STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEMENTERIAN PARIWISATA INDONESIA DALAM PESONA INDONESIA MELALUI YOUTUBE
Abstract
Pariwisata di Indonesia terus dikelola dengan serius oleh pemerintah Indonesia guna meningkatkan dan mengembangkan obyek-obyek wisata yang ada di Indonesia dengan maksud dan tujuan tidak lain untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik dari wisatawan mancanegara ataupun nusantara. Pariwisata di indonesia sendiri di kelola oleh Kementerian Pariwisata Indonesia yang memiliki brandingWonderful Indonesia yang ditujukan bagi wisatawan mancanegara dan Pesona Indonesia yang di tujukan untuk wisatawan nusantara. Dimana dalam penelitian ini akan lebih lanjut dibahas mengenai strategi komunikasi pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia melalui Pesona Indonesia dalam Youtube, dimana Youtube merupakan salah satu media promosi yang dimiliki Kementerian Pariwisata Indonesia dan merupakan media yang efektif untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan paradigma konstruktivis. Data-data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara yang dilakukan secara offline. Dimana informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang merupakan bagian dari Tim Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara. Hasil penelitian yang didasarkan pada teori Public Relationsdan karakteristik media sosial Youtube menunjukanbahwa strategi komunikasi pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia melalui Pesona Indonesia dalam Youtube menggunakan kampanye digital yang didukung dengan penggunaan endorse berupa artis ataupun vlogger guna meningkatkan ketertarikan khalayak baik menyaksikan video yang ada di Youtube ataupun melakukan perjalanan wisata.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cutlip, S.M.,Center,A.H. & Broom, G.M. 1994. Effective Public Relations. Edisi keenam. New Jersey: Prentice Hall.
Dewdney, Andrew, Peter Ride. 2006. The New Media Handbook. USA: Taylor & Francis Group
Hunter, Richard. 2002. World Without Secrets: Business, Crime, and Privacy in the Age of Ubiquitous Computing. New York : John Wiley & Sons,Inc
Lena, Satlita. 2014. Manajemen Kehumasan di Perguruan Tinggi. (Sumber: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/MANAJEMEN%20%20%20KEHUMASAN%20%20DI%20PERGURUAN%20TINGGI_1.pdf)
Morissan. 2014. Periklanan-Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group
Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Prosedur, Tren dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Noor, Any. 2013. Manajemen Event. Bandung : Alfabeta
Permana, Trisna Adi da Lilis Puspitasari. 2015. Strategi Pemasaran Public Relations MD Entertainment pada Pemasaran Film Habibie dan Ainun. (Sumber: http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7391)
Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: CV.Prisani Cendekia
Republik Indonesia. 2015. Peraturan Presiden No.69 Tahun 2015 Tentang Bebas Visa Kunjungan. Lembar Negara RI Tahun 2015 No.133.Sekretariat Negara. Jakarta
Romli, Asep Syamsul M. 2016. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia
Siregar, Ashadi. 2003. Politik Editorial Media Indonesia: Analisis Tajuk Rencana. Jakarta: Pustaka LP3ES
Soemanagara. 2006. Strategic Marketing Communication (Konsep Strategis dan Terapan). Bandung: Alfabeta
Syarifuddin, Gassing dan Suryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: Andi Offset
Woog, Adam. 2009. A Great Idea: Youtube. Chicago: Norwood House Press
Xu Cheng, Cameron Dale dan Jiangchuan Liu.2007. Understanding the Characteristics of Internet Short Video Sharing: YouTube as a Case Study. (Sumber: http://www.cs.sfu.ca/~jcliu/Papers/UnderstandingCharacteristics.pdf)
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: