KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN AKTUALISASI DIRI PENYANDANG TUNANETRA

Soraya Sri Anggarawati, Engkus Kuswarno, Slamet Mulyana

Abstract


Penelitian ini berupaya untuk mengetahui peranan komunikasi instruksional pada Yayasan Mitra Netra (YMN) dalam membantu pengembangan aktualisasi diri penyandang tunanetra. Teori Interaksi Simbolik yang dikembangkan oleh Herbert Blumer dijadikan sebagai panduan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi instruksional secara umum dimulai dari konseling awal (assesment) untuk mengetahui kemampuan, kondisi, dan kebutuhan klien. Konseling awal menentukan program, pelaksanaan, serta evaluasi yang sesuai dengan klien tersebut. Peranan komunikasi instruksional antara pengajar dengan klien di YMN berguna untuk memenuhi kebutuhan juga menghilangkan segala hambatan seorang tunanetra dalam memenuhi kebutuhan aktualisasi diri penyandang tunanetra. Melalui komunikasi instruksional, terjadi interaksi yang menciptakan makna untuk mengembangkan konsep diri, harapan baru, motivasi, dan sikap serta perilaku belajar yang berpengaruh dalam pembentukan kemandirian untuk memenuhi kebutuhan hidup hingga mencapai kebutuhan aktualisasi seorang tunanetra.


Keywords


Komunikasi Instruksional, Aktualisasi Diri, Tunanetra

References


Asmadi. (2008). T eknik Prosedural Keperawatan: Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta: Salemba Medika.

Bungin, Burhan M. (2011). Sosiologi Komunikasi, T eori, Paradigma, dan Diskursus T elnologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design. California: Sage Publications, Inc.

Dale, E. (1969). Audiovisual Methods in Teaching. New York: Holt. Rinehard and Winston, Inc.

Goldberg, Alvin A.,& Larson, Carl E. (2011). Komunikasi Kelompok, Proses-Proses Diskusi dan Penerapannya. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Gunadi, T. (2011). Mereka Pun Bisa Sukses. Depok, Jawa Barat: Penebar Swadaya.

Muchtar, K., Koswara, I., Setiaman, A., 2016, KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PERSPEKTIF ANTROPOLOGI, Jurnal Manajemen Komunikasi Vol 1 No 1, doi http://dx.doi.org/10.24198/jmk.v1i1.10064

Mulyana, Deddy. (2004). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mariotti, A. P. (2009). Creating Your Teaching Plan: A Guide For Effective Teaching. Bloomington: AuthorHouse.

Parsons, Richard D., Hinson, Stephanie, Lewis, & Sardo-Brown, Deborah. (2001). Educational psychology: a practitioner- researcher model of teaching. USA: Wadsworth/Thomson Learning.

Robert, K. Yin. (2000). Studi Kasus, Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sendjaja, Sasa, Djuarsa. (1994). Teori Komunikasi Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Pawit M. (2010). Komunikasi Instruksional: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiati, Atik Catur. (2012). Aktualisasi Diri Perempuan Dalam Sistem Budaya Jawa. Dalam Jurnal Sosiologi DILEMA: Dialektika Masyarakat, Vol. 29 No.1. Hal 13-22. Tersedia: http://sosiologi.fisip.uns.ac.id/online- jurnal/wp- content/uploads/2013/07/Dilema_Vol29_1 _2012_compressed.pdf#page=16 [6 April 2016].

Skaff, Laura F.,dkk. (2014). Educator and Parent Views og the Efectiveness of Individualized Learning Plans for Students With Disabilities, Dalam Career Development and Transition for Exceptional Individuals, Vol 39(2). Hal 68- 78. Tersedia: cdtei.sagepub.com [5 April 2016].

Reicher, S. D., & Levine, M. (1994a). On the consequences of deindividuation manip- ulations for the strategic communication of self Identifiability and the self- presentation of social identity. European Journal of Social Psychology, 24,511-24.

Keamanan Ask.fm. diakses di http://safety.ask.fm. (Diakses pada 2 Februari 2016)

Tentang Ask.fm. diakses di http://about.ask.fm/about/. (Diakses Pada 2 Februari 2016)




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.20640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats