KOMUNIKASI DAKWAH PEMUDA HIJRAH
Abstract
Pemuda Hijrah yang lebih dikenal dengan “shift” merupakan sebuah komunitas dakwah yang berhasil mengajak remaja Kota Bandung mengisi kebutuhan rohani dengan datang ke mesjid. Bukan hanya melakukan kajian, tetapi Pemuda Hijrah kerap melakukan kegiatan lain yang berkaitan dengan anak muda dengan nuansa Islami.Penelitian ini berupaya untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Pemuda Hijrah, yang meliputi sumber komunikasi, pesan yang disampaikan, media yang digunakan, dan perubahan sikap yang terjadi di kalangan anak muda Kota Bandung.Metode penelitian kualitatif dipilih untuk penelitian ini dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancaradanobservasilangsung, sedangkan data sekunder diperoleh melaluti studi literatur yang dilakukan pada berbagai sumber bacaan yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan komunikasi dakwah yang dilakukan PemudaHijrah di kalangan anak muda kota Bandung dapat mengubah pemikiran anak muda akan adanya suatu kajian dan dapat pula merubah sikap mereka untuk antusias datang kekajian Pemuda Hijrah. Komunikasi dakwah yang digunakan menggunakan media yang tepat dan mengikuti gaya anak muda akan tetapi tetap dalam aturan Islam.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azjen, I. 2002. Percieved Behaviral Control, Self Eficacy, locus of control, and the theory of planned behavioural. Journal of Applied Social Psichology.
Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. BT Bina Aksara. Jakarta.
Barezki, F.E., Hafiar, H., 2016, Proses Persuasi Ruang Film Bandung Kepada Komunitas Film Bandung dalam Program klinik Film, diakses dari Jurnal ProTVF Vol 1 No 1, doi http://dx.doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.13328
Denzin, Norman & Ivonna S. Lincoln. 1994. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
Ember, Carol R. & Melvin Ember. 1990. Anthropology. 6th ed. New Jersey : Prentice Hall.
Fisher, B. Aubrey. 1978. Perspectives on Human Communication. New York : MacMillan Publishing Co.
Griffin, EM. 2003. A First Look at Communication Theory. 5th ed. Boston : McGraw-Hill.
Hovland, Carl.L. 2007. Definisi Komunikasi. PT Raja Grafindo. Jakarta
Keesing, Roger M. 1999. Antropologi Budaya: Suatu Perspektif Kontemporer. Terjemahan. Edisi ke-2. Jakarta : Erlangga.
Littlejohn, Stephen W. 1999. Theories of Human Communication. 6th ed. Belmont : Wadsworth Publishing.
Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2008. Theories of Human Communication, 9th ed. Belmont :Thomson Wadsworth.
Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Suriasumantri, Yuyun S. 2000. Filsafat: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Wahyudin, U., Ronauli, M., Elita, F.M., Mirawati, I., 2016, HUBUNGAN ANTARA PESAN KAMP ANYE 9 AKSI RAMAH LINGKUNGAN DI AKUN TWITTER EARTH HOUR BANDUNG DENGAN SIKAP FOLLOWERS AKTIF TERHADAP GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN, diakses dari Jurnal Manajemen Komunikasi Vol 1 No 1, doi http://dx.doi.org/10.24198/jmk.v1i1.11017
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.20492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: