). Special Reports: Digital in 2016. Diakses dari https://wearesocial.com/sg/special-reports/digital-2016

Senova, A. 2016. Literasi Media sebagai Strategi Komunikasi Tim Sukses Relawan Pemenangan Pemilihan Presiden Jokowi JK di Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi. Bandung: Universitas Padjadjaran. Diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7411/5323

Stuart, G.W. dan Sundeen, S.J. (1991). Principles and Practice of. Psychiatric Nursing. St. Louis: Mosby Company.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tsana. (2016). Apa yang membuat Bigo LIVE begitu popular?. Diakses dari https://www.merdeka.com/peristiwa/apa-yang-membuat-bigo-live-begitu-popular.html

Widiartanto, Y.H. (2016). Pengguna Internet di Indonesia Capai 132 Juta. Diakses dari http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats