KAMPANYE GERAKAN INDONESIA DIET KANTONG PLASTIK DALAM MEMBENTUK PERSEPSI MASYARAKAT BANDUNG
Abstract
Penelitian yang berjudul “Kampanye Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) Dalam Membentuk Persepsi Masyarakat di Kota Bandung” memilik itujuan untuk meneliti strategi yang digunakan melalui program Kampanye Rampok Plastik dengan menggali melalui teori proses PR dimulai dari mendefinisika masalah, perencanaan, bertindak dan evaluasi program. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu public relations, kampanye public relations dan persepsi. Dimana dalam konsep public relations akan menggunakan teori Proses Public Relations yang dikemukakan oleh Allan Center, Scott Cutlip, dan Gleen Broom sebagai teori dasar untuk menganalisis strategi yang digunakan dalam objek penelitian. Selain itu, penelitian ini juga akan menggunakan teori Pembentukan Persepsi yang dikemukakan oleh Jalaluddin Rakhmat. Penelitianinimerupakan penelitiankualitatif deskriptif dengan teknikwawancara.Paradigmayangdigunakandalam penelitian ini yaitupost-positivisme.Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi yang ingin dibentuk yaitu masyarakat mulai menyadari dampak negatif penggunaan kantong plastik. Setelah mengindentifikasi dan menganalisis, kampanye rampok plastik telah mengikuti tahapan dalam proses PR meliputi mendefiniskan masalah, rencana program, bertindak dan evaluasi program. GIDKP juga telah berupaya membentuk persepsi masyarakat dengan menerapkan tiga faktor yaitu perhatian, fungsional dan struktural. Strategi yang digunakan untuk membentuk persepsi masyarakat yaitu strategi pesan, strategi komunikator, dan strategi pengecekan pesan. Namun hasil penelitian juga menunjukan bahwa GIDKP belum melakukan evaluasi secara komprehensif, untuk itu peneliti menyarankan agar GIDKP melakukan public survey untuk mengukur ketercapaian tujuan Kampanye Rampok Plastik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Auliani, Palupi Annisa. (2016). Ada Program “Tambahan Harga Kresek”, Siap Bawa Kantong Plastik Sendiri?. Kompas. Diakses dari: http://property.kompas.com/read/2016/01/27/214000121/Ada.Program.Tambah.Harga/ tanggal 1 Desember 2016.
Febriyansyah, Andi. (2016). Strategi Media Relations PT. Pelabuhan Tanjung Priok Dalam Menanggapi Krisis. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol 4, No 2. DOI: 10.24198/jkk.v4i2.8017
Cutlip, M Scoot. Center, H Allen. & Broom, M Gleen. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Chariri. & Ghozali, Ahmad. 2007. Teori Akuntansi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Damayanti, Trie. (2013). Persepsi Mahasiswa Tentang Posisi Strategi Profesi Public Relations.Jurnal Kajian Komunikasi, Vol 1, No 1. DOI: 10.24198/jkk.vlil.6032
Jefkins, Frank. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (2015). Rangkaian HLH 2015 – Dialog Penanganan Sampah Plastik. Jakarta. Diakses dari: http://www.menlh.go.id/rangkaian-hlh-2015-dialog-penanganan-sampah-plastik/ tanggal 1 Desember 2016.
Moleong. (2005). Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. (2008). Psikologi Komunikasi. (pp 51). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ronauli, M., Wahyudin, U., Elita, F.U., Mirawati, I., 2016, HUBUNGAN ANTARA PESAN KAMPANYE 9 AKSI RAMAH LINGKUNGAN DI AKUN TWITTER EARTH HOUR BANDUNG DENGAN SIKAP FOLLOWERS AKTIF TERHADAP GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN, diaksesdarihttp://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/11017/4924
Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Rosdakarya.
Saokani, Kukuh. (2016). Setiap Hari, 200 Ton Sampah Plastik Banjiri Kota Bandung. Liputan6. Diakses dari: http://regional.liputan6.com/read/2416636/setiap-hari-200-ton-sampah-plastik-banjiri-kota-bandung tanggal 17 November 2016.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tansatrisna, Diwyacitra. (2014). Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Skripsi. Dipubliakasi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. (2016). Tentang Kami. Diakses dari: http://dietkantongplastik.info/tentang-kami/ tanggal 12 Maret 2017.
Twitter Resmi Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. (2016). Dokumentasi Kegiatan Kampanye Rampok Plastik. Diakses dari: https://twitter.com/idDKP tanggal 4 Juni 2017.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12909
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: