Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts
Abstract
Perkembangan komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja.Pemasar kini juga memanfaatkan media baru seperti Internet sebagai alternatif untuk melakukan pendekatan kepada calon konsumen.Pemasaran Digital adalah suatu kegiatan pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Media sosial dengan segala kelebihannya dapat membantu dalam proses komunikasi pemasaran. Dalam menjalankan komunikasi pemasaran, perusahaan harus memiliki strategi supaya segala rencana yang ditentukan sebelumnya dapat tercapai. Strategi yang baik akan memberikan keuntungan bagi perusahaan sebagai terwujudnya tujuan dari perusahaan tersebut. Penelitian ini membahas tentang strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik wawancara mendalam dengan nara sumber, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa perencanaan pemanfaatan Instagram yang Dino Donuts lakukan adalah dengan menganalisis masalah, menganalisis khalayak, menentukan tujuan, pemilihan media dan saluran komunikasi, dan mengembangkan rencana atau kegiatan untuk pencapaian tujuan. Pelaksanaan pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts adalah dengan memanfaatkan fitur foto dan video, comment, caption, location, hashtag, tagging serta Instagram ads untuk social media maintenance, juga followers dan like untuk social media endorsement.Evaluasi pemanfaatan Instagram adalah hasil penjualan yang meningkat dan berhasil membuka cabang toko dan gerai yang tersebar di Bandung, Jakarta, Bekasi dan Bogor.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasi.Bandung : CV Pustaka Setia.
Ahmadi, Rulam. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relation.Kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Baihaki, Imam. (2012). 54 Persen Brand Ternama Dunia Kini Gunakan Instagram Sebagai Sarana Marketing.Diakses dari http://www.beritateknologi.compada tanggal 1 Oktober 2016 pada pukul 20.12 WIB.
Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.
Infopeluangusaha. (2016). Aneka Jenis Bisnis Kue Donat Yang Diminati. Diakses dari http://www.infopeluangusaha.org pada tanggal 5 Oktober 2016 pada pukul 19.50 WIB.
Joseph, Thomas. 2011. Apps - The Spirit of Digital Marketing 3.0. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008.Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.
Mardalis (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta : Bumi Aksara.
Miles, Matthew B dan Huberman, Michael, penerjemah Rohidi, Tjetjep Rohendi.1992. Analisis Data Kualitatif.Cetakan 1. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy J. (2012).Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. 2015. MEDIA SOSIAL: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noviandari, Line. (2015). Statistik Pengguna Internet dan Media Sosial Terbaru di Indonesia. Diakses dari http://id.techinasia.com pada tanggal 2 September 2016 pukul 16:00 WIB.
Reza, Faisal. 2016. Jurnal Kajian Komunikasi (JKK), Vol.1, No.1, pp. 64-74. (http://jurnal.unpad.ac.id).
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Techinasia.(2016). The latest stats in web and mobile in Indonesia (INFOGRAPHIC). Diakses dari https://www.techinasia.com pada tanggal 2 September 2016 pukul 15.20 WIB.
Yasundari, Yasundari. 2017. Jurnal Kajian Komunikasi (JKK), Vol.5, No.1, pp. 208-218. (http://jurnal.unpad.ac.id).
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: