PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN, BUDAYA ORGANISASI, KARAKTERISTIK INDIVIDU INOVATIF DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH
Abstract
Dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) sejak tahun 2016, perkembangan bisnis di Indonesia, baik yang berkaitan dengan barang (goods) maupun pelayanan (services), memperlihatkan trend yang meningkat dan kompetitif. Keadaan tersebut tidak hanya diperlihatkan oleh perusahaan-perusahaan yang besar saja juga oleh perusahaan menengah dan kecil yang sebut usaha kecil dan menengah (UKM). Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengukur pengaruh strtegi komunikasi pemasaran, budaya organisasi, karakteristik individu inovatif dan komitmen organisasional terhadap kinerja UKM dalam menghadapi masyarakat Ekonomi Asean (MEA0 di Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang bersifat eksplanatoris (explanatory survey). Penelitian ini, diarahkan pada pengungkapan hubungan kausal antar variabel yang diteliti. Objek yang diteliti adalah pemilik dan atau pengelola Industri Skala Kecil dan Menengah yang ada di Jawa Barat, yang merupakan populasi dan sampel diambil secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) komitmen organisasional pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) secara simultan dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran, budaya organisasi dan karakteristik individu pelaku bisnis UKM. Namun secara individual atau parsial dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran dan budaya organisasi. Dengan demikian maka tinggi rendahnya komitmen organisasional pelaku bisnis UKM dapat ditentukan oleh tinggi rendahnya strategi komunikasi pemasaran dan budaya organisasi. (2) kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) secara simultan dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran, budaya organisasi dan karakteristik individu pelaku bisnis UKM. Namun secara individual atau parsial dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran dan karakteristik individu pelaku bisnis UKM.Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa tinggi rendahnya kinerja UKM tergantung pula pada tinggi rendahnya strategi komunikasi pemasaran dan karakteristik individu pelaku bisnis UKM, (3) Kinerja Usaha Kecil dan Menengah dipengaruhi oleh komitmen organisasional baik secara simultan maupun individu (parsial), Dengan demikian kinerja UKM dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan komitmen organiasional pelaku bisnis UKM, (4) Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) secara simultan dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran, budaya organisasi, karakteristik individu pelaku bisnis UKM dan komitmen organisasional pelaku bisnis UKM. Namun deMikian, secara individu atau parsial dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasarandan koitmen organisasional. Dengan demikian, tinggi rendahnya kinerja UKM ditentukan oleh tinggi rendahnya strategi komunikasi pemasaran dan komitmen organisasional pelaku bisnis UKM.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Usmara (Ed). 2003. Marketing Classics. Yogjakarta. Amara Books
--------------(Ed). 2003. Implementasi Manajemen Stratejik, Kebijakan dan Proses. Yogjakarta. Amara Books
Fill, Chris. 1999. Marketing Communications, Frameworks, Theories and Applications. London. Prentice Hall
Gemiharto, I., Zein, D., El Karimah, K., 2016, EVALUASI MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN KOPERASI DALAM UPAYA PENGUATAN KELEMBAGAAN EKONOMI MASYARAKAT, Jurnal Manajemen Komunikasi Vol 1 No 1 doi http://dx.doi.org/10.24198/jmk.v1i1.10062
Kadarisman, KPHN Hoedhiono. 2007. Memperkuat Ekonomi Nasional Berbasis Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta. Lembaga Humaniora bekerjasama dengan Kelompok Independen Indonesia (KII)
Kennedy, John E., dan R. Dermawan Soemanagara. 2006. Marketing Communications, Taktik dan Strategi. Jakarta. Bhuana Ilmu Populer.
Kitchen, Philip J., dan Patrick De Pelsmacker. 2004. Integrated Marketing Communications: Aprimer. London and New York. Routledge
Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management, 13th ed. London. Pearson, Prentice Hall
Kusnendi. 2008. Model-model Persamaan Struktural, satu dan Multigroup sampel dengan Lisrel. Bandung. Alfabeta
Marsuki. 2006. Pemikiran dan Strategi Memberdayakan Sektor Ekonomi UMKM di Indonesia. Jakarta. Mitra Wacana Media
Moesheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Ghalia Indonesia
Pace, R. Wayne., dan Don F. Faules. 2001. Komunikasi Organisasi, Meningkatkan Kinerja Bandung. Remaja Rosdakarya
Percy, Larry. 2008. Strategic Integrated Marketing Communications. Amesterdam. Elsevier
Riduwan., dan Engkos Achmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis jalur (Path Analysis). Yogjakarta: Alfabeta
Sarwono, Jonathan. 2007. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogjakarta. Penerbit Andi
Sedarmayanti. 2009. Sumberdaya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung. Mandar Maju
Shimp, Terence A. 2003.Periklanan dan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi ke 5, Jilid II. Jakarta. Erlangga.
Smith, PR., Chris Berry., dan Alan Pulford. 1999. Strategic Marketing Communications, New Ways to Bulid and Integrate Communications. London. Kogan Page
Tambunan, Tulus T.H. 2009. UMKM Di Indonesia. Jakarta. Ghalia Indonesia
Tika, Pabundu. 2008. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta. Bumi Aksara
Varey, Richard J. 2002. Marketing Communications: Principle and Practice. London & New York. Routledge.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.20754
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: